(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Sayuran Untuk Diet

Sayuran untuk diet – Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan strategi mengkonsumsi sayuran yang bagus untuk diet dan menyehatkan bagi tubuh Anda.

Memakan sayuran sangat baik karena sayuran sangat kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang mana kebanyakan diantaranya sangat rendah kalori, jadi bagus sekali untuk diet.

Selain dari sisi kalori, kandungan serat dan berbagai nutrisi tertentu yang ada pada sayuran cocok untuk membantu proses menurunkan berat badan.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari mengonsumsi sayuran, Anda akan sukses menurunkan berat badan tanpa khawatir dengan resiko terhadap kesehatan.

Baca juga : cara membuat kerupuk ikan yang renyah dan gurih

Pengertian Sayuran

sayuran untuk diet

 

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.

Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mauyur.

Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.

Baca juga : cara membuat nugget ayam yang enak dan praktis

Khasiat Sayuran Bagi Kesehatan

  1. Mengkonsumsi sayur secara rutin dapat menjaga gula darah agar selalu terkontrol dan juga dapat menyembuhkan resistensi insulin.
  2. Membantu Anda untuk meningkatkan penglihatan dan mengobati masalah kulit.
  3. Menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.
  4. Dapat mendinginkan otot dan saraf yang tegang serta baik untuk menurunkan berat badan.
  5. Bayam adalah salah satu sayuran yang baik untuk meningkatkan cadangan zat besi dan sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selain itu kandungan kalsium di dalamnya baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.
  6. Mencegah pembekuan darah dan mampu menurunkan risiko penyakit kanker prostat pada pria.
  7. Brokoli salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat antioksidan yang baik untuk menghindarkan kerusakan sel akibat radiasi sinar ultra violet yang mampu menyebabkan kanker.

Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan

Manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh. Secara umum manfaat sayuran adalah sebagai berikut :

1. Sumber Serat

Tahukah anda bahwa manusia itu membutuhkan serat agar memiliki sistem pencernaan yang baik.

Bayangkan bila tanpa serat, maka kemungkinan besar akan banyak sisa-sisa makanan mengendap di usus dan susah dicerna. Nah, serat ternyata banyak terkandung di dalam sayur-sayuran.

Sebaiknya anda juga mendampinginya dengan makan buah-buahan, agar manfaatnya maksimal.

2. Sayur-Sayuran sebagai Sumber Vitamin

Sudahlah jelas bahwa sayuran pasti mengandung vitamin. Beberapa vitamin yang ditemukan antara lain: Vitamin A, B1, B2, C.

Semua vitamin itu amat dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

3. Kaya Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Tidak hanya didapatkan dari sumber makanan hewani. Ternyata sayur-sayuran juga mengandung kalsium yang melimpah.

Contohnya pada bayam ditemukan sebanyak 300 mg/100 gramnya. Dan kalsium tertinggi ditemukan pada daun kelor mencapai 450 mg.

4. Mengandung Air

Kita memang bisa mendapatkan air hanya dengan minum, tanpa perlu memakan sayur. Tapi air yang terkandung di dalam sayur-sayuran ini lebih ampuh untuk mencegah dehidrasi.

Dan ternyata kadar air tertinggi ditemukan pada jamur kuping segar, mencapai 93,7%.

5. Sayur-Sayuran Mengandung Protein

Bukan rahasia lagi bahwa protein yang berasal dari sayur-sayuran atau yang biasa disebut protein nabati ternyata begitu pentingnya untuk manusia.

Dalam rangka membentuk otot dan membangun struktur jaringan sel agar lebih kuat.

6. Memiliki Kandungan Lemak

Tidak hanya binatang saja yang mengandung lemak. Sayur-sayuran juga ada lemaknya.

Fungsinya amat baik untuk membersihkan darah anda dari kolesterol. Lemak tertinggi ditemukan pada Taoge yang terbuat dari kacang kedelai karena mencapai 2% kandungannya.

7. Kadar Fosfor Cukup Tinggi

Sama dengan kalsium. Fosfor juga berfungsi untuk mencegah tulang dan gigi keropos. Sayuran seperti Bayam Gangeticus ternyata mengandung fosfor teramat tinggi hingga 500 mg/gr.

8. Memiliki Kadar Niacin

Niacin adala Vitamin B3 yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Dengan Niacin, seseorang akan terhindar dari penyakit ringan seperti kesemutan.

Hingga yang berat seperti Stroke. Zat Niacin ini banyak ditemukan pada Asparagus dan Wortel.

9. Memasok Vitamin B Kompleks

Multivitamin B kompleks memang kompleks manfaatnya. Aneka jenis vitamin B akan ditemukan pada sayur-sayuran jenis biji, seperti: kacang panjang, polong, kapri, buncis, dan putren atau jagung kecil.

10.Kandungan Karbohidratnya Tinggi

Kita bisa mendapatkan karbohidrat yang melimpah pada jenis sayur-sayuran berbasis umbi, seperti Bit, Wortel dan Kentang. Tentu saja ini amat baik dalam program perbaikan gizi nasional.

Supaya penduduk Indonesia tidak terlalu tergantung pada nasi sebagai sumber energi.

11. Anti Kolestrol

Zat kholin bitartrate dan asam pantotenat dan serat tinggi pada sayuran dapat mengurangi produksi kolestrol dimana dengan berkurangnya kolestrol ini maka akan dapat mempercepat pembersihan darah dari kolestrol jahat dalam tubuh.

Sayuran yang memiliki serat tinggi sebagai anti kolestrol seperti bayam dan buncis.

12. Penundaan Penuaan Dini

Dengan mengkonsumsi sayuran, maka tubuh kita akan mendapatkan zat antioksidan, mineral, pigmen karoten,flavonoid, klorofil dan mangan yang dapat melindungi tubuh dari proses oksidasi sebagai pemicu proses penuaan dini tubuh manusia.

13. Pengontrol Berat Badan

Berat tubuh manusia dapat dikontrol apabila kita mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat, air dan kalori rendah seperti jagung, asparagus, kembang kol dan kubis.

14. Anti Anemia

Anemia  adalah salah satu penyakit yang sering dialami kebanyak orang saat ini. Dengan mengkonsumsi sayuran, zat besi, asam folat dan vitamin 12 pada sayuran akan mampu memperbaiki sel darah merah yang rusak apabila pernah terjadi pendarahan pada tubuh.

Sel darah yang sehat kemudian akan dapat menghasilkan hemoglobin yang baik pula sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia.

15. Anti Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah tekanan darah yang melebih batas normal pada seseorang.  Pemicunya bisa berasal dari stress, diet yang tidak baik ataupun kurangnya berolahraga.

Baca juga : cara membuat pentol bakso

Beberapa Sayuran untuk Diet yang Baik Buat Anda

Prinsip utama dalam diet menurunkan berat badan adalah mengonsumsi kalori di bawah kebutuhan kalori harian.

Semua sayuran pada dasarnya baik untuk diet ini, termasuk yang memiliki kalori tinggi seperti yang telah disebutkan di atas.

Namun di sini kita hanya akan membahas yang rendah kalori saja, karena yang jenis ini lebih mudah untuk dikonsumsi kapan saja.

1. Brokoli

sayuran untuk diet

Selain terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh.

Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa, karena jenis ini justru dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu juga baik untuk pencernaan.

Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Bayam

sayuran untuk diet

Sayuran untuk diet berikutnya adalah bayam, yang merupakan salah satu sayuran terbaik untuk diet. Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lain.

Selama ini serat yang kita kenal berguna untuk memperlancar pencernaan, yang tentunya berguna untuk diet.

Namun sebenarnya serat juga memiliki manfaat luar biasa lainnya untuk menurunkan berat badan, yaitu mampu mengurangi timbunan air dalam tubuh.

Penumpukan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan, seperti yang diutarakan dalam diet mayo.

3. Bunga Kol

sayuran untuk diet

Sayuran untuk diet berikutnya adalah bunga kol. Jika Anda mengenal jeruk sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, maka sayuran yang mengandung vitamin C tinggi adalah bunga kol ini.

Vitamin C sangat penting dalam membantu membakar lemak saat beraktivitas atau olahraga.

Vitamin C tidak dapat membakar lemak dengan sendirinya, dan juga tanpa vitamin C pembakaran lemak saat beraktivitas tidak akan maksimal.

4. Selada

sayuran untuk diet

Selain sayuran yang telah kami sebutkan di atas, sayuran untuk diet berikutnya  adalah selada.

Sayuran hijau dengan nama latin Lactuca Sativa L. ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan magnesium, serta serat yang mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga nafsu makan kita pun bisa lebih terkontrol.

Untuk membantu menyukseskan program diet, kita bisa mengkonsumsi selada dengan cara di makan mentah atau dengan membuatnya menjadi sup.

5. Kubis

sayuran untuk diet

Sayuran  untuk  diet berikutnya adalah kubis. Sayuran hijau yang satu ini termasuk salah satu sayuran yang kaya serat sehingga mampu mengontrol nafsu makan.

Selain itu kubis juga tidak mengandung kolestrol dan lemak jenuh berbahaya serta sangat rendah kalori. Dalam 70 gram kubis setidaknya terdapat karbohidrat 4,3 gram, 2,2 gram serat, serta 0,1 gram lemak.

Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang dalam masa diet untuk memasukan kubis kedalam daftar menu diet sehat Anda.

6. Asparagus

sayuran untuk diet

Sayur yang satu ini bisa membantu kita dalam menahan rasa lapar yang cukup efektif.

Caranya cukup mudah dengan cara memakan nasi/kentang dengan jumlah yang tidak terlalu banyak lalu konsumsi cukup banyak asparagus sebagai lauk, itu akan membantu kita nantinya dalam menunda rasa lapar

7. Tauge

sayuran untuk diet

Sayuran yang bagus untuk diet berikutnya adalah tauge. Sayuran ini cocok dijadikan menu diet karena kandungan vitamin dan proteinnya bisa membantu tubuh untuk tetap prima dalam melakukan rutinitas seharian.

8. Kacang Panjang

sayuran untuk diet

Sayuran berbentuk kacang kacangan, seperti polong dan kacang panjang sangat membantu dalam membakar lemak.

Kacang kacangan adalah sayur yang paling efektif dalam hal ini, lebih efektif dari wortel, dan juga membantu dalam menahan lapar seperti mengkonsumsi sup kacang hijau.

Dikarenakan zat tepung yang ada dalam kacang tersebut merupakan karbohidrat baik untuk tubuh.

9. Buncis

sayuran untuk diet

Sayuran Buncis adalah sayuran yang hampir sama bentuknya dengan kacang ini ternyata juga berguna bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Buncis terkenal untuk melancarkan system pencernaan dalam tubuh manusia karena kandungan serat yang ada didalamnya.bukan hanya sistem pencernaan, tetapi gula darah juga bisa diatur dengan mengkonsumsi buncis.

10. Sawi

sayuran untuk diet

Hampir ada kesamaan dengan sayuran bayam. Pada sayur sawi ini terdapat banyak sekali serat yang dimiliki.

Sehingga untuk Anda yang sedang menjalankan diet sangat cocok mengkonsumsi sayuran ini, supaya kegiatan pencernaan dalam tubuh kita bekerja dengan semaksimal mungkin.

Dan juga kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Demikianlah sajian informasi tentang sayuran untuk diet yang sehat dan dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi. Terima kasih, semoga bermanfaat.