0822-2330-3737

Siapa sih yang ngga kenal makanan ini? Hampir semua orang tau dan suka banget sama dessert yang satu ini. Salad buah adalah dessert yang berisi beragam buah-buahan, biasanya juga dipadukan dengan saus nya yang bermacam-macam seperti pada kebanyakan resep salad buah yang sering kita temui di luar sana.

Seiring perkembangan jaman, semakin bermacam-macam dalam menggunakan saus nya. Ada yang menggunakan mayonaise, keju bahkan mozarella sebagai sausnya. Selain rasanya yang enak, salad juga menyehatkan dan memliki berbagai manfaat serta khasiat. Mau tau apa aja manfaatnya bagi tubuh kita? Simak terus artikel ini.

Manfaat Salad Buah

resep salad buah

Selain kelezatan pada sebuah makanan, tentunya kita juga ingin mengetahui apa saja manfaat serta benefit yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut.

Terlepas dari hal apapun, makanan se enak apapun kalo ngga sehat kadang juga bikin kita worry kan? ya meskipun beberapa orang tidak peduli dengan hal ini tapi apa salahnya untuk sekedar mengetahui hal-hal yang kita konsumsi.

Berikut inilah manfaat yang kita dapatkan dari salad buah.

1. Salad Buah Untuk Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh

2. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

3. Mengontrol Berat Badan

Dengan banyaknya serat yang didapatkan dari buah-buahan yang terdapat pada salad sehingga dapat melencarkan pencernaan maka berat badan dapat dikontrol dengan baik.

4. Memiliki Banyak Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

Sebab itulah buah adalah vitamin yang paling baik dan alami tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami.

Kira-kira kurang lebih seperti itulah manfaat yang terdapat pada salad buah tersebut. Semoga dengan membaca manfaat-manfaat di atas dapat menggugah mereka yang ngga doyan buah dan bisa nyoba buah melalui salad ini.

Tanpa basa-basi lagi sekarang saatnya kita meluncur ke resep pembuatan salad buah nya.

Resep Salad Buah

resep salad buah

Pada artikel kali ini mimin bakal ngasih kalian 5 resep salad buah yang beda dari lain nya, dan bisa kalian olah dengan segala kreatifitas kalian di rumah serta dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan tentunya. Selain dapat diolah menjadi salad, buah-buah segar juga dapat dijadikan resep es buah untuk jualan juga, jadi terserah kalian mau dioalah apa aja. Cekidot!!

1. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil

Membuat sausnya:

  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalam  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

Satu resep sudah kita selesaikan, selanjutnya kita akan menuju ke resep kedua yang mana resep ini beda dari yang lain dan ngga kayak salad buah pada umumnya, yaitu salad buah naga.

2. Resep Salad Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Yeay, 2 resep sudah kita kuasai, masih ada 3 resep selanjutnya yang akan bikin kamu ngga sabar untuk segera praktek. Kalo gitu mari kita lanjut ke resep berikutnya!

3. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara membuat Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

Mudah bukan cara membutanya? hanya butuh effort yang sedikit untuk mencoba resep-resep baru seperti ini.

Pada resep selanjutnya ada terobosan baru lagi,. Penasaran? Letsgoo!!

4. Resep Salad Buah Nata De Coco

Salad buah dicampur nata de coco? hmmm emang bisa? tentu aja bisa, mari kita buktikan.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan (rekomendasi dari saya isi buah-buahan nya kali ini bisa strawberry, mangga, apel, jeruk, kiwi, anggur, melon, apel, dan pear)
  • 500 gram Mayonaise
  • 250 gram susu kental manis
  • 250 gram yoghurt
  • dan keju sesuai selera masing-masing aja deh

Cara membuat Salad Buah Nata De Coco:

  1. Cuci bersih buah dan keringkan, kemudian kupas hingga kulitnya hilamg
  2. Potong buah menjadi ukuran-ukuran kecil, bisa dipadukan misalnya dipotong dadu atau segitiga, kotak, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.
  3. Jika sudah dipotong kemudian masukkan buah-buah tersebut dalam satu wadah yang digunakan untuk disajikan nanti.
  4. Selanjutnya kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan mayonaise dan susu kental manis, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah terlihat sudah merata, bisa dimasukkan yoghurt ke dalamnya sambil sembari mengaduk hingga rata kembali.
  3. Jika sudah merata secara keseluruhan, bisa tuk segera dituangkan ke wadah penyajian yang berisi buah-buahan tadi.
  4. Untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan parutan keju di atasnya.

Sampai di sini kita sudah mempelajari 4 resep salad yang anti-mainstream. Masih kurang? tenang admin masih punya satu resep lagi hihihi.

5. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara membuat Salad Buah Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

Akhirnya selesai juga resep yang admin bagikan ke kalian. Itulah resep salad buah yang bisa kalian coba di rumah dikala bosan dengan suasana dan situasi yang mengharuskan kita agar di rumah terus seperti sekarang ini.

Analisa Menurut Mimin

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di mana aja, sangat cocok untuk bereksperimen di rumah tanpa mengeluarkan effort yang banyak.

Selain enak dan menyehatkan salad buah juga sangat worthy untuk alasan apapun, terlebih bagi kalian yang memang sedang menjaga pola makan dan ingin memulai pola hidup yang sehat dengan mengganti makanan cemilan dari yang biasa nya goreng-gorengan kayak tempe, mendoan, bakwan yang penuh dengan minyak dan lemak jahat.

Mengingat salad ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang kaya akan manfaat yang sudah admin jelaskan di atas. Terlebih di masa pandemi seperti ini, yang mengharuskan diri kita sendiri memerangi virus corona dengan menjaga kebersihan serta ketahanan imun tubuh agar selalu sehat.

Dengan mengonsumsi salad buah ini setidaknya kita sudah sedikit membantu tubuh untuk menjaga imunitas nya dalam melawan virus, serta itu juga cara dan usaha paling mudah yang bisa kita lakukan selain anjuran pemerintah untuk tetap di rumah aja dan juga himbauan untuk selalu menggunakan masker di manapun.

Peluang Usaha

Di berbagai tempat pun sekarang mulai banyak kita lihat banyak yang membuka usaha dengan basis salad.buah ini. Cukup menarik sih, tapi ntah itu nantinya apakah akan bernasib sama seperti “makanan viral di jaman nya” seperti seblak, es kepal, dan deretan makanan serta minuman yang pernah viral di jaman nya? ngga ada yang tau itu.

Tapi dengan adanya pergeseran jaman, kedepan nya nanti mungkin bakal ada inovasi-inovaasi baru dari salad buah ini, ntah itu diolah dengan resep apa. Yang jelas ngga mungkin hanya akan stuck di sini.

Mungkin kedepan nya salad buah dipacking dengan variasi-variasi yang unik, lucu dan terjamin isinya apalagi jika menggunakan mesin press seperti vacuumsealer.

Resep salad buah ini pun sebenarnya terbuat dari inovasi-inovasi dari teman-teman mimin. Yang mungkin dulu kita tau nya salad itu cuma sayuran, sekarang udah sampai dibikin segala macam model bentuk dan rasa nya.

Mimin pun udah pernah nyoba semua resep yang admin bagiin ke kalian ini dan rasanya menurut mimin the best lah pokok nya ngga ada lawan. Tapi tetep aja yang ngebuatin ibu mimin soalnya mimin ngga bisa masak hihihihi.

Sampai juga di penghujung artikel nih, mimin ngucapin terimakasih buat semua pembaca budiman yang udah nyimak artikel ini sampai bawah. Selain resep salad buah yang mimin kasih. Semoga resep salad buah yang mimin kasih bisa bermanfaat buat kalian ya.

Oh iya, kalo kalian ada resep-resep unik lainnya bisa banget buat ngasi tau mimin, mana tau nanti dibikin part 2 nya hehehe thank youu fellas xoxo.

× Whatsapp Kami!