(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Jenis Plastik Vacuum Sealer – Kemasan produk bukan hanya terbuat dari plastik biasa saja namun juga ada jenis plastik vacuum sealer. Plastik kemasan vakum ini merupakan jenis plastik vacuum sealer yang biasa digunakan untuk membungkus atau mengemas berbagai jenis produk seperti contohnya makanan.

Biasanya kemasan vacuum sealer ini dbuat untuk membungkus berbagai produk makanan beku. Makanan ringan atau snack, sayuran, bumbu-bumbu dapur dan bahan makanan yang bisa diolah kembali. Juga produk daging sapi, daging ayam dan lain-lain. Baca juga : Jenis Sayur Yang Tahan Lama Bertahan Satu Bulan.

Berbeda halnya plastik kemasan biasa dengan menggunakan kemasan vakum. Makanan yang terdapat di dalam kemasan akan terjaga kualitasnya sehingga ketika dibuka oleh konsumen kualitasnya masih terjaga dan layak untuk dikonsumsi. Karena tidak terkontaminasi oleh udara bebas dan bahan-bahan yang berbahaya baik kotoran dan debu ketika proses distribusi.

Keunggulan Plastik Vacuum Sealer

Jenis plastik vacuum ini banyak digunakan oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk mengemas produk yang mereka produksi hingga sampai pada masa kadaluarsanya.

Keunggulan dari plastik kemasan vakum yaitu bisa digunakan sebagai kemasan yang aman untuk produk makan dan bahan makanan yang akan menjamin kualitas makanan yang ada didalamnya.

Selain itu dengan menggunakan plastik vakum produk yang dikemas akan bertahan lebih lama dibandingkan jika menggunakan plastik biasa karena di dalam kemasan tidak ada udara sehingga membuat tak ada proses yang terjadi dalam kemasan. Sehingga kecil kemungkinan terjadinya pembusukan dalam kemasan. Sehingga produk yang dikemas jadi lebih aman.

Kelebihan lain dari kemasan plastik vakum adalah dapat mencegah oksigen masuk ke dalam kemasan dan menjaga kelembapan produk sehingga bisa memperpanjang umur dari produk. Plastik vakum juga bersifat tembus pandang sehingga produk dapat terlihat dengan jelas. Selain itu meski produk disimpan dalam jangka waktu yang lama produk tetap segar juga kemasan ini tahan panas dan robek.

Kegunaan lain dari plastik kemasan vakum ini adalah mampu memberikan desain dan kode tanggal yang penting seperti waktu produksi dan waktu kadaluarsa. Juga dapat dituliskan informasi-informasi lainnya seperti kandungan gizi dalam makanan sehingga konsumen bisa mengetahui apakah makanan tersebut layak dimakan atau tidak.

Bahan Jenis Plastik Vacuum Sealer

Kemasan kedap udara biasanya dibuat dari bahan plastik LDPE, PET atau nylon. Plastik tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, karena kualitas plastik yang berbeda anatar satu dengan lainnya. Berikut ini ketiga jenis plastik yang digunakan untuk membuat kemasan kedap udara.

LDPE

Low Density Polyethylene (LDPE)  adalah jenis plastik yang dibuat dari minyak bumi atau thermoplastik. Sifat dari plastik jenis LDPE adalah kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaannya agak berlemak. Pada suhu kurang dari 60˚C, plastik LDPE sangat resisten terhadap senyawa kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen Kemasan kedap udara yang berbahan LDPE sulit dihancurkan tetapi tetap baik untuk kemasan makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. Jenis bahan plastik ini jarang diolah kembali. Meskipun telah diolah kembali, plastik ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat ubin lantai.

PET

Polyethylene Terephthalate (PTE/PETE) adalah jenis plastik yang bersifat jernih, transparan dan tembus pandang. Biasanya plastik jenis ini digunakan untuk botol kemasan air mineral. Plastik jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai, atau maksimal tiga kali pakai. Bila terlalu sering digunakan, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengakibatkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker, karena pembuatan polyethylene terephthalate menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh atau jika kita sampai menghitupnya akan menyebabkan iritasi kulit dan kerusakan pada saluran pernafasan.

Nylon

Jenis plastik vakum sealer ini terbuat dari material nylon yang dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu melindungi produk makanan yang ada di dalamnya. Meski kemasan dalam ketebalan tertentu tidak akan mudah rusak atau pun tergores. Bahan nylon juga mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ekstrem sehingga baik makanan ringan maupun makanan bahan makanan lainnya akan terjaga dalam kemasan tersebut.

Nylon atau nilon adalah jenis plastik yang termasuk produk polimer sintetis. Plastik jenis ini memiliki tingkat kekuatan dan elastisitas yang sangat tinggi, karena terdiri dari serat sintetis yang dibuat dari minyak bumi. Nylon biasanya digunakan untuk produk yang membutuhkan daya tahan yang tinggi seperti tali pancing. Produk lain dari nylon yaitu digunakan sebagai bahan kain.

Harga dari jenis plastik vacuum sealer ini dibandingkan dengan plastik kemasan jauh lebih mahal karena memiliki keunggulan lebih lentur, tidak mudah longgar dan tahan lama. Plastik nylon juga dijual sesuai ukuran. Plastik ini juga digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Sehingga dengan menggunakan kemasan vacuum nylon, udara tidak bisa lagi ketika udara di dalam sudah divacuum keluar. Kemasan kedap udara berarti tidak adanya mikroorganisme yang bisa menyebabkan basi tidak bisa berkembang biak sehingga makan bisa tahan hingga berbulan-bulan.

Jenis Plastik Vacuum Sealer

jenis plastik vacuum sealer

Terdapat berbagai jenis plastik vacuum sealer yang digunakan untuk mengemas produk. Selain untuk meningkatkan efisiensi, kemasan kedap udara juga bisa digunakan sebagai identitas suatu produk serta menambah daya tarik konsumen. Berikut ini jenis-jenis kemasan udara.

Kemasan Vacuum Bag Three Side Seal

Vacuum Bag Three Side Seal adalah kemasan kedap udara dengan tiga sisi bagian yang diberi perekat atau seal. Kemasan ini sangat efektif untuk mengemas berbagai macam produk, oleh karena itu jenis ini cukup populer diantara para pelaku usaha. Produk-produk yang biasanya menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Three Side Seal yaitu : makanan ringan, makanan beku, sosis, beras dan gula.

Kemasan Vacuum Bag Center Seal

Vacuum Bag Center Seal adalah kemasan kedap udara yang diberi perekat atau seal pada bagain tengah saja, agar mempermudah untuk membuka kemasan. Kelebihan kemasan jenis ini sama dengan  kemasan Vacuum Bag Three Side Seal. Dalam hal kepraktisan atau mudah dibawa, efisien dalam display dan penyimpanan. Produk-produk yang biasanya menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Center Seal yaitu : roti, kopi, garam dan deterjen.

Kemasan Vacuum Bag Gusset

Vacuum Bag Gusset adalah salah satu kemasan plastik kemasan vakum yang paling tua. Kemasan ini biasa digunakan oleh beragam industri, kemasan ini memiliki lekukan pada sisi kemasan. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara ini yaitu : pupuk, makanan hewan peliharaan, produk kue.

Kemasan Standing Pouch Vacuum

Standing Pouch Vacuum adalah kemasan kedap udara modern yang didesain agar dapat berdiri ketika diletakkan di rak. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara ini yaitu : minyak, makanan ringan dan produk cair lainnya.

Jenis Mesin Sealer

Sama halnya dengan kemasan produk, mesin untuk pengemas pun memiliki berbagai jenis mesin sealer. Hal tersebut dikarenakan masing – masing mesin pengemas memiliki fungsi yang berbeda – beda dalam pengerjaan pengemasan produk. Kemasan produk merupakan salah satu aspek untuk menarik minat calon konsumen, karena calon konsumen pastinya akan membeli mana produk yang memiliki bentuk kemasan yang paling menarik.

Kemasan produk yang berbahan plastik pun menggunakan berbagai macam jenis plastik, seperti poliester, HDPE, nilon mapun PVC. Hal tersebut bertujuan antara lain karena karateristik berbeda yang dimiliki masing – masing produk yang akan dikemas. Kali ini, artikel ini akan membahas berbagai macam jenis mesin sealer yang digunakan untuk mengemas produk baik produk makanan maupun produk non makanan.

Hand Sealer

Merupakan mesin sealer bertipe press plastik yang digunakan untuk merekatkan ujung plastik dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan mesin perekat yang dipakai. Cara kerja mesin ini adalah  dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh aliran listrik yang membuat plastik meleleh dan kemudian akhirnya menempel. Kemasan yang dikemas menggunakan mesin ini juga akan menjadi kedap udara dalam di bagian dalam kemasannya.

Mesin hand sealer juga memilki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin sealer lainnya sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Biasanya mesin ini digunakan untuk mengemas produk makanan yang berukuran kecil seperti bumbu makanan atau makanan ringan lainnya. Jika dibandingkan dengan proses perekatan kemasan secara manual yang menggunaka lilin, maka perekatan dengan menggunakan mesin hand sealer akan terkesan lebih rapi dan lebih merekat. Jika menggunakan lilin dikhawatirkan kemasan justru akan bolong karena terbakar terkena panas api.

Menggunakan hand sealer pun cukup praktis dengan menempelkan plastik kemasan pada mesin. Selain itu keunggulan lainnya adalah mesin ini bisa merekatkan kembali kemasan yang sudah terbuka sehingga produk bisa disimpan kembali dan tentunya akan tahan lama.

Continous Sealer

Continous Sealer merupakan salah satu mesin sealer kemasan plastik yang secara otomatis bisa merekatkan kemasan plastik maupun almunium foil. Keunggulan dari mesin ini adalah hasilnya yang lebih tertutup dan lebih merekat sehingga meminalisir produk dari kecacatan produk karena bisa mencegah masuknya mikroorganisme.

Selain itu kecepatan dalam proses perekatan kemasan produk juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.Mesin sealer ini juga memiliki fitur pencetak tanggal kadaluarsa atau masa berlaku produk. Bahan dari mesin ini sendiri juga terbuat dari stainless steel sehingga mesin kuat, awet dan tidak mudah berkarat. Terdapat sistem roda juga pada mesin ini untuk mempermudah pengemasan.

Cup Sealer

Mesin Sealer ini digunakan untuk menyegel minuman yang dikemas dalam kemasan gelas plastik. Misalnya seperti teh, air mineral, jus dan minuman sari buah. Mesin ini memiliki dua jenis yaitu mesin yang otomatis dan mesin yang manual. Banyak pedagang saat ini lebih memilih menggunakan jenis kemasan cup sealer dibandingkan tutup cup. Karena pada tutup cup sering mengalami kebocoran ketika dibawa oleh konsumen.

Mesin Press Plastik Pedal

Merupakan mesin sealer kemasan plastik yang menggunakan pedal kaki dalam pengoperasiannya. Dengan begitu proses pengemasan akan lebih cepat dan mengurangi tingkat kebocoran kemasan. Sebab tenaga untuk mengoperasikan mesin sealer dilakukan oleh kaki.

Vacuum Sealer

Mesin jenis ini merupakan mesin sealer yang paling populer, karena digunakan untuk berbagai macam produk baik produk makanan ataupun bukan makanan. Pada prosesnya, mesin ini akan menyedot keluar udara yang terdapat pada kemasan sehingga produk di dalam kemasan akan berada pada kondisi hampa udara. Produk yang dikemas menggunakan mesin ini akan bertahan lebih lama, umumnya mampu bertahan hingga waktu 20 hari. Hal tersebut diakibatkan oleh produk yang tidak terpapar oleh mikroba dan bakteri yang terdapat pada udara bebas.