(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Hallo guys ada yang tau itu siomay? ya makanan khas dari bandung yang tidak asing lagi bagi lidah kita, makanan ini sering di jumpai di beberapa daerah khusus nya di bandung, disini saya akan menjelaskan berbagai tentang siomay dan beberapa resep resep siomay ikan yang lezat

Siomay adalah salah satu jenis makanan kecil. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, selain itu dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam masakan Indonesia ada beberapa jenis variasi siomay berdasarkan daging yang digunakan isi siomay, mulai dari siomay ayam, udang, kepiting,ikan tenggiri, atau campuran daging ayam dan udang. Di indonesia, siomay merupakan makanan khas bandung.

Kuliner khas Bandung ini terbuat dari tepung aci dan ikan, diberi bumbu kemudian dikukus, dan disajikan atau dimakan dengan telur rebus, kol, tahu, kentang dan dicampur dengan saus kacang, yang sudah dibumbui.

Siomay yang asli biasanya disantap bersama kecap asin dan chili oil. Namun, siomay yang biasa kita makan disajikan bersama bumbu kacang, kecap manis, dan saus sambal.

Sebenarnya bahan bumbu kacang siomay dan batagor sama saja memakai kacang. Perbedaan keduanya terletak pada tekstur. Bumbu kacang siomay sangat halus dengan rasa manis-gurih-pedas. Sedangkan bumbu kacang batagor lebih kasar masih menggumpal kacangnya dan tidak berasa pedas.

 Masakan China

Dalam resep masakan Cina, siomai terbuat dari daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari ikan, udang, daging kepiting, atau daging sapi. Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting dan parutan wortel. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin.

Manfaat dan Kandungan Dalam Siomay

cara membuat siomay ikan

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat siomay yang pertama membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dan zat besi yang terkandung di dalamnya bermanfaat dapat membantu perkembangan otak sehingga otak bisa berfungsi dengan baik. Mulailah mengkonsumsi siomay untuk menjaga daya ingat pada otak.

2. Menyehatkan Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat berperan penting dalam aktifitas sehari-hari. supaya kesehatan mata tetap terjaga anda bisa dengan mengkonsumsi siomay ini. Kandungan asam lemak serta vitamin A yang terdapat di dalam siomay dapat menjaga dan memperbaiki penglihatan sehingga mata akan tetap sehat.

3. Melawan Peradangan

Untuk mencegah peradangan bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi siomay. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya sangat efektif mencegah peradangan sehingga tubuh tetap terlindungi dari bakteri atau virus yang bisa mengakibatkan peradangan.

4. Merawat Kulit

Dengan mengkonsumsi siomay juga baik untuk merawat kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat memperbaiki jaringan sel kulit sehingga bisa menunda proses penuaan. Konsumsilah makanan ini agar tetap terlihat awet muda.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Selain bermanfaat untuk merawat kulit, siomay juga sangat baik dan bekhasiat untuk menguatkan tulang dan gigi. Kandungan forfor dan kalsium yang ada di dalamnya berperan penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat sehingga tulang dan gigi tidak mudah rusak.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Jika anda mempunyai tekanan darah tinggi maka anda bisa mulai mengkonsumsi siomay. Asam lemak yang terkandung dalam siomay bermanfaat sekali untuk menurunkan tekanan darah sehingga bisa mencegah anda dari resiko penyakit hipertensi.

7. Mencegah Kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi siomay. Kandungan vitamin C yang terdapat pada siomay bisa mencegah dan mengatasi sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, anda bisa dapat mengkonsumsi makanan ini.

8. Menurunkan Berat Badan

Siomay ternyata sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat di dalam makanan ini terbukti bisa mampu menurunkan berat badan yang berlebih sehingga bisa mencegah anda dari resiko kelebihan kadar lemak dalam tubuh.

9. Mencegah Kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah. Dengan sering mengkonsumsi siomay bisa menjadi alternatif cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan asam lemak yang terdapat dalam siomay ini sangat efektif mencegah penyakit kardiovaskular.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kandungan omega 3 yang terdapat di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa mencegah dari resiko penyakit jantung. Konsumsilah makanan ini untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Saus Kacang

Siomay memang tidah jauh dengan saus kacang agar tidak hambar rasanya dan menambah kenikmatan pada siomay,dan banyak orang menyukai saus kacang ini dan kerap mengkonsumsinya untuk penamba rasa nikmat pada makanan makanan, tetapi terlalu banyak mengkonsumsi saus kacang juga bisa membahayakan kesehatan tubuh kita sendiri dan bisa menimbulkan resiko kanker hati.

Di dalam saus kacang, ternyata terdapat kandungan aflatoksin yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Aflatoksin sendiri merupakan semacam senyawa yang memiliki beracun serta memiliki sifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bagi manusia, aflatoksin ini ternyata juga bisa berbahaya bagi hewan.

Mengkonsumsi makanan yang disiram dengan saus kacang layaknya siomay, dan batagor, namun terus-terusan dan berlebihan mengkonsumsinya, maka kita akan memasukkan senyawa aflatoksin ini secara berlebihan pada tubuh sehingga bisa meningkatkan resiko kanker hati yang tentu sangat berbahaya.

Sebagai informasi, konsumsi saus kacang dalam jumlah yang berlebihan atau cukup sering mengkonsumsinya bisa membuat senyawa aflatoksin ini akan menumpuk pada tubuh dan yang biasanya akan diserang pertama kali adalah organ hati kita.

Demi kesehatan tubuh kita lebih baik kita mulai membatasi asupan saus kacang ini. kita masih bisa menikmati saus kacang ini dengan teratur dan supaya idak berlebihan.

Analisa Usaha Jualan Siomay

cara membuat siomay ikan

Info Bisnis Siomay

Menjalankan usaha siomay ini hanya membutuhkan modal kecil sehingga bagi siapa pun yang memiliki modal minim bisa mencoba untuk menjalankan usaha siomay ini. Makanan siomay paling nikmat di sajikan peda saat siomay masih hangat sehingga saat menjalankan usaha ini usahakan jika siomay yang dijual masih dalam keadaan hangat agar konsumen bisa menikmatinya.

Pengusaha siomay biasanya menjajakan siomay dengan cara membuat warung makan atau dengan menjajakannya secara keliling. Menjual siomay bisa dikerjakan dengan berbagai cara sesuai dengan keinginan dan ide kreatif yang dimiliki. Walaupun bisnis siomay sudah banyak yang menjalankannya namun tidak ada salahnya jika kita ikut berpartisipasi untuk berbisnis siomay.

Strategi Bisnis Siomay

Setiap usaha membutuhkan strategi yang tepat untuk menjalankannya oleh karena itu buat siomay dengan kualitas enak dan promosi yang tepat. Supaya bisa membuat produk siomay anda disukai masyarakat proses mempromosikan harus dilakukan secara rutin dan tepat. Dengan membidik target pasar secara tepat. Anda bisa menawarkan siomay ini dengan cara mempromosikan dalam memanfaatkan beberapa media baik media social atau media elektronik.

Selain itu bikin tema semenarik apapun untuk bisnis siomay yang dijalankan. Tempat usaha yang menarik dengan tema yang pas dapat menyita ketertarikan pelanggan untuk datang lagi. cari tempat yang nyaman dan bersih ini akan mampu membuat konsumen nyaman dan mereka bisa saja ingin kembali ketempat Anda untuk menikmati siomay yang dijajakan.

Resep Siomay Ikan

  • 100 gram daging ikan Tenggiri (cincang halus)
  • 7 sdm tapioka
  • 2 sdm terigu
  • 1 sdt garam
  • Secukupnya Merica
  •  Daun bawang
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • Kulit lumpia (beli di supermarket)
  • Secukupnya Air
  • Resep Membuat Siomay Ikan

    1. Cuci bersih ikan Tenggiri lalu pisahkan kulit Dan tulangnya, ambil bagian daging saja lalu cincang halus. Sisihkan dalam wadah.
    2. Campurkan dengan tapioka, terigu, dan garam. Aduk hingga tercampur. Berikan sedikit air jika terlalu kering.
    3. Potong-potong daun bawang dan wortel (korek kecil dan tipis). Masukan ke dalam adonan. Sisakan sedikit wortel untuk pelengkap siomay. Aduk lagi hingga tercampur. Pastikan adonan tidak terlalu kering atau encer.
    4. Lanjutkan sampai adonan selesai. Resep ini bisa menghasilkan 12 siomay sedang. Sambil menyelesaikan membentuk siomay, siapkan panci untuk mengukus.
    5. Lanjutkan sampai adonan selesai. Resep ini bisa menghasilkan 12 siomay sedang. Sambil menyelesaikan membentuk siomay, siapkan panci untuk mengukus.
    6. Jika air sudah mendidih kukus siomay sampai matang. Sebelumnya oleskan sedikit minyak sayur di alas siomay ketika akan dikukus agar tidak lengket. Proses pengukusan sekitar 20-30 menit atau sampai matang.
    7. Siomay bisa langsung dimakan setelah dikukus atau digoreng terlebih dahulu. Sajikan dengan saus kacang atau saus sambal sesuai selera.
    Selamat mencoba dan menikmati
  • Selain resep siomay ikan saya juga akan menampilkan berbagai macam siomay dengan resep tambahan yang lebih enak dan lezat, berikut adalah macam macam simomay besera resepnya.

    Siomay Ayam

    Resep Membuat Siomay Ayam:

    • 250-300 gram ayam cincang
    • 2-3 siung bawang putih yang dicincang halus
    • 2 lembar daun bawang yang sudah diiris
    • 1 butir telur
    • 3-4 sdm tepung sagu
    • 2 sdm minyak wijen
    • 1 bungkus kulit pangsit siap pakai
    • Penyedap ayam secukupnya
    • Merica secukupnya
    • Wortel cincang secukupnya untuk taburan
    • ½ bungkus bumbu pecel

    Resep Membuat Siomay Ayam:

    1. Pertama, siapkan alat kukusan. Anda bisa menggunakan panci. Usahakan agar dalam keadaan bersih dan siap pakai.
    2. Masukkan air ke dalam panci dan rebuslah hingga mendidih.
    3. Sambil menunggu air mendidih, campurkan ayam cincang, bawang putih cincang, irisan daun bawang, telur, tepung sagu, dan minyak wijen, sampai rata. Setelah itu, tambahkan penyedap ayam dan merica secukupnya.
    4. Ambillah 1 lembar kulit pangsit yang siap pakai, lalu isilah dengan campuran semua bahan tadi sebanyak 1 sdm. Tekan-tekan tepiannya dan lipat sedikit hingga menyerupai siomay. Taburkan wortel cincang di atasnya.
    5. Setelah air dalam panci mendidih, masukkan siomay mentah tadi ke dalam panci kukusan. Letakkan dengan rapi di atas tatakan kukus, kemudian kukuslah siomay selama kurang lebih 20 menit.
    6. Jika suka, rebus juga kentang dengan jumlah sesuai selera.
    7. Selama menunggu siomay matang, siapkan sambal pecel sebagai bumbunya. Cairkan bumbu pecel dengan air panas secukupnya. Tambahkan jeruk nipis sebagai penyedap rasa dan aroma.
    8. Apabila siomay sudah matang (kulit pangsit berwarna bening), maka angkatlah dan diamkan selama beberapa menit agar sedikit dingin. Sajikan siomay bersama dengan bumbu pecel dan tambahan kentang apabila suka.

    Resep Siomay Udang

  • Resep Membuat Siomay Udang :

    • 150 gr daging udang
    • Kulit pangsit kurang lebih 20 lembar
    • – 5 sdm tepung kanji
    • – 1 ½ sdm garam
    • – 4 sdt gula pasir
    • Minyak wijen
    • – 1 sdt merica
    • Telur ayam
    • – 1 buah wortel
    • – 25 gr cabe merah keriting
    • – 10 cabe rawit merah
    • – 3 siung bawang putih
    • – 150 ml air
    • Cuka
    • – 1 sdt tepung sagu
  • Cara Membuat Siomay Udang

    1. – Bersihkan daging ayam dan daging udang. Cincang keduanya hingga menjadi halus.
    2. Campur semua bahan siomay, kecuali kulit pangsit dan wortel. Pakai 1 sendok teh gula pasir dan 1 sdm garam saja. Selebihnya untuk membuat bumbu. Aduk rata.
    3. Buka dan bersihkan wortel. Parut atau potong wortel menjadi bagian-bagian kecil.
    4. Ambil selembar demi selembar kulit pangsit. Isi menggunakan campuran olahan daging serta juga sedikit wortel parut. Bentuk dan tutup siomay.
    5. Lakukan hingga semua kulit pangsit habis.
    6. Kukus siomay hingga matang.
    7. Selain itu rebus cabe merah keriting, cabe rawit, dan bawang putih. Lalu blender bersamaan dengan air.
    8. Rebus kembali bahan yang sudah diblender. Tambahkan dengan cuka dan tepung sagu yang sudah dicairkan hingga harum.
    9. Sajikan bersamaan dengan siomay udang.

Cara Membuat Siomay Ikan Teri

Bahan-Bahan Membua Siomay Ikan Teri:

  • Daging ikan teri fresh yang dihaluskan 450 gram
  • Bawang putih yang telah goreng sebanyak 2 sendok makan
  • Tepung sagu kurang lebih 125 gr
  • 1 helai daun bawang selanjutnya potong halus
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 butir Telur ayam
  • Bahan Bumbu yang digiling :
  • 2 siung bawang pth
  • Penyedap rasa 1 sdm
  • 1 sdt garam
  • Merica sachet 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh

Cara Membuat Siomay Ikan Teri :

  1. Siapkan minyak lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, angkat.
  2. Masukkan semua bahan dasar dalam satu tempat selain tepung dan telur
  3. Haluskan bahan yang diaduk dengan food processor hingga tercampur semua, alihkan adonan ke dalam tempat lain.
  4. Masukkan tepung dan telur dengan adonan yang telah digiling.
  5. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan somay seperti yang diharapkan.
  6. Ambil adonan somay seperlunya serta dicetak sesuai keinginan kemudian kukus hingga matang.
  7. Sambil mendiamkan bahan somay dikukus silahkan anda buat sambalnya dengan cara mencampurkan seluruh bahan saos.
  8. Giling bahan sambal yang telah dicampur lalu diamkan sejenak.
  9. Tumis bahan saos sampai matang, Angkat selanjutnya tunggu hingga dingin.
  10. Angkat somay yang telah matang dan sajikan di atas mangkok saji.
  11. Siram somay dengan sambal kacang dan siap untuk dinikmati.
  • Setelah berbagai resep dan cara bikin siomay tentu kita membutuhkan bumbunya untuk menamba kelezatan da kenikmatan yang lebih, begini cara membuat saus sambal kacang yang enak dan lezat buat di hidangkan bersama siomay.

Siomay juga bisa digunakan untuk pengganti sosis jika ingin menyantap hidangan dari mesin sosis telur , namun kali ini sedikit berbeda karena sosis diganti dengan siomay,rasanya tetap enak kok.

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay

  • Bahan Membuat Bumbu Kacang Siomay:

    • Kacang tanah 500 g, sangrai
    • Cabai merah besar 10 buah
    • Bawang merah 8 buah
    • Putih 5 siung
    • Gula pasir 1 sdm
    • Garam 1 sdm
    • Kecap manis 1 sdm
    • Air 150 ml

    Resep Membuat Bumbu Kacang Siomay

    1. Tumbuk sampai halus kacang tanah yang telah disangrai bersama dengan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.
    2. Kemudian tambahkan garam, gula pasir, dan kecap manis, serta air.
    3. Masak bumbu kacang dengan api kecil.
    4. Aduk terus hingga mendidih.

    Itulah ulasan tentang bagaimana cara membuat resep siomay ikan yang lezat dan nikmat. Semoga ulasan tadi dapat membantu anda dalam mencoba resep ini. Sekian dan terima kasih.