(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

 

Cara Memasak Daging Sapi Has Dalam – Daging sapi has dalam atau disebut juga tenderloin adalah daging dari bagian tengah badan sapi. Karakteristik daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang dan diantara bahu dan tulang panggul. Daging pada bagian ini merupakan bagian yang paling lunak, karena pada bagian ini otot-otot jarang digunakan untuk beraktivitas. Produk olahan yang sering menggunakan bagian daging ini adalah  steak. Harga dari daging ini setara dengan rasa yang dihasilkan, daging sapi has dalam juga relatif mudah dimasak. Baca Juga : Cara Menyimpan Sosis Agar Awet yang Menakjubkan!! Daging sapi has dalam adalah menu yang sangat cocok untuk acara besar seperti perkumpulan keluarga. Satu bagian utuh dari daging has bisa dimasak untuk dimakan oleh 10 orang.

Cara Memasak Daging Sapi Has Dalam

 

Karena daging ini merupakan bagian daging yang paling lunak, maka ada beberapa cara memasak bagian daging ini. Setidaknya ada empat cara memasak yang bisa digunakan untuk memasak daging sapi has dalam.

Memilih Daging Sapi Has Dalam yang Akan Dimasak

1. Pertimbangkan Untuk Membeli Semua Bagian Daging Sapi Has Dalam Secara Utuh

Harga daging sapi has dalam cukup mahal, berarti bahwa semakin banyak yang Anda beli, akan semakin besar pengeluaran Anda dengan daging yang didapat. Ditambah, daging has dapat bertahan dengan sangat baik di dalam pendingin atau freeezer, yang berarti dari sisa daging sapi has dalam nantinya dapat digunakan untuk memasak lagi di keesokan harinya.

Cobalah untuk menyimpan daging sapi has dalam di dalam pendingin yang steril untuk kesegaran yang pas. Ketika Anda ingin untuk mencairkan daging has Anda, cukup ambil daging dari pendingin dan biarkan ia mencair perlahan-lahan di dalam kulkas Anda.

2. Beli Daging Sapi Has Dalam Dengan Label Kualitas dan Rasa Daging yang Terbaik.

Untuk memastikan daging sesuai dengan kualitas yang diinginkan serta membuat konsumen tahu apa yang mereka beli, biasanya terdapat label pada kemasan atau tempat daging sapi has dalam tersebut dijual. Sementara tingkat penilaian pada daging bergantung pada banyak faktor, termasuk jumlah serat (jumlah lemak di antara daging), umur daging, dan tingkat kekerasan dari tulang sapi. Yang paling penting untuk diketahui adalah pastikan bahawa anda membeli daging sapi has dalam dengan kualitas terbaik supaya tidak menyesal ketika mengkonsumsinya di kemudian hari.

3. Pilih Potongan Daging Sapi Has Dalam

Dengan mempertimbangkan seberapa banyak daging yang harus dipotong sebelum dimasak. Daging sapi has dalam sapi ada yang sudah dikupas, dan ada yang tidak. Masing-masing jenis daging has tersebut memerlukan porsi kerja yang berbeda untuk menyiapkan daging sebelum siap dimasak.

Daging sapi has dalam yang sudah dikupas terlihat dengan lemak daging yang sudah dibuang, tapi dengan bagian kulit yang berwarna keperakan tetap menempel pada daging. Kulit berwarna keperakan ini terasa keras, karena pada daging merah ia menghubungkan antara jaringan dengan daging utama.

Daging has yang belum dikupas terlihat mengandung kulit tersebut beserta dengan lemaknya. Lapisan ini adalah lapisan yang tidak terpakai pada daging, tetapi membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memisahkannya dari daging has.

Karena tukang daging sudah melakukan sebagian besar pekerjaan seorang juru masak, maka anda hanya perlu sedikit usaha jika Anda memakai jenis daging tersebut, meskipun harganya juga lebih mahal daripada yang lain.

Membersihkan Daging

daging sapi has dalam

1. Pangkas Lemak Berlebih dan Lapisan Kulit Dari Daging Sapi Has Dalam.

Jika Anda ingin memasak daging dengan lebih mudah atau memang tidak pernah memotong daging sebelumnya, belilah daging yang sudah bersih dari lemak dan lapisan kulit daripada daging yang belum dipangkas. Proses ini akan cukup rumit jika Anda tidak memahaminya dengan baik.

Pada daging has sapi yang sudah bersih dari lemak dan lapisan kulit, caranya cukup lakukan cara memotong ke dalam lemak atau lapisan kulit. Angkat potongan daging tersebut dengan tangan Anda dan potong dengan sangat hati-hati sampai semua bagian lemak dari bagian kulit berwarna keperakan dapat dibersihkan. Kemudian lanjutkan terus cara ini sampai daging bersih sepenuhnya.

  1. Temukan Bagian Selaput yang Menutupi Sisi Daging

Bagian daging juga dikenal sebagai chain. Potong selaput yang terdapat pada daging tersebut yang sangat berlemak dan keras dari lapisan daging. Setelah itu simpan daging di freezer dan bekukan daging.

3. Potong Daging Bagian Besar yang Menempel Pada Lapisan Belakang Daging Sapi Has Dalam

Bagian besar ini atau biasa disebut sebagai lapisan chateaubriand. Bungkus dan simpan bagian daging ini untuk nanti. Chateaubriand tersebut adalah potongan daging has yang bagus dan dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan.

4. Potong Daging Sapi Has Dalam Menjadi Dua Bagian

Potong daging sapi has dalam dengan pisau dapur agar mudah dipegang. Lakukan hal ini khususnya jika Anda tidak pernah memasak daging sapi has dalam sebelumnya, atau jika Anda hanya memasak daging untuk porsi kecil. Daging has sapi utuh memiliki berat sekitar 3 kg atau kurang lebih cukup untuk dimakan oleh 10 orang.

Letakkan potongan daging has di dalam freezer atau kulkas untuk dimasak nanti. Daging sapi has dalam cukup awet asalkan Anda mencairkannya dengan perlahan di dalam kulkas.

Memasak Daging

1. Beri Garam Daging Sapi Has Dalam

Garami daging Anda sedikit saja selama 40 menit sampai satu jam setelah proses memasak berlangsung. Menggarami daging akan membuat cairan dari daging terangkat muncul ke permukaan. Menggarami daging diakhir proses memasak akan mengatasi hal-hal seperti berikut. Jika  Anda menggarami daging di akhir proses memasak, garam akan lebih mudah meresap. Proses penyerapan ini disebut sebagai proses osmosis. Proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga Anda harus menentukan waktu yang pas untuk menggarami daging.

2. Biarkan Daging Berada Pada Suhu Ruangan.

Jika Anda baru saja membeli daging sapi has dalam, biarkan daging tersebut dihangatkan di tempat yang sejuk. Daging yang baru dibekukan pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam untuk didiamkan pada suhu ruangan. Daging sapi has dalam yang sudah dihangatkan akan dapat dimasak dengan cepat dan mudah, karena bagian luar daging tidak mengering sebelum bagian dalamnya matang seluruhnya.

 3. Bumbui Daging Dengan Rempah dan Bumbu.

Bumbu yang sederhana lebih baik daripada yang berlebihan. Berikut ini beberapa bumbu yang dapat digunakan untuk memasak  daging sapi has dalam :

Bawang putih, daun thyme, rosemari dan lada hitam.

Ketumbar, gandum, cengkeh dan biji pala.

Bubuk kari, mustard yang dikeringkan, cabai rawit, bawang.

4. Masak Daging Menggunakan Wajan atau Oven

Jika menggunakan wajan, masak masing-masing sisi daging hingga kecokelatan kurang lebih sekitar 4 menit. Tidak perlu memasaknya sampai benar-benar matang, melainkan hanya memberinya warna yang cantik dan rasa gurih di bagian luar. Angkat daging dari wajan ketika sudah selesai.

Sedangkan jika menggunakan oven Masak daging has dalam di oven yang sudah dipanaskan sampai termometer menunjukan Angka 51.1° Celsius. Proses memasak daging menggunakan oven ini mungkin akan memakan waktu di kurang lebih sekitar satu jam, tergantung pada tingkat ketebalan daging.

5. Angkat Daging Kemudian Potong Kecil

Potong daging agar sesuai dengan selera Anda, kemudian sajikan daging diatas piring. Daging sapi has dalam siap dinikmati.

Resep Masakan Dengan Daging Has Dalam

Selain dibuat menjadi steak, daging has dalam juga dapat dimasak menjadi berbagai masakan nikmat dan lezat lainnya. Berikut ini beberapa resep masakan yang menggunakan daging sapi has dalam sebagai bahan utamanya.

Sate Goreng

Resep sate goreng khas Jawa Tengah dan Yogyakarta biasanya tidak memakai cabai sama sekali. Namun jika anda menginginkan rasa sate goreng yang pedas, anda bisa merubah resep dengan menambahkan bumbu halus dengan tambahan kemiri, cabai merah dan cabai rawit. Sehingga sate goreng memiliki cita rasa pedas

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

– 500 gram daging sapi has dalam

– 4 sendok makan kecap manis

– 1 sendok makan gula merah

– ½ sendok teh larutan asam jawa

– minyak goreng secukupnya untuk menumis

 

Bumbu Halus :

– 30 gram cabai merah besar

– 5 buah cabai rawit merah

– 50 gram bawang merah

– 2 siung bawang putih

– 3 butir kemiri

– 1 sendok teh ketumbar bubuk

– garam secukupnya

 

Cara Membuat :

Iris daging has dalam membentuk dadu kecil.

Haluskan semua bumbu halus. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan harum.

Masukkan irisan daging yang sudah dipotong dadu, aduk terus sampai daging berubah warna.

Masak dengan api sedang sambil diaduk terus hingga daging empuk dan matang.

Masukkan gula merah dan larutan asam. Aduk lagi dan masak hingga bumbu meresap.

Tambahkan kecap manis, garam dan gula kemudian aduk rata.

Angkat dan hidangkan sate goreng panas dengan taburan bawang merah goreng

 

Krengsengan

Krengsengan adalah hidangan khas dari kota Surabaya, masakan ini menggunakan bahan dasar daging kambing atau sapi yang kemudian ditambahkan bumbu petis udang. Cita rasa krengsengan merupakan paduan antara manis, pedas dan gurih yang berasal dari cabai rawit, petis udang dan kecap manis. Jika anda tidak menyukai daging sapi atau kambing, bisa diganti dengan ayam, itik, hati atau daging apa saja sesuai selera.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

– 500 gram daging sapi has dalam

– 1 buah tomat besar

– 3 sendok makan kecap manis

– 2 sendok makan petis udang

– 300 ml air panas

– 1 sendok teh gula pasir

– minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

– bawang merah goreng

 

Bumbu Halus :

– 6 siung bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 5 buah cabe rawit

– 5 butir kemiri

– ¼ sendok teh merica bubuk

– garam secukupnya

 

Cara Membuat :

Potong daging sapi sesuai selera, sebaiknya potong melawan serat supaya daging tidak keras ketika matang.

Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dalam wajan hingga matang dan harum.

Masukkan daging yang sudah dipotong sebelumnya. Masak sambil diaduk terus hingga daging berubah warna.

Tambahkan air panas ke dalam wajan, petis udang dan kecap manis. Aduk rata kembali.

Kecilkan api kompor dalam posisi kecil-sedang dan teruskan memasak daging sampai air menyusut dan daging benar-benar matang.

Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera.

Tambahkan irisan tomat, masak sebentar saja sampai tomat terlihat layu. Sajikan krengsengan dengan nasi panas.

 

Rendang

Masakan Rendang Daging Sapi atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dibuat dari proses memasak yang memakai proses dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasak daging rendang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Masakan Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 3 lembar daun kunyit
  • 500 ml santan kental (dibuat dari 3 buah kelapa yang sudah tua)
  • 2,5 liter santan encer
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 700 gram daging sapi bagian has dalam (potong-potong sesuai selera)
  • 2 batang serai (memarkan)

Bahan untuk bumbu halus :

  • 4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 16 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 5 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh merica
  • 5 butir kemiri (sangrai)
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 5 cm jahe

Cara membuat :

Masak santan encer terlebih dahulu dengan api sedang.

Kemudian masukkan lengkuas, daun kunyit, serai, dan bumbu lain yang sudah dihaluskan sambil mengaduk-aduknya sampai campuran santan encer dan bumbu mendidih.

Masukan daging sapi has dalam yang sudah dipotong ke dalam larutan santan tadi.

Aduk-aduk perlahan hingga daging berubah menjadi empuk dan kuahnya menjadi kental.

Tambahkan santan kelapa kental lalu lanjutkan masak dengan nyala api kecil.

Aduk terus hingga kuah menyusut(berkurang), mengental, dan berminyak.

Rendang daging sapi telah siap dihidangkan.

Itulah resep dari olahan daging sapi has dalam, semoga anda mendapatkan inspirasi untuk menu makanan hari ini.