(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara menyimpan buah tidak hanya mempengaruhi rasa dan tampilan saja, namun juga mempengaruhi zat gizi yang dikandungnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana caranya menyimpan jenis buah yang tahan lama dan kualitasnya tetap bagus.

jenis buah yang tahan lama

Menyimpan buah dalam kulkas merupakan cara yang mudah dan sering dilakukan oleh banyak orang. Cara seperti itu memang bisa membuat buah-buahan jadi lebih awet dan tidak mudah busuk atau rusak. Menyimpan buah-buahan ternyata tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Karena kita perlu memperhatikan jenis dan kondisi dari buah itu sendiri, dan bagaimana cara penyimpanan yang benar agar tahan lama dan tepat agar kesegaran buah tetap terjaga.

 

Jenis Buah Yang Tahan Lama dan Cara Penyimpanannya

Buah Apel dan Pir

Ini merupakan buah yang tinggi akan kandungan antioksidan,daging buah dan kulitnya kaya akan kandungan nutrisi penting. Oleh karena itu, jangan samapi buah ini  rusak dan busuk hanya karena salah cara menyimpannya. Sebenarnya, tidaklah terlalu sulit cara penyimpanan buah apel dan pir. Anda dapat menyimpan buah ini pada suhu ruang, ataupun dalam kulkas.

Kedua buah ini dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah dan sayuran. Lebih baik jika Anda menyimpan kedua buah ini dalam kulkas, tempatkan dalam wadah terpisah atau bisa juga dengan cara bungkus dahulu dengan kantung plastik.

Apabila buah sudah dikupas sebaiknya segera dimakan atau dihabiskan dan tidak dibiarkan terlalu lama pada suhu ruang karena buah ini dapat berubah warna menjadi kehitaman atau kecoklatan setelah dikupas.

Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang nikmat untuk disantap dan biasanya dalam bentuk jus atau salad. Jika Anda mempunyai buah alpukat yang belum terlalu matang cukup simpan pada suhu ruang karena akan lebih cepat matang, jika Anda menyimpannya dalam kulkas justru akan menghambat proses pematangan buah alpukat tersebut. Menyimpan buah alpukat ke dalam beras adalah cara lain yang banyak dilakukan orang agar buah alpukat cepat matang.

Cara penyimpanan untuk buah alpukat yang sudah matang taruh dalam kulkas agar tidak lekas busuk. Sebaiknya buah alpukat yang sudah dikupas atau dipotong  disimpan dalam kulkas agar tetap segar dan tidak menghitam.

Buah alpukat yang sudah dikupas, lama-kelamaan daging buahnya akan berubah menjadi kehitaman atau kecoklatan. Karena mengandung enzim dan senyawa fenolik yang bila berinteraksi dengan oksigen akan berubah warna menjadi kehitaman atau kecoklatan. Cara yang sering dilakukan untuk menyimpan buah alpukat yang sudah dikupas, masukkan ke dalam wadah plastik kedap udara (agar tidak berinteraksi dengan oksigen).

Ini termasuk jenis buah yang tahan lama, karena jika sudah matang dapat bertahan hingga kurang lebih 1 minggu dengan cara penyimpanan yang benar.

Buah Melon

Melon yang sudah dipotong sebaiknya disimpan di dalam kulkas karena akan terasa lebih segar, manis, dan jauh lebih nikmat saat disantap. Dan juga akan membuat teksturnya lebih baik, tidak lembek dan berair. Cara penyimpanannya adalah dengan menempatkan melon pada wadah plastik tertutup rapat, lalu masukkan dalam kulkas. Jangan buang bijinya, biarkan menempel agar buah melon tetap segar.

Penyimpanan pada suhu ruang juga bagus dilakukanuntuk mempercepat proses pematangannya agar melon yang belum terlalu matang. Butuh waktu sekitar 4 hari untuk proses melon menjadi matang. Jika perlu, letakkan melon berdekatan dengan buah buah pir, apel, dan pisang karena buah tersebut mengeluarkan gas etilen.

Buah Semangka

Buah semangka mempunyai kadungan air yang sangat tinggi. Untuk buah semangka yang masih utuh (belum dipotong) dapat disimpan pada suhu ruang maupun dalam kulkas mampu bertahan hingga 2 minggu. Untuk penyimpanan buah semangka yang belum matang, sebaiknya disimpan pada suhu ruang untuk mempercepat proses pematangannya.

Cara penyimpanan buah semangka buah semnagka yang sudah dipotong, dibungkus rapat dengan plastik. Tujuannya agar buah semangka tidak menyerap aroma dari makanan lainnya yang juga disimpan di dalam kulkas. Cara penyimpanan seperti ini dapat membuat buah semangka mampu bertahan hingga 3 hari.

Buah Pisang

Pisang ini merupakan buah yang tinggi akan kandungan kalium ini sering dikonsumsi orang sebagai makanan pencuci mulut (setelah makan), atau sebagai makanan sumber energi sebelum berolahraga dan saat tubuh kelelahan. Cara penyimpanan buah pisang yang tepat adalah disimpan pada suhu ruang dan jangan simpan dalam kulkas.

Terutama, untuk buah pisang yang masih belum terlalu matang, harus disimpan pada suhu ruang agar bisa cepat matang. Buah pisang yang disimpan dalam suhu ruang juga akan terasa lebih nikmat saat disantap. Dalam suhu ruang, pisang bisa bertahan hingga 1-2 hari. Lewat dari itu, biasanya kulit pisang akan berubah cokelat atau kehitaman, tetapi masih boleh dimakan.

Buah Jeruk

Jeruk lakan lebih awet dan akan membuat jeruk terasa lebih manis dan segar jika menyimpannya dalam kulkas. Untuk cara penyimpanannya dalam kulkas, bisa langsung menaruh dan menatanya dalam tempat penyimpanan buah atau menempatkannya dalam kantung plastik terlebih dahulu baru disimpan di kulkas.

Untuk jeruk nipis, bisanya juga sering dipakai sebagai bahan tambahan dalam masakan. Karena, penggunaannya dalam masakan yang biasanya tidak terlalu banyak, seringkali menyisakan sebagian jeruk nipis yang sudah diiris sebaiknya tidak disimpan langsung dalam bentuk irisan karena akan membuatnya berkerut dan kering. Cara penyimpanan yang tepat adalah dengan cara diperas airnya, kemudian ditaruh dalam wadah es batu, lalu bekukan.

Buah Mangga

Buah berwarna kuning ini akan terasa manis, segar, dan nikmat bila disantap dalam keadaan matang. Sebaiknya untuk  buah mangga yang belum terlalu matang disimpan pada tempat yang kering pada suhu ruang. Jangan simpan buah mangga yang belum terlalu matang dalam kulkas, karena akan menghambat/memperlambat proses pematangannya.

Ciri buah mangga yang sudah matang adalah tidak keras saat ditekan dan mengeluarkan aroma yang harum. Buah mangga termasuk jenis buah yang tahan lama apabila sudah matang Anda menyimpannya dalam kulkas, agar mangga jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Mangga yang sudah matang disimpan di kulkas dapat bertahan hingga 2 minggu, namun, bila sudah dikupas atau dipotong, mangga yang disimpan di kulkas dapat bertahan 2-3 hari.

Buah Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin dan juga kaya akan serat. Buah ini sangat dianjurkan untuk yang mengalami susah buang air besar (sembelit/konstipati), karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan BAB. Untuk buah pepaya yang belum matang sebaiknya tetap dibiarkan dalam suhu ruang, tunggu sampai beberapa hari hingga pepaya matang, baru dapat disimpan di dalam kulkas.

Buah pepaya matang yang sudah dikupas dan dipotong-potong sebaiknya disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup, agar tidak lekas busuk. Apabila sudah dikupas dan dipotong buah pepaya lebih baik segera dimakan dan jangan dibiarkan terlalu lama, karena hanya mampu bertahan tidak lebih dari 1 hari dalam suhu ruang.

Berikut beberapa jenis buah yang tahan lama dan cara penyimpanannya. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa baca artikel Cara Membuat Rujak Cireng yang Nikmat

Manfaat dari Jenis Buah Yang Tahan Lama

  • Buah Zaitun

Ada banyak vitamin, protein, lemak dan antioksidan yang terkandung dalam buah zaitun. Buah zaitun yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ini bagus untuk kesehatan karena dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus, menjaga kondisi kelembaban kulit, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah resiko serangan jantung, mencegah penyakit stroke, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah peradangan sendi, mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang.

  • Buah Waluh

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah waluh seperti kalsium, vitamin B1, fosfor, kalori, protein, hidrat arang, vitamin C, lemak, zat besi , vitamin A, natrium,dan tembaga, hemm banyak bukan.

Selain nutrisi yang banyak dalam kandungan dari buah ini. Manfaat dari buah ini pun juga banyak, seperti untuk mencegah kanker, mengobati penyakit diabetes, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata. Dan lagi-lagi buah dapat menguatkan tulang dan mencegah radang sendi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Buah Srikaya

Buah yang sekilas seperti buah sirsak tetapi berukuran lebih kecil. Srikaya termasuk buah yang mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Kandungan manfaat yang ada di dalamnya mampu memperbaiki saluran pencernaan, mengobati diare, mencegah kanker, mencegah kolesterol tinggi, dan untuk mencegah diabetes.

  • Sawo

Buah sawo mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A(menjaga kesehatan mata), vitamin B1, vitamin C(mengobati sariawan), vitamin B6, dan vitamin E(menjaga kesehatan kulit). Bukan hanya itu, buah ini juga mempunyai banyak  protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi dan energi.

Buah sawo yang mampu untuk menguatkan tulang, membantu pembentukan sel darah merah, mencegah kanker usus, mencegah penuaan dini, dan sebagai obat untuk pendarahan.

  • Salak

Buah salak dapat membantu proses diet ini terdapat banyak kandungan gizi seperti, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serat dan juga vitamin B. Disarankan memakan salak ini kuliat aria atau kulit tipis yang terdapat pada daging buah ini jangan dibuang. Pasalnya itu banyak kandungan serat yang mampu membantu pencernaan dan mengobati diare.

Selain itu, buah salak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah sakit kanker, meningkatkan kecerdasan otak, dan membantu proses diet.

  • Rambutan

Buah rambutan yang mempunyai banyak mengandung vitamin C, vitamin A, karbohidrat, protein, serat, serta kandungan mineral. Ini mampu memberi antioksidan bagi tubuh, mampu mengganti sel baru, membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengobati penyakit hipertensi, mengobati sakit diare, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah kanker.

  • Buah Naga

Kadar air yang banyak terkandung dalam buah naga. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi dan antioksidan. Buah naga yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menetralkan racun dalam tubuh, mengobati asma, menjaga kesehatan mata.

  • Markisa

Fitokimia terdapat dalam buah markisa dapat membunuh sel kanker. Kandungan buah yang mempunyai gizi seperti energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamain, riboflavin, niasin, asam askorbat, dam asam nitrat.

Kandungan yang bisa untuk mencegah kanker, mengatasi penderita insomnia, mengobati batuk dan alergi, menurunkan kadar kolesterol, melebarkan saluran pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, penurun panas, mencegah hypertensi, sebagai antiseptik.

  • Manggis

Buah yang memiliki banyak manfaat di bagian kulitnya ini banyak mengandung berbagai nutrisi, diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, polifenol, zat besi, kalsium, magnesium, dan potassium. Manggis juga termasuk ke dalam jenis buah yang tahan lama.

Buah ini dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu juga, mampu menurunkan resiko penyakit kanker, menyetabilkan daya tahan tubuh, melancarkan BAB, mengatasi masalah kandung kemih, memperlancar sistem pencernaan, menjaga tekanan darah tetap stabil, mengobati sakit TB, dan menjaga kesehatan kulit.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa semua buah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Karena kandungan nutrisi, vitamin, mineralnya hampir sama. Bahkan hampir semua buah mempunyai kandungan antioksidan yang mampu membatu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain hal tersebut, manfaat yang dikandungnya pun juga hampir semua untuk mengatasi penyakit yang sama. Maka dari itu, agar tubuh kita tetap sehat sebaiknya konsumsi buah-buahan segar setiap hari ya.

 

Manfaat Jenis Buah Yang Tahan Lama Untuk Tubuh

Buah memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh sangat banyak, buah-buahan mampu berperan sebagai bagian terpenting untuk kesehatan tubuh. Antibodi dan sebagai sumber vitamin ini adalah manfaat yang sangat dibutuhkan tubuh. Buah mampu menjadi makanan sehat yang sangat diperlukan tubuh untuk membuat badan kita menjadi sehat dan bugar di usia muda maupun disaat usia yang sudah tua.

Nutrisi yang terkandung sangat banyak dibutuhkan untuk menyehatkan anggota tubuh kita ini juga terdapat dalam buah. Setelah mengonsumsi buah-buahan setiap harinya, tubuh akan menghasilkan kebutuhan vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Selain itu, buah juga bisa sebagai antioksidan yang mampu menjaga kekebalan tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali manfaat dari buah buahan untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang sering ditemui adalah untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan terdapat juga buah-buahan yang mampu menghilangkan jerawat. pastinya cara talami tersebut lebih baik, dibanding mneggunakan produk obat-obatan.

Manfaat Buah Sebagai Kesehatan Tubuh

Jenis Buah Yang Tahan Lama – Banyak sekali manfaat buah untuk kesehatan tubuh kita ini, tadi adalah manfaat buah yang sangat baik untuk tubuh dan manfaat tersebut sudah di simpulkan menjadi manfaat yang dimiliki oleh berbagai jenis buah yang ada di berbagai belahan dunia. Ini dia manfaat buah untuk kesehatan tubuh.

  1. Mempunyai sumber vitamin yang banyak dengan jenis nya yang berbagai macam.
  2. Memiliki sumber air untuk tubuh sedangkan gizi yang dapat meningkatkan kebutuhan metabolisme tubuh.
  3. Antioxidan sebagai penangkal radikal bebas alami untuk tubuh.
  4. Menghindari supaya tidak terkena penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  5. nah, ini dia dapat digunakan sebagai obat luar seperti jerawat, bisul, dan lain-lain.

Kita harus mewaspadai saat mengonsumsi beberapa buah-buahan karena manfaat buah melebihi dari apa yang kita tahu. Hal tersebut pasalnya ada jenis buah yang mengandung lemak dan gula yang berlebihan.

Apalagi jika kita dalam masa pengobatan karena sedang terkena penyakit tertentu, kita biasanya dilarang mengonsumsi buah-buahan secara bebas. Selain buah-buah kita tidak boleh lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin, karena kesehatan itu nomer satu dan sangat berharga.

Semoga ini dapat menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa untuk merubah pola hidup yang lebih sehat, dan sebaiknya konsumsi buah lokal. Dan saya sarankan membeli jenis buah yang tahan lama