0822-2330-3737

Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis ini memang selalu menjadi solusi dikala sedang berkumpul dengan temen-temen.Selain hampir di setiap rumah ada pohon nya terutama di pedesaan, rambutan memang selalu menjadi idola. Tapi pernahkah kalian nyoba resep manisan rambutan? Kalo belum, kalian bisa pantengin artikel ini karena mimin bakal share resep nya ke kalian.

 

Asal Usul Rambutan

Seiain di Indonesia, rambutan juga banyak didapati di negara-negara tropis seperti di daerah Asia sebelah tenggara tepatnya, serta di hutan-hutan pedalaman seperti hutan hujan. Buah yang selalu menjadi primadona ini seakan tak dapat tergantikan sebagai ujung tombak dalam menyambut tamu yang memang biasanya terdapat di meja tamu.

 

Rambutan Untuk Kesehatan

resep manisan rambutan

Jangan salah meskipun rambutan terlihat jenis buah yang biasa aja, rambutan tetaplah buah yang memiliki banyak manfaat terutama bagi kita dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Rambutan juga seringkali dijadikan untuk bahan dasar obat-obatan non medis atau yang sering kita dengar herbal.

Tanpa bahan kimia yang neko-neko, mimin pikir pun rambutan better dijadikan obat alternatif tanpa adanya efek samping dan kerusakan ginjal karena terlalu sering minum obat-obatan. Selain itu ada beberapa manfaat juga yang terdapat di rambutan yang akan mimin spill di bawah ini.

1. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Seperti yang udah mimin sebut di atas tadi, dengan berkurangnya kita minum obat-obatan yang mengandung berbagai bahan kimia, kita sudah membantul fungsi organ ginjal kita. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna merah mecolok ini juga memilik kandungan mineral yang lumayan banyak yang berfungsi membantu pencegahan penggumpalan kristal atau sering kita ketahui dengan batu ginjal. Rambutan juga memiliki fosfor untuk membantu menyaring racun dalam ginjal.

2. Mengatasi Penyakit Diabetes

Dalam sebuah penelitian di salah satu negara dengan populasi terbanyak, rambutan dipercaya memiliki zat dan kandungan fenolik yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah serta glukosa pun menurun.

Di sisi lain terdapat fakta mengejutkan dan mungkin sedikit menggelikan bagi kita semua, dimana biji rambutan juga dapat melawan diabetes dengan merebus biji nya dan meminum air seduhan nya yang pahit tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Dengan kandungan serat serta mineral yang tinggi, rambutan terbukti ampuh untuk menunrukan berat badan. Rambutan akan melancarkan saluran pencernaan kita sehingga membantu mengeluarkan sisa kalori yang mengendap di alam tubuh.

Selain itu, buah ini tergolong buah yang dapat dikategorikan mengenyangkan atau bisa dijadikan sebagai pengganjal perut, sehingga ketika mengonsumsi buah ini kita tidak mudah haus dan lapar setelah nya.

5. Mengatasi Kencing Manis

Salah satu keuntungan dari biji yang pahit di sini adalah juga untuk membantu mencegah serta mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit yang disebabkan karena saluran kemih yang bermasalah ini pun masih sering menjadi momok.

Dengan meminum air seduhan biji rambutan yang terkenal pahit ini dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit kencing manis ini.

6. Menguatkan Tulang

Seperti yang mimin sebutkan di atas tadi bahwa rambutan memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu pembentukan serta penguatan tulang. Terlebih bagi usia pertumbuhan yang sedang membutuhkan banyak zat fosfor.

 

Rambutan Untuk Kecantikan

Selain memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan, rambutan juga memiliki berbagai manfaat juga dalam hal kecantikan yang akan mimin share di sini.

1. Mencerahkan Wajah

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat rambutan sangat worthy untuk mencerahkan kulit dengan cara memakai nya sebagai masker. Pada bagian ini kulit rambutan akan menunjukkan keahlian nya dalam mencerahkan wajah dan membuat lebih glow up.

Cukup dengan mencuci bersih kulit rambutan kemudian menghaluskan nya dengan blender maka voila jadilah masker kulit rambutan yang siap mencerahkan kulit mu,

2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Selain dapat mencerahkan wajah, kandungan vitamin C yang terdapat di buah rambutan ini dapat membantu kalian terutama cewek-cewek nih yang mau terlihat awet muda dan tetap seger.

Kandungan vitamin C dalam buah rambutan ini bakal menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dari yang nampak jelas sampai yang ngga terlihat. Terutama keriput yang menjengkelkan serta garis halus yang terlihat mengganggu.

3. Membantu Menutrisi Kulit

Cantik luar dalam itu perlu, bukan hanya dari perawatan ke salon yang menggunakan bahan kimia tapi juga dengan mengonsumsi buah rambutan ini tentunya untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam.

4. Menutrisi Kulit Rambut

Kalo kamu memiliki masalah dengan rambut dan dan kulit kepala mu, rambutan adalah jawaban nya. Buah yang mudah didapatkan ini siap membantu mu dalam menyelesaikan masalah rambut mu.

Setelah biji dan kulit buah rambutan, kini giliran daun nya yang digunakan sebagai masker rambut. Dengan cara menghaluskan daun nya tadi kemudian diaplikasikan di rambut kalian.

 

Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

resep manisan rambutan

Buah yang paling mudah ditemui selama bulan Januari hingga Maret ini pun memiliki berbagai khasiat bagi ibu hamil. Kondisi di mana sedang mengandung tentu nya membutuhkan banyak gizi serta vitamin agar ibu dan janin yang dikandung selalu sehat dan terjaga kondisi nya.

Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan khsusus nya rambutan ini, kalian yang sedang mengandung akan mendapatkan beberapa manfaat yang bakal mimin jelaskan di bawah.

1. Sumber Vitamin E

Masalah yang sering dialami kebanyakan bumil adalah masalah kulit seperti jerawat, kulit gatal dan kusam karena mungkin faktor hormon yang ngga stabil. Namun dengan ada nya kandungan vitamin E dalam rambutan maka dapat membantu bumil mengatasi masalah kulit nya ini.

2. Asupan Zat Besi Yang Terpenuhi

Selain untuk mengurangi rasa lelah pada ibu hamil, zat besi yang terkandung dalam rambutan ini juga membantu mengikat kadar hemoglobin dalam darah nya. Pada bayi nya pun juga seperti itu, di mana tumbuh kembang si bayi juga berpengaruh secara intrinsik.

3. Membantu Mencegah Kanker

Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat pada buah ini dapat membantu mencegah serta melawan kanker yang rentan menyerang ibu hamil. Antioksidan dapat menjaga sel-sel yang ada di dalam tubuh serta melawan peradangan atau tumbuh nya sel-sel liar.

4. Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Kandungan dalam buah rambutan dapat membantu detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran ibu hamil dan bayi nya.

5. Menjaga Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menghindari pembengkakan di kaki selama kehamilan, ibu hamil dapat mengonsumsi rambutan secara rutin dan teratur. Hal ini karena kandungan dari buah rambutan yang dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

 

Banyak banget kan manfaat nya? selain bisa dijadikan resep manisan rambutan, rambutan juga dapat diolah juga dengan resep es buah untuk jualan .

 

Resep Manisan Rambutan

resep manisan rambutan

Setelah sedikit roaming ke asal-usul dan manfaat dari buah rambutan, sekarang saatnya kita menuju ke resep yang pasti nya udah kalian tunggu-tunggu, jadi lesgooo!!

1. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan pertama kita mulai dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pontianak:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Potianak:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

2. Resep Manisan Rambutan Kering

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Kering:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur manisan rambutan tadi hingga mengering

3. Resep Manisan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kekinian:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Kekinian:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

4. Resep Manisan Rambutan Basah

Jika tadi ada resep rambutan kering, maka sekarang ada resep rambutan basah yang juga bisa jadi refrensi mu dalam mengolah buah rambutan ini.

Bahan-bahan Resep Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila Resep Manisan Rambutan Basah siap disajikan

5. Resep Manisan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa manisan rambutan pedas siap disajikan

6. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

Itulah resep-resep yang bisa mimin bagiin ke kalian. Bisa banget kalian coba untuk iseng-iseng pas dapet rambutan dari tetangga yang habis panen atau kalian sendiri, daripada langsung dimakan kalian bisa mengolah nya terlebih dahulu dengan resep yang mimin bagi.

 

Peluang Usaha Dari Resep Manisan Rambutan

Sebenarnya udah banyak juga yang buka usaha mikro manisan rambutan kayak gini, tapi mungkin kebanyakan dari mereka yang menjual rata-rata menggunakan resep yang sama dan udah biasa. Inilah peluang dan celah buat kalian untuk membuka usaha manisan rambutan dengan resep yang berbeda.

Mulai dari isi nya sampai pengemasan nya pun bisa kalian buat semenarik dan sebagus mungkin. Masalah isi tadi mimin udah jelasin ke kalian resep nya. Nah, untuk di sini mimin ngasih refrensi ke kalian masalah pengemasan nya. Kalian bisa memakai vacuum sealer untuk mengemas hasil manisan kalian tadi.

Selain aman dan terjamin, vacuumsealer ini juga dapat menjaga manisan rambutan kalian tadi agar tetap fresh dan awet  serta tahan lama dari manisan lain nya yang dijual di luaran sana tanpa tambahan bahan pengawt yang mengandung kimia.

 

Sampai di sini dulu artikel resep manisan rambutan kali ini, semoga kalian suka yaa. Sampai ketemu lagi di artikel dan resep-resep selanjutnya. Tengkyu fellass xoxo!!!

 

 

 

× Whatsapp Kami!