(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Peluang Usaha Sayuran Segar

Peluang usaha sayuran segar – Sayuran menjadi kebutuhan untuk menunjang kehidupan setiap keluarga, sayur mayur ini digunakan untuk bahan memasak dalam setiap harinya. Sayuran memang telah menjadi makanan pokok untuk masyarakat di Indonesia dan permintaan akan sayur mayur sangat tinggi setiap harinya.

Sayur-sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila di olah untuk menu pada saat makan. Kadungan gizi yang ada pada sayuran memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh, hal ini juga yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat.

Tentunya sudah terlihat bila peluang pada sayuran sangat bagus untuk dijalankan, dengan banyaknya permintaan sayuran. Peluang usaha sayuran segar ini pun bisa dijadikan usaha sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam menjalankannya.

Terutama jika tempat Anda jauh dari pasar tradisional dan adanya banyak ibu rumah tangga yang malas pergi ke pasar, ini bisa menjadi kesempatan emas untuk memulai bisnis sayuran. Dengan menyediakan kebutuhan masyarakat akan sayur mayur segar.

Dalam menjalankan usaha sayuran ini Anda bisa memilih cara penjualan, baik menjualnya di depan rumah jika memiliki lahan atau teras yang luas serta strategis, menjual sayur dengan cara keliling, atau membuka kedai sayur di pinggiran jalan. Beberapa cara penjualan sayuran tersebut bisa dipilih sesuai dengan keadaan atau potensi yang ingin Anda coba.

Baca juga : cara membuat keripik singkong balado yang lezat

Pengertian Sayuran

peluang usaha sayuran segar

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.

Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.

Sayur merupakan kebutuhan pokok setelah nasi. Maka keberadaannya akan terus di cari setiap hari. Bagi kita seorang pebisnis tentunya ini akan menjadi prospek yang baik untuk kita memulai bisnis sayur mayur ini.

Sayur sangat mudah di pasarkan sehingga tidak perlu waktu lama untuk perputaran barang. Dengan begitu kita bisa mendapatkan keuntungan setiap hari. Lain halnya bila kita berbisnis misalnya pakaian.
Biasanya perputaran barangnya akan sangat lama karena pakaian bukan kebutuhan pokok yang orang setiap hari membelinya. Sedangkan sayur, sudah pasti orang akan selalu mencarinya.

Peluang usaha sayuran segar ini memang sangat besar. Jika Anda memang telah memiliki niat tinggi dalam menjalankan bisnis sayuran maka kembangkan usaha jualan sayuran ini dengan menyiapkan modal yang memang dibutuhkan. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sayuran ini tidaklah besar.

Dengan modal tersebut Anda bisa membeli sayuran di pasar induk dan membeli banyak aneka jenis sayuran yang ingin dijual. Kemudian bila Anda ingin menjual sayur mayur ini di depan rumah sediakan tempat untuk memajang aneka sayuran yang dijual dengan rapi dan bersih.

Agar para tetangga atau konsumen baru tertarik membelinya. Kesegaran dari sayuran ini perlu dijaga dengan baik, pastikan bahwa sayuran terus tetap segar sehingga membuat konsumen membelinya.

Baca juga : cara membuat rendang daging spesial

Manfaat Sayuran

peluang usaha sayuran segar

1. Mencegah dan Mengurangi Stres Berlebih

Beberapa macam sayuran juga dapat membantu kita untuk terhindar dari stres, dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran. Ia dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun adakalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.

Sebelum terserang penyakit  ini tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi sayuran untuk meminimalisir penyakit ini menyerang kesehatan kita.

4. Mempertahankan Berat Badan Seimbang 

Jika ingin menyingkirkan masalah berat badan atau kamu sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan  mengkonsumsi banyak sayuran selain buah-buahan. Karena sayuran dan buah-buahan kaya sumber serat yang bebas lemak dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengatasi masalah obesitas.

5. Sumber Energi Tubuh

Menyantap sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi dan membuat tubuh sehat dan langsing, sayuran tidak membuat orang gemuk, melainkan membuat orang lebih energik dan aktif dalam kegiatan keseharian, sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan daripada kita mengkonsumsi daging.

6. Membersihkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi)

Manfaat sayuran juga untuk membantu membuang racun dalam aliran darah dan kulit, sayuran juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detoksifikasi.

Nah, untuk membuat proses ini bisa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8 jam sehari dan banyak minum air putih juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Namun sayuran juga harus dilindungi dari pencemaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, contohnya mencuci sayuran sebelum di konsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan.

7. Mencegah Kelahiran Bayi Cacat

Sayuran juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu selama masa kehamilan dan juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat, asam folat sayuran memberikan sumber zat besi terbaik seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan dan sereal.

Singkatnya adalah, ketika seorang Ibu diet sayuran sehat selama masa kehamilan maka sama dengan membantu kesehatan janin, nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil diantaranya Vitamin B12, asam lemak omega 3 , vitamin D dan asam folat.

8. Dapat Memperkuat Tulang

Jika Anda ingin membuat Anda tulang kuat maka sayuran adalah pilihan terbaik untuk tambahan nutrisi anda. karena ini bermanfaat untuk anak-anak dan orang tua,  anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan nutrisi lebih untuk kesehatan tulang, perlu diingat bahwa beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang sama seperti susu.

Sedangkan tulang orang yang sudah lanjut usia pun menjadi lemah sehingga mereka juga perlu nutrisi lebih. Sayuran kaya akan vitamin C dan kalsium yang membantu untuk mencegah masalah penglihatan termasuk risiko katarak, memperkuat tulang dan gigi. Sayuran juga membantu dalam mengurangi keropos tulang.

9. Memberikan Kesehatan Pada Kulit

Semua orang ingin terlihat lebih muda dengan kulit dengan wajah tanpa kerutan,  sayuran segar akan memberikan wajah Anda lebih berseri dan mencegah penuaan secara gratis. Makan sayuran seperti tomat, wortel dan brokoli untuk mendapatkan kulit yang sehat dan ini baik untuk perawatan kecantikan.

Banyak sayuran mengandung air 85% sampai 95%, yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi keriput. Dan fitonutrien yang ditemukan di semua sayuran dapat mencegah penuaan dini dengan mencegah kerusakan sel dari stres, matahari, polusi dan racun lingkungan lainnya.

Menurut studi, sayuran berwarna cerah merah dan oranye mengandung beta karoten yang dapat memberikan cahaya yang sehat karena melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Demikian pula, lycopene, yang ditemukan dalam sayuran berwarna merah seperti tomat, juga berguna sebagai tabir surya alami.

Berlama-lama di depan layar monitor baik itu smartphone, laptop maupun televisi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mata.  Mengkonsumsi sayuran seperti wortel, alpukat, blueberry, bayam dan brokoli memberikan nutrisi untuk mata anda sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit seperti katarak, rabun dan lain sebagainya.

Bila mengkonsumsi dijalankan secara rutin manfaat sayuran bagi tubuh terasa dalam jangka panjang, untuk menjaga kesehatan tubuh selain mengkonsumsi sayuran. Kita juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dan menghindari makanan instan selain juga berolahraga secara rutin.

Itulah tadi beberapa manfaat dari sayuran segar, semoga menambah pengetahuan anda. Langsung saja yuk kita lihat beberapa peluang usaha sayuran segar yang patut anda coba berikut ini :

Baca juga : cara membuat rujak cireng yang nikmat

Peluang Usaha Sayuran Segar

peluang usaha sayuran segar

Jika Anda juga merupakan seorang penjual sayuran, dan ingin meningkatkan pendapatan Anda maka sekarang saatnya Anda mengubah cara Anda menjual sayur.

Anda bisa melihat bahwa di pasaran, sayur sepertinya tidak di hargai kebersihannya. Pemikirannya, pembeli bisa mencuci sayur sendiri di rumah. Pada dasarnya ini tidak ada yang salah.

Tetapi jika Anda ingin sayur yang Anda jual lebih di lirik ibu-ibu di pasar, maka Anda harus melakukan sedikit perombakan.Berikut peluang usaha sayuran segar agar bisa laku keras di pasaran:

1. Memilih Sayur Sebelum Dijual

Peluang usaha sayuran yang pertama adalah memilih sayuran untuk dijulaAnda pasti mengambil sayur dan kebun sayur untuk di jual. Jika kebanyakan penjual sayur tidak memilih sayur dan menjual apa-adanya dari kebun saya, maka Anda jangan demikian. Anda pilih sayur yang hendak Anda jual di pasar terlebih dahulu.

Pemilihan sayur membutuhkan waktu, tetapi waktu Anda akan terbayar dengan antusias ibu-ibu yang membeli sayur bagus dari Anda. Lapak sayur Anda akan lebih terkenal dari lapak sebelah. Ini adalah tips peluang usaha sayuran segar yang sederhana, tetapi sangat powerful.

Agar tidak rugi, Anda naikkan harga sayur yang di pilih dan tetap menjual yang kurang bagus tetapi dengan harga lebih murah dari harga sayur di pasaran. Jadi, sebagai contoh Anda menjual Selada. Setelah di pilih yang bagus dan tidak, Anda bisa menjual keduanya dengan patokan harga yang berbeda tetapi tetap rata-rata harga pasaran.

2. Kemas dengan Baik

Anda pasti pernah melihat sayur yang di kemas dalam styrofoam dan di wrap untuk di jual di supermarket. Anda bisa meniru cara tersebut dengan tetap hemat uang. Jika di supermarket menggunakan styrofoam, Anda bisa menggantinya dengan piring kertas. Pastikan sayur dalam keadaan tidak begitu basah dan fresh ketika di kemas.

Sayur yang di pilih dan di kemas dengan baik akan meningkatkan minat orang untuk membelinya. Apalagi jika sayur Anda tersebut harganya tidak beda jauh dari harga sayur yang tanpa di kemas.

Anda jika melakukan ini dengan baik, maka reputasi lapak sayuran Anda akan jauh meningkat pesat. Mengemas sayur tidak hanya akan membuat sayur lebih tahan lama, juga membuat sayur terlihat lebih bersih dan higienis.

3. Pelayanan yang Ramah

Mengenai pelayanan, saya pikir perlu latihan lebih lanjut. Banyak pedagang sayuran yang tidak ramah terhadap pembeli. Saya pernah mengalaminya ketika membeli sayuran dimana si pedagang sayur terlihat sangat cuek bebek, seakan tidak mau menjual sayur. Siapa yang mau membeli sayur di tempat orang yang tidak ramah?

Pedagang sayur di pasar lokal cenderung banyak. Oleh karena itu, jika pelayanan tidak bagus, tentu orang akan berpikir untuk tidak mengunjungi lapak Anda lagi.

4. Delivery Sebagai Terobosan Baru

Anda ingin memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda? Delivery saja! Anda manfaatkan teknologi perpesanan yang kini sangat populer untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Nah, dengan terhubungnya Anda dengan teknologi inet, Anda bisa memanfaatkan untuk meningkatkan penjualan sayuran Anda.

Anda butuh seseorang yang mengenal lokasi sekitar Anda menjual. Seseorang tersebut nantinya Anda bisa gunakan untuk mengantar sayuran dari Anda ke pelanggan Anda.

Saya pikir Anda setuju bahwa, banyak ibu-ibu kalangan menengah keatas yang malas pergi ke pasar lokal. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan kemalasan mereka dengan memberikan pelayanan delivery. Ini membuat Anda seakan membuka sebuah franchise yang profesional.

5. Survey Harga

Bagi ibu ibu yang telah terbiasa belanja sayuran dipasar mungkin akan hafal mana pedagang yang memasang harga mahal dan mana pedagang yang menjual dagangannya dengan harga murah. Dengan mengetahui harga di pasaran maka Anda dapat menentukan kisaran harga sendiri yang pas jika Anda membuka usaha jualan sayur jauh dari pasar.

Menjual sayuran dengan harga yang kompetitif adalah sebuah keunggulan. Jika sayur yang Anda jual bersih, dikemas dengan baik, dan Anda sangat ramah pembeli, saya rasa jika harga agak tinggi dari harga pasaran, tetap saja sayur Anda akan laku keras.

Selain itu Anda juga harus mencari tengkulak sayur atau pedagang sayur dengan partai besar hal ini untuk mendapat harga sayur yang murah sehingga pada waktu menjual kembali harga yang Anda tawarkan masih dalam batas kewajaran.

Anda dapat mencari pedagang dengan partai besar biasanya di pasar pasar Induk, atau dipasar biasa tetapi Anda harus negosiasi dengan si penjual grosiran bahwa Anda membeli untuk di jual kembali.

6. Memilih Sayuran yang cepat laku

Seperti kita ketahui bahwa sayuran umumnya bukanlah barang yang tahan lama sehingga tidak bisa disimpan dalam jangka panjang atau ber hari hari. Sifatnya yang mudah layu dan busuk membuat sayuran diusahakan harus laku dalam satu hari tersebut.

Untuk itu Anda harus pandai pandai memperkirakan sayuran apa saja yang cepat laku sehingga tidak meninggalkan sisa, dan kalaupun masih sisa maka itu tidak banyak dan sisanya bisa Anda konsumsi sendiri.

7. Memilih sayuran yang segar dan berkualitas baik

Sayuran yang fresh atau masih segar biasanya banyak dicari namun hal ini tidaklah cukup. Selain segar, sayuran yang Anda jual juga harus berkualitas baik sehingga memiliki nilai jual yang lebih dan dalam hal ini Anda akan memiliki posisi tawar.

Tidak sedikit sayur yang segar namun daunnya banyak dimakan ulat atau daunnya sudah pada tua sehingga alot dan tidak bisa dikonsumsi. Hal ini tentu akan merugikan Anda dan konsumen Anda juga. Untuk itu ketika Anda memilih pastikan Anda memilih yang terbaik untuk konsumen Anda.

8. Memiliki Buku Catatan

Peluang usaha sayuran segar berikutnya adalah memiliki buku catatan. Dalam usaha apapun memiliki catatan sangatlah penting, salah satunya dalam usaha jualan sayur ini. Diawal memulai usaha ini tentu masih banyak kekurangannya terutama dalam hal penyedian barang dagangan. Disini memiliki buku catatan kecil akan sangat membantu Anda dalam mengelola usaha Anda ini.

Sebagai contoh ketika ada pelanggan yang menanyakan barang yang kebetulan Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencatat nama barang tersebut untuk di data seberapa banyak pembeli yang menanyakan barang tersebut, setelah itu Anda dapat mengadakan barang tersebut.

Selain itu juga catatan diberlukan jika sewaktu waktu ada pembeli yang melakukan pemesanan khusus dan Anda dapat mencatat setiap pesanan tersebut. Memiliki buku catatan juga akan mempermudah Anda dalam mengelola usaha Anda. Anda dapat mencatat semua transaksi, mengatur keuangan, dan semua yang berkaitan dengan usaha Anda.

9. Memiliki Tempat Usaha

Peluang usaha sayuran segar berikutnya adalah memiliki tempat usaha. Seperti telah diulas diatas, memiliki tempat usaha yang ideal adalah dambaan setiap pelaku usaha, namun jika hal itu belum bisa terpenuhi maka jangan sampai menyurutkan niat untuk tidak menjalankan usaha tersebut. Jangan menunggu semuanya sempurna sehingga tidak melakukan apa-apa.

Banyak cara yang dilakukan untuk memiliki tempat usaha jualan sayur ini, pertama Anda bisa membuat gerobak sayur sederhana baik itu gerobak dorong ataupun gerobak statis (gerobak untuk mangkal).

Kedua Anda bisa memanfaatkan sebahagian area dari rumah Anda yang kira-kira tidak terpakai optimal seperti area garasi, yang ketika Anda bejualan kendaraan bisa Anda keluarkan dahulu.

Jika Anda berdomisili diarea perumahan, usaha jualan sayur ini sangat cocok dilakukan, karena biasanya ibu-ibu rumah tangga sekitar perumahan akan cenderung lebih memilih berbelanja dari tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya, hal ini mungkin juga untuk menghemat waktu.

Apalagi jika harga antara pasar dan tempat Anda jualan itu tidak terlalu berbeda jauh maka sudah dapat dipastikan pembeli akan memilih membeli di tempat Anda ketimbang harus ke pasar.

10. Menjaga Kebersihan Area Usaha

Peluanga usaha sayuran segar yang terakhir adalah menjaga kebersihan area usaha anda. Pedagang sayur biasanya identik dengan kumuh, kotor dan bau. Untuk menghindari hal tersebut dan menjaga kenyamanan pembeli saat berbelanja di tempat Anda maka hal tersebut harus di atasi. Seperti halnya sediakan selalu tempat sampah khusus untuk membuang sayuran yang telah mulai membusuk.

Jika harus memangkas sayuran maka usahakan agak jauh dari tempat menjajakan dagangan Anda agar sampahnya tidak berserakan ditempat jualan. Usahakah area jualan Anda selalu kering, kareana sayur yang membusuk dan basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kelompokan antara sayuran yang tidak tahan lama dengan sayuran yang tahan lama. Untuk sayuran segar usahakan jangan tersorot matahari langsung supaya tidak cepat layu.

Demikian tadi peluang usaha sayuran segar dan beberapa manfaat sayuran, semoga bisa menjadi awal usaha yang baik untuk anda. Semoga peluang usaha sayuran segar ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda. Semoga usahanya sukses.