Vacuum Sealer https://vacuumsealer.id Jual Vacuum Selaer, Mesin Press Plastik Kedap Udara Fri, 19 Mar 2021 03:52:00 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.3 Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha Yang Kekinian https://vacuumsealer.id/aneka-olahan-pisang-untuk-usaha/ Wed, 23 Sep 2020 04:57:37 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=1239 Masa pandemi covid ini membuat banyak orang tiba-tiba banting stir untuk membuka usaha, belum lagi mereka yang terkena phk dari perusahaannya. Akhirnya kita saling berlomba dalam membangun usaha untuk tetap bertahan. Pada artikel kali ini mimin bakal bagiin resep aneka olahan pisang untuk usaha buat kalian yang pengen mencoba usaha di bidang perpisangan ini. Aneka […]

The post Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha Yang Kekinian appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Masa pandemi covid ini membuat banyak orang tiba-tiba banting stir untuk membuka usaha, belum lagi mereka yang terkena phk dari perusahaannya. Akhirnya kita saling berlomba dalam membangun usaha untuk tetap bertahan. Pada artikel kali ini mimin bakal bagiin resep aneka olahan pisang untuk usaha buat kalian yang pengen mencoba usaha di bidang perpisangan ini.

Aneka olahan pisang untuk usaha ini mungkin udah banyak yang memulai terlebih dulu, mulai dari yang besar hingga yang kecil atau mikro. Namun apa salahnya untuk mencoba? Selain mudah dan nikmat, banyak juga manfaat yang terkandung dalam buah yang bakal kita jadikan olahan ini. Penasaran apa aja manfaatnya? Simak artikel ini..

 

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha Yang Kekinian

Selain kenikmatan dan kelezatan yang kita cari dalam suatu makanan atau minuman, faktor kesehatan dan manfaat bagi tubuh kita tentunya juga berpengaruh. Bayangin aja kalian makan atau minum suatu hal yang udah itu enak, lezat, sehat pula. Nikmat tuhan mana lagi yang kamu dustakan? hahaha. Pada bagian ini mimin mau jelasin ke kalian beberapa manfaat dan khasiat dari buah yang memiliki nama latin Musa Paradisiaca.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

2. Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan pati resistan dan pektin yaitu sejenis serat pada daging pada buah pisang dinilai dapat mengontrol gula darah dengan mengurangi nafsu makan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sangat bagus bagi kalian yang ingin makan tidak terlalu banyak, dengan makan sedikit nasi dan lauk diikuti dengan makan pisang setelahnya maka rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pisang juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pisang ini berfungsi sama seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pisang juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

4. Menjaga Kesehatan Kesehatan Ibu Hamil

Resiko diabetes pada ibu hamil atau biasa dikenal dengan diabetes gestasional karena kurangnya asupan tidur. Namun dengan kandungan magnesium serta triptofan dalam buah pisang dapat membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak.

Pada sisi lain meskipun belum diketahui kebenarannya, mengonsumsi pisang dalam kondisi mengandung dapat membuat janin pada ibu hamil berkelamin laki laki. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang.

5. Menjaga Kekuatan Tulang

Buah pisang juga dikenal dengan kandungannya yang kaya akan kalsium. Hal ini memnyebabkan buah ini sangat bagus untuk membantu kesehatan tulang dan menghindarkan kita dari pengeroposan tulang.

Bahkan menurut studi yang diumumkan oleh Journal of Physiology and Biokimia, buah pisang ini mengandung zat fructooligosaccharides.
Apa kegunaan zat tersebut? zat tersebut adalah karbohidrat nondigestif yang dapat menigkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

6. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Masalah kesehatan mental memanglah sedang marak dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini memiliki banyak penyebab baik internal maupun eksternal yang tidak dapat disamaratakan.

Dalam hal ini, buah pisang memiliki zat triptofan yang akan diubah dan diolah tubuh menjadi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain merubah suasana hati, zat triptofan ini juga dapat memperbaiki pola tidur bagi kalian yang mengalami susah tidur yang berpengaruh juga dalam memperburuk depresi dengan kurangnya tidur dan istirahat.

7. Membantu Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

 

Banyak juga ya manfaat dan khasiat dari buah pisang ini bagi tubuh kita, terlebih khususnya untuk ibu hamil dan kalian yang lagi menjalani program diet. Meskipun sering dipandang sebelah mata, nyatanya buah ini dapat membuktikan dirinya bahwa buah pisang ini bisa bersaing dengan buah lainnya dan mejadi primadona.

Selanjutnya kita bakal meluncur ke aneka olahan pisang untuk usaha, cekidott!!

 

Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

aneka olahan pisang untuk usaha

Bagaimana cara kalian mengolah pisang pada umumnya? dibuat menjadi gorengan? ya mungkin kebanyakan yang kita temui di hampir kebanyakan tempat ngga lain dan ngga bukan adalah pisang goreng. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga sangat cocok di lidah kita. Tapi kali ini mimin bakal kasi tunjuk ke kalian beberapa aneka olahan pisang untuk usaha bagi kalian yang ingin memulai membuka usaha.

1. Roti Pisang Banjar

Bahan:

  • 300 gr pisang kapok yang udah matang
  • 200 gr tepung terigu protein
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan hangat
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Margaris secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Banjar:

  1. Cuci bersih semua pisang dan kupas lalu potong kecil kecil dan sisihkan dulu
  2. Campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, garam, gula, telur, vanili dan santan lalu aduk hingga rata
  3. Jika dirasa udah merata, masukkan potongan pisang tadi ke dalam adonan
  4. Ambil cetakan kotak lalu oleskan margarin sedikit demi sedikit pada sisi loyang dan panaskan dengan api kecil
  5. Tuangkan seluruh adonan pisang tadi dan tambahkan beberapa potong pisang yang belum masuk di adonan tadi di atasnya dan tutup loyang atau cetakan
  6. Jangan panggang terlalu lama, jika terlihat udah sedikit mengembang segeralah angkat dan resep kali ini siap disajikan

2. Pisang Molen Jamaika

Bahan:

  • 10 buah pisang uli atau raja
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Membuat Pisang Molen Jamaika:

  1. Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket dan jangan sampai melempem
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan

3. Nugget Pisang Oatmeal

Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Membuat Nugget Pisang Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan

4.  Nugget Pisang Lumer

Bahan:

  • 4 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung terigu serba guna
  • Tepung panir secukupnya
  • Cokelat batangan secukupnya

Cara Membuat Nugget Pisang Lumer:

  1. Cuci bersih semua pisang dan belah menjadi dua bagian kemudian lubangi bagian tengah pisang dengan sumpit
  2. Setelah semuanya dilubangi masukkan coklat yang udah dipotong potong
  3. Tambahkan sedikit tepung serbaguna dan air sedikit hingga mengental
  4. Kemudian jika udah, baluri pisang dengan tepung lagi dan taburi tepung panir lalu goreng dengan minyak panas
  5. Jika warnanya udah mulai kecoklatan, segera angkat dan tiriskan lalu siap disajikan

5. Pisang Kipas Krisipi

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Pisang Kipas Krispi:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan

6. Pandan Banana Roll Cake

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang raja
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Banana Roll Cake:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track

7. Banana Pom Pom

Bahan:

  • Pisang kapok satu ikat\
  • Tepung maizena
  • Tepung terigu
  • Gula secukupnya
  • Tepung roti
  • Air secukupnya

Cara Membuat Banana Pom Pom:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih lalu potong secara horizonta; hingga berbentuk bulat
  2. Kemudian campurkan tepung terigu dan tepung maizena dengan perbandingan 3 dibanding 1, tidak lupa gula dan air secukupnya sampai menjadi adonan yang cair
  3. Sisakan sedikit tepung terigu jangan dihabiskan karena untuk membalur pisangnya nanti
  4. Balurkan potongan pisang tadi dengan sisa tepung yang disisakan tadi sambil dicelupkan ke dalam adonan yang cair lalu balurkan juga dengan tepung roti\
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu sampai minyaknya panas
  6. Jika dirasa udah panas, masukkan pisang dan goreng hingga warnanya kuning keeamasan lalu angkat dan tiriskan

8. Nogosari

Bahan:

  • Pisang raja secukupnya
  • 200 gr tepung beras
  • 100 gr tepung tapioka
  • 800 ml santan kering
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 130 gr gula pasir
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Nogosari:

  1. Cuci dan bersihkan pisang lalu kupas semuanya
  2. Kemudian rebuslah santan, gula pasir, daun pandan, dan garam hingga aromanya wangi
  3. Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dalam larutan santan tadi lalu aduk terus hingga adonan tidak bergerindil
  4. Angkat adonan dan siapkan daun pisang dan letakkan adonan ke dalam daun pisang dan beri pisang di atasnya lalu timpa lagi dengan adonan tadi kemudian gulung serta lipat kedua sisinya yaitu atas dan bawah
  5. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga sekiranya matang kemudian dinginkan sebelum disajikan agar dapat bertahan sedikit lebih lama

 

Itulah beberapa resep olahan pisang yang bisa kalian coba coba di rumah atau kalian juga bisa baca resep es buah untuk jualan jika kalian tertarik untuk membuka usaha ini. Resep yang mimin bagiin ini juga udah beberapa yang mimin cobain di rumah dan hasilnya emang ngga ada lawan dah pokoknya.

Mimin juga tertarik untuk membuka usaha dengan aneka olahan pisang ini dan mimin bakal bahas sedikit tentang peulang usaha ini.

Peluang Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Semakin majunya jaman seperti sekarang ini, perkembangan di bidang usaha kuliner emang bagaikan angin yang ke sana kemari tanpa arah. Sedikit peluang dan banyak resiko tentunya adalah makanan sehari-hari bagi para pengusaha yang bergerak di bidang ini.

Tak terkecuali di bidang kuliner olahan pisang ini. Seperti kita ketahui bersama di Indonesia sendiri ada brand besar yang bergerak di bidang olahan makanan ini. Ya, Sankpisank milik mas Kaesang putra presiden Jokowi. Usahanya terbilang lumayan sukses dengan brandingnya yang sederhana serta sejalan lurus dengan rasanya.

Mimin juga bakal ngasih tau kalian beberapa hal tentang merintis usaha dengan memanfaatkan olahan pisang ini.

Kelebihan Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Kelebihan di sini mimin lihat dari bagaimana marakny amakanan makanan kekinian yang saling berlomba lomba menjadi yang terbaik, sehingga siapa yang lebih inovatif dan kreatif maka dia lah yang memenangkannya. Dengan modal resep yang mimin bagikan di atas sangat tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk membuka usaha olahan pisang ala ala ini.

Dimulai dari rasa yang dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, serta kalian bisa banget menggunakan packaging ala vacuum sealer yang dapat membuat hasil olahan kalian keliatan lebih kece dan tentunya lebih awet.

Segmen Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Makanan olahan yang satu ini juga multi segmen di mana kalian bisa mergatekan siapa pun dalam pangsa pasar kalian, dari mulai yang muda sampai tua hingga berbagai kelas ekonomi pun tidak ada kendala. Karena makanan olahan yang berbahan dasar pisang ini adalah jenis buah khas Indonesia.

Kelemahan Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Ada kelebihan ada juga kelemahan atau kekurangan. Seperti yang mimin bilang tadi, jaman sekarang ini adalah jaman permainan industri kreatif. Di mana selain kalian dituntut untuk menciptakan rasa yang nikmat dan lezat, kalian juga dituntut untuk kreati dalam segala bidang yang akan dilewati oleh si olahan pisang ini.

Mulai dari segi marketing dan promosi, cara pemesanan, hingga packaging seperti yang udah mimin jelasin di atas. Ya meskipun masih banyak faktor dan aspek lainnya yang dapat membuat produk kalian bersaing di industri kreatif. Anda juga bisa membungkusnya dengan di bantu mesin vacum sealer.

The post Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha Yang Kekinian appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Cara Buat Sop Buah Antimainstream Ini Bakal Buat Kamu Ngiler https://vacuumsealer.id/cara-buat-sop-buah/ Mon, 21 Sep 2020 14:10:26 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=1217 Pernah ngga sih kalian penasaran gimana cara buat sop buah? terutama buat kalian yang selama ini belum pernah bikin karena pasti beli di warungnya terus hahaha. Pada artikel kali ini mimin bakal ngasih tau kalian yang kepo dengan resep es buah untuk jualan para penjual sop buah di luar sana. Sebelumnya mungkin di benak kalian […]

The post Cara Buat Sop Buah Antimainstream Ini Bakal Buat Kamu Ngiler appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Pernah ngga sih kalian penasaran gimana cara buat sop buah? terutama buat kalian yang selama ini belum pernah bikin karena pasti beli di warungnya terus hahaha. Pada artikel kali ini mimin bakal ngasih tau kalian yang kepo dengan resep es buah untuk jualan para penjual sop buah di luar sana.

Sebelumnya mungkin di benak kalian banyak pertanyaan tentang perbedaan antara sop buah dan dan buah? Sama mimin pun dulu bingung kenapa mesti berbeda namanya padahal isi di dalamnya sama-sama terdiri dari buah-buahan.

Namun, nyatanya memang kedua makanan yang sama-sama terbuat dari bahan dasar buah ini memiliki sedikit perbedaan yang lumayan membuat kalian menggumam, “Ohhh hmm..”.

Perbedaan Sop Buah Dan Es Buah

Sop buah dan es buah ini sebenarnya memang benar-benar berbeda dan dua hal yang berbeda. Banyak yang bertanya dimana bedanya dan bahkan menjadikan ini sebagai topik perdebatan wkwkwk. Padahal jika kalian perhatikan baik-baik ada perbedaan yang mencolok antara es buah dan sop buah.

Warna yang berbeda antara es buah yang lebih mengarah ke warna bening dan sop buah yang hampir kebanyakan berwarrna merah muda karena campuran dari sirup dan susunya sendiri. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa buah yang terdapat di dalamnya pun juga ada sebagian yang berbeda tetap saja banyak yang sulit sekali membedakan kedua dessert ini.

 

Sop Buah Menurut Kesehatan

Tak dapat dipungkiri sebenarnya sop buah ini adalah makanan yang menyehatkan, terlebih dengan isian berbagai macam buah di dalamnya. Namun perlu diperhatikan kembali bahwa sirup dan susu yang menjadi bahan tambahan pada sop buah ini tidak boleh berlebihan, mengingat kadar gula yang terdapat pada sirup dan susunya yang sangat tinggi.

Selama penggunaan bahan tambahan atau pemanis seperti susu, sirup, atau bahkan bahan lain yang mengandung kadar zat gula yang tinggi ini tidak berlebihan atau melebihi batas yang dianjurkan, sop buah akan menjadi makanan penutup maupun maupun pelepas dahaga yang sehat dan menyegarkan

 

Manfaat Beberapa Buah Dari Sop Buah

cara buat sop buah

Beragam buah yang terdapat di sop buah ini ini memiliki berbagai kandungannya masing yang bakal mimin jelasin di bawah ini, mulai dari yang kaya akan vitamin, mineral dan serat hingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Berikut ini di bawah adalah buah-buah yang sering dipakai dalam pembuatan sop buah.

1. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

2. Anggur

Pada urutan kedua ada anggur yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain menyegarkan, buah yang mengandung banyak air dan berkulit tipis ini memiliki antioksidan dan antiradang yang berguna melawan dan membantu mencegah terjadinya pengeroposan pembuluh darah kapiler.

Anggur yang selama ini kita tau hanya sebagai pelengkap ketika makanan pencuci mulut datang ini ternyata diam-diam membantu tubuh kita dalam melancarkan aliran darah, membersihkan racun, menghentikan pendarahan dan memperkuat imun tubuh terutama saluran pencernaan.

3. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

4. Pepaya

Pepaya ini sangat dikenal untuk kalian yang sering mengalami masalah dalam saluran pencernaan, Itu adalah hal yang cukup masuk akal karena pepaya ini meliki zat papain yang senantiasa membantu saluran pencernaan kita dengan memecah protein.

Buah yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai alternatif ketika sembelit ini juga dapat menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh kalian.

Bagaimana tidak? Buah pepaya ini meliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, yakni sebesar 33%. Hal tersebut membuat pepaya menjadi primadona bagi mereka yang sedang dalam masa recovery ketika sedang sakit.

5. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

6. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

 

Itulah tadi manfaat dari beberapa buah yang biasanya menjadi sajian di sop buah buatan warung maupun homemade. Lumayan menambah pengetahuan bukan? Kali ini kita akan menuju ke bagian yang udah kalian tunggu yaitu cara buat sop buah, cekidott!!!

 

Cara Buat Sop Buah

cara buat sop buah

Kali ini mimin bakal bagiin beberapa cara buat sop buah andalan mimin yang bisa banget kalian coba di rumah buat ngisi waktu luang selama #DiRumahAja so letsgooo….

1. Resep Cara Buat Sop Buah Segar

Bahan-Bahan:

  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 2 buah strawberry
  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan sirup cocopandan
  • 2 gelas air mineral
  • Es batu secukupnya

Cara Buat Sop Buah Segar:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas kemudian bersihkan lagi hingga terlihat menarik
  2. Potong dan rajang buah dengan potongan kecil ataupun besar sesuai selera kalian
  3. Siapkan wadah, bisa juga mangkuk atau gelas besar. Masukkan air, susu kentl manis, dan sirup cocopandang tadi dan aduk hingga merata semua
  4. Kemudian masukkan potongan buah yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang berisi air tadi dan tambahkan es seuckupnya atau sesuai selera
  5. Voila sop buah yang pertama udah jadi

2. Resep Cara Buat Sop Buah Alpukat Mutiara

Bahan-Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara Buat Sop Buah Alpukat Mutiara:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa sop buah alpukat mutiara siap disajikan

3. Resep Cara Buat Sop Buah Jelly

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 2 potong semangka
  • 2 potong melon
  • 5 buah anggur
  • 1 Nutrijel anggur
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Daun pandan
  • Sirup(opsional)

Cara Buat Sop Buah Jelly:

  1. Cuci bersih semua buah yang ada kemudian lakukan pengupasan
  2. Potong-potong buah dan jelly yang sudah jadi dan taruh dalam sebuah wadah
  3. Masak santan hingga setengah mandidih, sambil memasukkan garam gula, garam, dan daun pada secara bersamaan lalu aduk terus hingga merata dan mendidih agar santannya tidak pecah
  4. Setelah dirasa cukup matang, dinginkan adonan tadi dan tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan adonan ini ke wadah yang berisi buah dan potongan jelly tadi
  5. Simpan di dalam kulkas agar mendapat hasil yang maksimal dan sop buah jelly siap disajikan

4. Resep Cara Buat Sop Buah Serbat Mangga

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air matang
  • Es batu secukupnya
  • Selasih secukupnya

Cara Buat Sop Buah Serbat Mangga:

  1. Larutkan 4 sendok makan gula pasir dengan 150 ml air matang hingga gulanya bercampur
  2. Sembari menunggu gula larut, kita cuci dulu mangga dan kupas sampai bersih. Setelah itu seperti biasa kita potong sesuai selera dan taruh di dalam wadah
  3. Masukkan selasih ke dalam wadah yang berisi potongan mangga
  4. Setelah larutannya tadi udah tercampur dengan sempurna, sekarang angkat dari kompor dan tuang ke dalam wadah yang berisi potongan mangga dan selasih
  5. Tambahkan es batu secukupnya dan sop buah mangga serbat kali ini siap disajikan

5. Resep Cara Buat Sop Buah Nangka

Bahan-Bahan:

  • 25 gram sagu mutiara
  • 150 gram kelapa muda yang udah diparut
  • 1 buah alpukat
  • 5 buah nagka
  • 200 gram susu kental manis
  • Es serut secukupnya
  • 450 gram gula pasir
  • 350 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh pewarna makanan merah muda
  • 2 lembar daun pandan

Cara Buat Sop Buah Nangka:

  1. Larutkan gula pasir, santan, garam, pewarna makanan, dan 2 lembar 2 salam kemudian rebus hingga mendidih
  2. Selagi menunggu mendidih, kita bersihkan buah-buahan tadi dan mencucinya kemudian potong dan rajang sesuai selera kalian
  3. Setelah semua bahan utama tadi dirajang, coba untuk menatanya dalam suatu wadah
  4. Masukkan es serutnya ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi dan tuangkan susu kental manis
  5. Setelah campuran larutannya tadi mendidih, dinginkan sebentar lalu kemudian siram ke wadah yang berisi buah dan es serut tadi
  6. Voila sop buah nangka siap disajikan

6. Resep Cara Buat Sop Buah Yoghurt

Bahan-Bahan:

  • 1 buah apel
  • 1 buah pir
  • 5 butir buah anggur
  • Nata de coco secukupnya
  • Jelly secukupnya
  • 1 botol yoghurt kemasan sedang

Cara Buat Sop Buah Yoghurt:

  1. Cuci bersih buah apel, anggur dan pir kemudian kupas dan potong-potong sesuai selera
  2. Siapkan wadah untuk menaruh rajangan buah di atas tadi. Jika sudah masukkan nata de coco dan jelly ke dalam wadah tersebut
  3. Tuangkan yoghurt ke dalam wadah tadi dan aduk perlahan hingga merata
  4. Kemudian tambahkan es batu sesuai selera kalian dan sop buah yoghurt kali ini siap disajikan

7. Resep Cara Buat Sop Buah Susu

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Buat Sop Buah Susu:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan sop buah susu kali ini siap dinikmati

8. Resep Cara Buat Sop Buah Soda

Bahan-Bahan:

  • 500 gram buah mangga
  • 500 gram buah pepaya
  • 600 gram buah nanas
  • 500 gram buah apel
  • 700 gram buah pir
  • 400 gram buah naga
  • 400 gram buah mangga
  • 350 gram kolang kaling
  • 250 gram gula pasir
  • Sirup cocopandan
  • 1 liter soda
  • Es batu secukupnya

Cara Buat Sop Buah Soda:

  1. Cuci dan bersihkan kolang kaling sampai bersih kemudian rebus kolang kaling sampai empuk
  2. Sambil menunggu kolang kalingnya matang, kita cuci semua buah dan kupas hingga bersih kemudian potong kecil sesuai selera
  3. Siapkan wadah atau mangkuk dan masukkan semua potongan buah tadi bersama dengan soda dan es batu
  4. Setelah kolang-kaling dirasa cukup empuk dan matang, segera angkat dan tiriskan, kemudian tunggu hingga dingin
  5. Jika kolang kaling sudah dingin masukkan ke dalam mangkuk yang udah berisi buah dan soda
  6. Jangan lupa tambahkan sirup cocopandan di atasnya dan voila sop buah soda siap disajikan

9. Resep Cara Buat Sop Buah Aroma Cengkeh

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas
  • 200 gram kolang kaling
  • 1/2 buah melon
  • Buah semangka sesuai selera
  • Buah pepaya sesuai selera
  • 2 buang cengkeh
  • 340 ml air jeruk nipis
  • 200 gram gula pasir
  • 1500 ml air
  • Nata de coco secukupnya
  • Es serut sesuai selera

Cara Buat Sop Buah Aroma Cengkeh:

  1. Cuci bersih dan kupas semua buah-buahan kemudian potong secara dadu terkecuali buah nanas yang dipotong segitiga dan buah melon yang dipotong bola
  2. Rebus air, gula, air jeruk nipis dan cengkeh sampai beraroma harum
  3. Masukkan buah nanas dan kolang kaling kemudian rebus hingga mendidih
  4. Jika dirasa sudah cukup mendidih, angkat buah nanas dan kolang kaling tadi kemudian biarkan air rebusan gula dan cengkeh ini dingin
  5. Taruh nanas dan kolang kaling ini dalam sebuah mangkuk dan tambahkan juga buah semangka, buah pepaya, buah melon, dan nata de coco
  6. Setelah dirasa cukup dingin, tuangkan adonan air dan cengkeh ini tadi ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan es serut dan siram dengan sirup
  7. Dan sop buah unik yang satu ini siap untuk disantap

 

Itulah kedelapan resep cara buat sop buah yang bisa kalian coba di rumah dan sangat tidak menutup kemungkinan juga jika kalian ingin membuka usaha sop buah ini.

Peluang Usaha Sop Buah

Memang sudah banyak sekali yang membuka usaha sop buah ini, namun tidak menutup kemungkinan juga bagi kalian yang ingin mencoba masuk ke dalam lubang usaha ini. Jelas tidak ada kata terlambat dalam memulai usaha.

Kalian bisa menginovasi sop buah kalian atau membuat branding baru dari sop buah yang konvensional. Misalnya kalian menjual sop buah ini dengan nama brand kalian atau dengan embel-embel resep kalian nih.

Kalian bisa bikin sop buah ini dengan konsep frozen food yang lagi ramai sekarang ini, dengan menggunakan packing ala vacuum sealer dapat dipastikan produk kalian bisa awet dan bertahan lama di mesin pendingin.

 

Sekian artikel kali ini yang bisa mimin bagikan ke kalian semoga berguna dan bermanfaat terlbih buat kalian yang mau buka usaha sop buah dengan resep yang berbeda:D. Tengkyuu fellass xoxo!

The post Cara Buat Sop Buah Antimainstream Ini Bakal Buat Kamu Ngiler appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Ala Ala https://vacuumsealer.id/cara-membuat-manisan-pepaya-kering/ Mon, 21 Sep 2020 12:02:11 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=1231 Manisan memang banyak jenisnya, tergantung juga pada buah apa yang dijadikan bahan dasarnya. Ada manisan salak, manisan mangga dan lain sebagainya. Namun, olahan buah yang satu ini emang ga ada lawan, apalagi buat kalian pecinta manisan. Mimin yang gabut ini bakal ngasih kalian para pecinta buah pepaya maupun penggila manisan buah ini yaitu ilmu cara […]

The post Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Ala Ala appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Manisan memang banyak jenisnya, tergantung juga pada buah apa yang dijadikan bahan dasarnya. Ada manisan salak, manisan mangga dan lain sebagainya. Namun, olahan buah yang satu ini emang ga ada lawan, apalagi buat kalian pecinta manisan. Mimin yang gabut ini bakal ngasih kalian para pecinta buah pepaya maupun penggila manisan buah ini yaitu ilmu cara membuat manisan pepaya kering yang bikin kalian gatel tuk bereksperimen hahaha. Cara yang bakal mimin bagiin kali ini simple banget dan ngga cuma satu resep doang tentunya.

Tapi sebelum mulai ke cara membuat manisan pepaya kering, mimin bakal sedikit membahan fakta-fakta menarik dari buah pepaya dan manisan itu sendiri, seperti apa kirakira? ikutin mimin terus yaaa hihihi.

 

Sejarah Manisan

Memang masih menjadi hal yang kabur dan simpang siur perihal darimana sebenarnya manisan ini berasal. Saling klaim pun tak terelakan antara kaum A, kaum B, dan kaum yang lainnya. Saling menunjukkan bukti masing-masing bahwa manisan tersebut berasal dari nenek moyangnya.

Di Indonesia sendiri, manisan ini dimulai dari daerah Cianjur pada tahun 1950 dari suatu etnis yang lumayan besar di Indonesia. Dengan resep dan racikan yang sangat mudah didapatkan serta cara membuatnya yang dapat dipelajari dengan mudah, tidak menutup kemungkinan dan memang akhirnya makanan atau camilan ini terus bertahan sampai di jaman sekarang ini.

Berbeda dengan manisan yang ada di tanah arab dan timur tengah sana. Selain perbedaan nama, juga cara dalam pembuatannya yang mana kalo di timur tengah, manisan ini diberi nama candied fruit yang berasah dari bahasa Arab yang bermakna “dibuat dari gula”.

Manisan di sana dibuat dengan cara berbeda, jika di Indonesia sendiri buah pada manisan sengaja direndam di dalam racikan air manisan itu sendiri, sementara di timur tengah sendiri manisannya diangkat dari air rendaman gula atau racikannya dan dibiarkan mengering hingga mengkristal agar bumbu di racikannya meresap ke dalam buah.

Seperti itulah sedikit kurang lebih sejarah perjalanan manisan sampai sekarang ini, meskipun berbeda semuanya memiliki daya tariknya masing-masing tanpa harus saling menjatuhkan hehehe. Kali ini kita bakal membahas tentang manfaat dan khasiat yang tergantung pada buah yang satu ini so lets gooo.

 

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

cara membuat manisan pepaya kering

Namanya juga buah udah pasti mengandung manfaat dan khasiat yang sangat dibutuhkan oelh tubuh kita ya ngga? selain menjaga keseimbangan kesehatan dan imun tubuh, ada berbagai macam juga manfaat khasian lainnya yang bakal mimin share di bawah ini jadi pantengi terus yaaa.

1. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Sebagai buah dengan inisiasi vitamin C terbanyak, dengan kita mengonsumsinya secara cukup maka pepaya akan membantu sistem imunitas denganvitamin C kandungannya. Dengan meningkatkan sistem imunitas ini kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Apalagi dalam masa pandemi seperti ini di mana kita perlu asupan vitamin c yang cukup untuk selalu menjaga kestabilan tubuh kita agar terhindar dari virus covid.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung

Belum banyak yang tau kalo pepaya ini mengandung likopen. Apa itu likopen? likopen adalah senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang berwarna merang dan kuning, terlebih kuning tua. Zat ini yang sebenarnya membuat buah-buahan menjadi berwarna seperti itu.

Likopen ini dapat menurunkan kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan LDL(Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan bibit kelesterol baik(High Density Lipoprotein)dalam saluran darah dengan minimal mengkonsumsi setidaknya 40 sampai 50mg per hari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

5. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

7. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

 

Banyak sekali bukan manfaat dari buah yang satu ini? Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang kalo mimin sebutin satu-satu nanti ngga sampe-sampe di resepnya hahaha. Okelah kalo begitu sekarang kita meluncur ke resepnya.

 

 

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

cara membuat manisan pepaya kering

Membuat manisan pepaya kering ini ngga susah suah banget kok, apalagi perlu keahlian khusus. Cukup kalian nyimak aja step by step yang bakal mimin bagiin and cekidottt!!

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

Manisan ini dapat bertahan cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 bulan tanpa perlu bahan pengawet tambahan.

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih

Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

4. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

5. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili

1 sendok makan kapur siri

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples

 

 

Itulah kirakira beberapa cara membuat manisan pepaya kering dan cara mengolahnya secara baik dan benar. Bisa banget kalian coba dengan bahan bahan yang mudah didapatkan dan murah tentunya. Tapi pernahkah kalian berpikir tentang membuka ladang bisnis dari manisan pepaya kering ini? Mari kita ulas bersama hihihi.

Peluang Usaha Manisan Pepaya Kering

Melirik pangsa pasar di sektor manisan kali ini memang rasanya udah banyak sekali yang memulai usaha ini dari yang kaki lima, empat, tiga, hingga restoran bintang lima. Dengan segala menu variatif dan olahan yang mungkin terlihat lebih menarik. Saling berlomba dalam membuat brandingnya masing-masing bukanlah hal baru.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, tidak memungkiri banyak yang banting stir menjadi pengusaha kecil-kecilan untuk menambah pundi-pundi rupiahnya atau sekedar karena iseng iseng berhadiah. Inilah celah kalian untuk memulai, dengan resep dan cara pengolahan yang berbeda serta dengan packing yang menarik dengan menggunakan vacuum sealer.

Kalian bisa berinovasi dengan resep yang udah mimin bagiin ke kalian, dengan tambahan embel-embel yang menarik untuk menggaet pelanggan kalian ntah dengan kekuatan media sosial atau bantuan teman-teman kalian dalam membantu mengiklankan.

Keawetan Manisan Pepayan Kering

Saalah satu faktor yang membuat usaha ini resikonya dan keuntungannya besar adalah dari segi ketahanannya yang bisa mencapai sebulan lebih. Ngga seperti makanan atau minuman yang bersifat basah dan mudah kadaluarsa, manisan yang terdapat pada resep di atas memiliki ketahanan yang lumayan membantu kalian untuk menjaga stok. Tanpa perlu menggunakan pengawet tambahan yang berbahan kimia.

Target Pasar Manisan Pepaya Kering

Jelas ini target yang bervariasi alias multi target. Manisan pepaya ini dapat dinikmati semua kalangan dari yang muda sampai tua, juga kalangan ekonomi manapun. Inilah salah satu keuntungan dan senjata kita dalam membuka usaha manisan pepaya kering.

Bahan-Bahan Yang Mudah Didapat

Tak bisa dipungkiri memang bahan-bahan dalam pembuatan manisan ini dapat kita temui hampir di semua tempat dan bukan merupakan bahan yang langka, mulai dari buah pepayanya sendiri serta bahan dan alat yang digunakan untuk mengolahnya menjadi manisan tersebut.

 

Jadi sekarang kalian tertarik untuk membuat usaha manisan? kalo iya selamat jiwa enterpreneur kalian emang ngga bisa diragukan lagi wkwkwk. Atau kalian mau nyoba dulu bereksperimen dengan resep di atas? boleh banget gais terserah kalian aja hahaha yang penting tetap jaga kondisi kalian ya jangan lupa pake masker kalo mau keluar beli bahan-bahannya tadi, goodluck fellas!! xoxo

The post Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Ala Ala appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Bingung Ngolah Rambutan? Yuk Coba Resep Manisan Rambutan! https://vacuumsealer.id/resep-manisan-rambutan/ Thu, 17 Sep 2020 11:42:44 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=1204 Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis ini memang selalu menjadi solusi dikala sedang berkumpul dengan temen-temen.Selain hampir di setiap rumah ada pohon nya terutama di pedesaan, rambutan memang selalu menjadi idola. Tapi pernahkah kalian nyoba resep manisan rambutan? Kalo belum, kalian bisa pantengin artikel ini karena mimin bakal share resep nya ke kalian. […]

The post Bingung Ngolah Rambutan? Yuk Coba Resep Manisan Rambutan! appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis ini memang selalu menjadi solusi dikala sedang berkumpul dengan temen-temen.Selain hampir di setiap rumah ada pohon nya terutama di pedesaan, rambutan memang selalu menjadi idola. Tapi pernahkah kalian nyoba resep manisan rambutan? Kalo belum, kalian bisa pantengin artikel ini karena mimin bakal share resep nya ke kalian.

 

Asal Usul Rambutan

Seiain di Indonesia, rambutan juga banyak didapati di negara-negara tropis seperti di daerah Asia sebelah tenggara tepatnya, serta di hutan-hutan pedalaman seperti hutan hujan. Buah yang selalu menjadi primadona ini seakan tak dapat tergantikan sebagai ujung tombak dalam menyambut tamu yang memang biasanya terdapat di meja tamu.

 

Rambutan Untuk Kesehatan

resep manisan rambutan

Jangan salah meskipun rambutan terlihat jenis buah yang biasa aja, rambutan tetaplah buah yang memiliki banyak manfaat terutama bagi kita dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Rambutan juga seringkali dijadikan untuk bahan dasar obat-obatan non medis atau yang sering kita dengar herbal.

Tanpa bahan kimia yang neko-neko, mimin pikir pun rambutan better dijadikan obat alternatif tanpa adanya efek samping dan kerusakan ginjal karena terlalu sering minum obat-obatan. Selain itu ada beberapa manfaat juga yang terdapat di rambutan yang akan mimin spill di bawah ini.

1. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Seperti yang udah mimin sebut di atas tadi, dengan berkurangnya kita minum obat-obatan yang mengandung berbagai bahan kimia, kita sudah membantul fungsi organ ginjal kita. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna merah mecolok ini juga memilik kandungan mineral yang lumayan banyak yang berfungsi membantu pencegahan penggumpalan kristal atau sering kita ketahui dengan batu ginjal. Rambutan juga memiliki fosfor untuk membantu menyaring racun dalam ginjal.

2. Mengatasi Penyakit Diabetes

Dalam sebuah penelitian di salah satu negara dengan populasi terbanyak, rambutan dipercaya memiliki zat dan kandungan fenolik yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah serta glukosa pun menurun.

Di sisi lain terdapat fakta mengejutkan dan mungkin sedikit menggelikan bagi kita semua, dimana biji rambutan juga dapat melawan diabetes dengan merebus biji nya dan meminum air seduhan nya yang pahit tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Dengan kandungan serat serta mineral yang tinggi, rambutan terbukti ampuh untuk menunrukan berat badan. Rambutan akan melancarkan saluran pencernaan kita sehingga membantu mengeluarkan sisa kalori yang mengendap di alam tubuh.

Selain itu, buah ini tergolong buah yang dapat dikategorikan mengenyangkan atau bisa dijadikan sebagai pengganjal perut, sehingga ketika mengonsumsi buah ini kita tidak mudah haus dan lapar setelah nya.

5. Mengatasi Kencing Manis

Salah satu keuntungan dari biji yang pahit di sini adalah juga untuk membantu mencegah serta mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit yang disebabkan karena saluran kemih yang bermasalah ini pun masih sering menjadi momok.

Dengan meminum air seduhan biji rambutan yang terkenal pahit ini dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit kencing manis ini.

6. Menguatkan Tulang

Seperti yang mimin sebutkan di atas tadi bahwa rambutan memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu pembentukan serta penguatan tulang. Terlebih bagi usia pertumbuhan yang sedang membutuhkan banyak zat fosfor.

 

Rambutan Untuk Kecantikan

Selain memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan, rambutan juga memiliki berbagai manfaat juga dalam hal kecantikan yang akan mimin share di sini.

1. Mencerahkan Wajah

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat rambutan sangat worthy untuk mencerahkan kulit dengan cara memakai nya sebagai masker. Pada bagian ini kulit rambutan akan menunjukkan keahlian nya dalam mencerahkan wajah dan membuat lebih glow up.

Cukup dengan mencuci bersih kulit rambutan kemudian menghaluskan nya dengan blender maka voila jadilah masker kulit rambutan yang siap mencerahkan kulit mu,

2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Selain dapat mencerahkan wajah, kandungan vitamin C yang terdapat di buah rambutan ini dapat membantu kalian terutama cewek-cewek nih yang mau terlihat awet muda dan tetap seger.

Kandungan vitamin C dalam buah rambutan ini bakal menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dari yang nampak jelas sampai yang ngga terlihat. Terutama keriput yang menjengkelkan serta garis halus yang terlihat mengganggu.

3. Membantu Menutrisi Kulit

Cantik luar dalam itu perlu, bukan hanya dari perawatan ke salon yang menggunakan bahan kimia tapi juga dengan mengonsumsi buah rambutan ini tentunya untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam.

4. Menutrisi Kulit Rambut

Kalo kamu memiliki masalah dengan rambut dan dan kulit kepala mu, rambutan adalah jawaban nya. Buah yang mudah didapatkan ini siap membantu mu dalam menyelesaikan masalah rambut mu.

Setelah biji dan kulit buah rambutan, kini giliran daun nya yang digunakan sebagai masker rambut. Dengan cara menghaluskan daun nya tadi kemudian diaplikasikan di rambut kalian.

 

Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

resep manisan rambutan

Buah yang paling mudah ditemui selama bulan Januari hingga Maret ini pun memiliki berbagai khasiat bagi ibu hamil. Kondisi di mana sedang mengandung tentu nya membutuhkan banyak gizi serta vitamin agar ibu dan janin yang dikandung selalu sehat dan terjaga kondisi nya.

Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan khsusus nya rambutan ini, kalian yang sedang mengandung akan mendapatkan beberapa manfaat yang bakal mimin jelaskan di bawah.

1. Sumber Vitamin E

Masalah yang sering dialami kebanyakan bumil adalah masalah kulit seperti jerawat, kulit gatal dan kusam karena mungkin faktor hormon yang ngga stabil. Namun dengan ada nya kandungan vitamin E dalam rambutan maka dapat membantu bumil mengatasi masalah kulit nya ini.

2. Asupan Zat Besi Yang Terpenuhi

Selain untuk mengurangi rasa lelah pada ibu hamil, zat besi yang terkandung dalam rambutan ini juga membantu mengikat kadar hemoglobin dalam darah nya. Pada bayi nya pun juga seperti itu, di mana tumbuh kembang si bayi juga berpengaruh secara intrinsik.

3. Membantu Mencegah Kanker

Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat pada buah ini dapat membantu mencegah serta melawan kanker yang rentan menyerang ibu hamil. Antioksidan dapat menjaga sel-sel yang ada di dalam tubuh serta melawan peradangan atau tumbuh nya sel-sel liar.

4. Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Kandungan dalam buah rambutan dapat membantu detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran ibu hamil dan bayi nya.

5. Menjaga Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menghindari pembengkakan di kaki selama kehamilan, ibu hamil dapat mengonsumsi rambutan secara rutin dan teratur. Hal ini karena kandungan dari buah rambutan yang dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

 

Banyak banget kan manfaat nya? selain bisa dijadikan resep manisan rambutan, rambutan juga dapat diolah juga dengan resep es buah untuk jualan .

 

Resep Manisan Rambutan

resep manisan rambutan

Setelah sedikit roaming ke asal-usul dan manfaat dari buah rambutan, sekarang saatnya kita menuju ke resep yang pasti nya udah kalian tunggu-tunggu, jadi lesgooo!!

1. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan pertama kita mulai dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pontianak:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Potianak:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

2. Resep Manisan Rambutan Kering

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Kering:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur manisan rambutan tadi hingga mengering

3. Resep Manisan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kekinian:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Kekinian:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

4. Resep Manisan Rambutan Basah

Jika tadi ada resep rambutan kering, maka sekarang ada resep rambutan basah yang juga bisa jadi refrensi mu dalam mengolah buah rambutan ini.

Bahan-bahan Resep Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila Resep Manisan Rambutan Basah siap disajikan

5. Resep Manisan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa manisan rambutan pedas siap disajikan

6. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

Itulah resep-resep yang bisa mimin bagiin ke kalian. Bisa banget kalian coba untuk iseng-iseng pas dapet rambutan dari tetangga yang habis panen atau kalian sendiri, daripada langsung dimakan kalian bisa mengolah nya terlebih dahulu dengan resep yang mimin bagi.

 

Peluang Usaha Dari Resep Manisan Rambutan

Sebenarnya udah banyak juga yang buka usaha mikro manisan rambutan kayak gini, tapi mungkin kebanyakan dari mereka yang menjual rata-rata menggunakan resep yang sama dan udah biasa. Inilah peluang dan celah buat kalian untuk membuka usaha manisan rambutan dengan resep yang berbeda.

Mulai dari isi nya sampai pengemasan nya pun bisa kalian buat semenarik dan sebagus mungkin. Masalah isi tadi mimin udah jelasin ke kalian resep nya. Nah, untuk di sini mimin ngasih refrensi ke kalian masalah pengemasan nya. Kalian bisa memakai vacuum sealer untuk mengemas hasil manisan kalian tadi.

Selain aman dan terjamin, vacuumsealer ini juga dapat menjaga manisan rambutan kalian tadi agar tetap fresh dan awet  serta tahan lama dari manisan lain nya yang dijual di luaran sana tanpa tambahan bahan pengawt yang mengandung kimia.

 

Sampai di sini dulu artikel resep manisan rambutan kali ini, semoga kalian suka yaa. Sampai ketemu lagi di artikel dan resep-resep selanjutnya. Tengkyu fellass xoxo!!!

 

 

 

The post Bingung Ngolah Rambutan? Yuk Coba Resep Manisan Rambutan! appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Bosan di Tengah Pandemi? Coba Eksperimenkan Resep Salad Buah Satu Ini! https://vacuumsealer.id/resep-salad-buah/ Wed, 16 Sep 2020 07:51:14 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=1194 Siapa sih yang ngga kenal makanan ini? Hampir semua orang tau dan suka banget sama dessert yang satu ini. Salad buah adalah dessert yang berisi beragam buah-buahan, biasanya juga dipadukan dengan saus nya yang bermacam-macam seperti pada kebanyakan resep salad buah yang sering kita temui di luar sana. Seiring perkembangan jaman, semakin bermacam-macam dalam menggunakan […]

The post Bosan di Tengah Pandemi? Coba Eksperimenkan Resep Salad Buah Satu Ini! appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Siapa sih yang ngga kenal makanan ini? Hampir semua orang tau dan suka banget sama dessert yang satu ini. Salad buah adalah dessert yang berisi beragam buah-buahan, biasanya juga dipadukan dengan saus nya yang bermacam-macam seperti pada kebanyakan resep salad buah yang sering kita temui di luar sana.

Seiring perkembangan jaman, semakin bermacam-macam dalam menggunakan saus nya. Ada yang menggunakan mayonaise, keju bahkan mozarella sebagai sausnya. Selain rasanya yang enak, salad juga menyehatkan dan memliki berbagai manfaat serta khasiat. Mau tau apa aja manfaatnya bagi tubuh kita? Simak terus artikel ini.

Manfaat Salad Buah

resep salad buah

Selain kelezatan pada sebuah makanan, tentunya kita juga ingin mengetahui apa saja manfaat serta benefit yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut.

Terlepas dari hal apapun, makanan se enak apapun kalo ngga sehat kadang juga bikin kita worry kan? ya meskipun beberapa orang tidak peduli dengan hal ini tapi apa salahnya untuk sekedar mengetahui hal-hal yang kita konsumsi.

Berikut inilah manfaat yang kita dapatkan dari salad buah.

1. Salad Buah Untuk Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh

2. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

3. Mengontrol Berat Badan

Dengan banyaknya serat yang didapatkan dari buah-buahan yang terdapat pada salad sehingga dapat melencarkan pencernaan maka berat badan dapat dikontrol dengan baik.

4. Memiliki Banyak Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

Sebab itulah buah adalah vitamin yang paling baik dan alami tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami.

Kira-kira kurang lebih seperti itulah manfaat yang terdapat pada salad buah tersebut. Semoga dengan membaca manfaat-manfaat di atas dapat menggugah mereka yang ngga doyan buah dan bisa nyoba buah melalui salad ini.

Tanpa basa-basi lagi sekarang saatnya kita meluncur ke resep pembuatan salad buah nya.

Resep Salad Buah

resep salad buah

Pada artikel kali ini mimin bakal ngasih kalian 5 resep salad buah yang beda dari lain nya, dan bisa kalian olah dengan segala kreatifitas kalian di rumah serta dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan tentunya. Selain dapat diolah menjadi salad, buah-buah segar juga dapat dijadikan resep es buah untuk jualan juga, jadi terserah kalian mau dioalah apa aja. Cekidot!!

1. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil

Membuat sausnya:

  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalam  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

Satu resep sudah kita selesaikan, selanjutnya kita akan menuju ke resep kedua yang mana resep ini beda dari yang lain dan ngga kayak salad buah pada umumnya, yaitu salad buah naga.

2. Resep Salad Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Yeay, 2 resep sudah kita kuasai, masih ada 3 resep selanjutnya yang akan bikin kamu ngga sabar untuk segera praktek. Kalo gitu mari kita lanjut ke resep berikutnya!

3. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara membuat Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

Mudah bukan cara membutanya? hanya butuh effort yang sedikit untuk mencoba resep-resep baru seperti ini.

Pada resep selanjutnya ada terobosan baru lagi,. Penasaran? Letsgoo!!

4. Resep Salad Buah Nata De Coco

Salad buah dicampur nata de coco? hmmm emang bisa? tentu aja bisa, mari kita buktikan.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan (rekomendasi dari saya isi buah-buahan nya kali ini bisa strawberry, mangga, apel, jeruk, kiwi, anggur, melon, apel, dan pear)
  • 500 gram Mayonaise
  • 250 gram susu kental manis
  • 250 gram yoghurt
  • dan keju sesuai selera masing-masing aja deh

Cara membuat Salad Buah Nata De Coco:

  1. Cuci bersih buah dan keringkan, kemudian kupas hingga kulitnya hilamg
  2. Potong buah menjadi ukuran-ukuran kecil, bisa dipadukan misalnya dipotong dadu atau segitiga, kotak, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.
  3. Jika sudah dipotong kemudian masukkan buah-buah tersebut dalam satu wadah yang digunakan untuk disajikan nanti.
  4. Selanjutnya kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan mayonaise dan susu kental manis, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah terlihat sudah merata, bisa dimasukkan yoghurt ke dalamnya sambil sembari mengaduk hingga rata kembali.
  3. Jika sudah merata secara keseluruhan, bisa tuk segera dituangkan ke wadah penyajian yang berisi buah-buahan tadi.
  4. Untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan parutan keju di atasnya.

Sampai di sini kita sudah mempelajari 4 resep salad yang anti-mainstream. Masih kurang? tenang admin masih punya satu resep lagi hihihi.

5. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Membuat Salad Buah Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

Akhirnya selesai juga resep yang admin bagikan ke kalian. Itulah resep salad buah yang bisa kalian coba di rumah dikala bosan dengan suasana dan situasi yang mengharuskan kita agar di rumah terus seperti sekarang ini.

Analisa Menurut Mimin

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di mana aja, sangat cocok untuk bereksperimen di rumah tanpa mengeluarkan effort yang banyak.

Selain enak dan menyehatkan salad buah juga sangat worthy untuk alasan apapun, terlebih bagi kalian yang memang sedang menjaga pola makan dan ingin memulai pola hidup yang sehat dengan mengganti makanan cemilan dari yang biasa nya goreng-gorengan kayak tempe, mendoan, bakwan yang penuh dengan minyak dan lemak jahat.

Mengingat salad ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang kaya akan manfaat yang sudah admin jelaskan di atas. Terlebih di masa pandemi seperti ini, yang mengharuskan diri kita sendiri memerangi virus corona dengan menjaga kebersihan serta ketahanan imun tubuh agar selalu sehat.

Dengan mengonsumsi salad buah ini setidaknya kita sudah sedikit membantu tubuh untuk menjaga imunitas nya dalam melawan virus, serta itu juga cara dan usaha paling mudah yang bisa kita lakukan selain anjuran pemerintah untuk tetap di rumah aja dan juga himbauan untuk selalu menggunakan masker di manapun.

Peluang Usaha

Di berbagai tempat pun sekarang mulai banyak kita lihat banyak yang membuka usaha dengan basis salad.buah ini. Cukup menarik sih, tapi ntah itu nantinya apakah akan bernasib sama seperti “makanan viral di jaman nya” seperti seblak, es kepal, dan deretan makanan serta minuman yang pernah viral di jaman nya? ngga ada yang tau itu.

Tapi dengan adanya pergeseran jaman, kedepan nya nanti mungkin bakal ada inovasi-inovaasi baru dari salad buah ini, ntah itu diolah dengan resep apa. Yang jelas ngga mungkin hanya akan stuck di sini.

Mungkin kedepan nya salad buah dipacking dengan variasi-variasi yang unik, lucu dan terjamin isinya apalagi jika menggunakan mesin press seperti vacuumsealer.

Resep salad buah ini pun sebenarnya terbuat dari inovasi-inovasi dari teman-teman mimin. Yang mungkin dulu kita tau nya salad itu cuma sayuran, sekarang udah sampai dibikin segala macam model bentuk dan rasa nya.

Mimin pun udah pernah nyoba semua resep yang admin bagiin ke kalian ini dan rasanya menurut mimin the best lah pokok nya ngga ada lawan. Tapi tetep aja yang ngebuatin ibu mimin soalnya mimin ngga bisa masak hihihihi.

Sampai juga di penghujung artikel nih, mimin ngucapin terimakasih buat semua pembaca budiman yang udah nyimak artikel ini sampai bawah. Selain resep salad buah yang mimin kasih. Semoga resep salad buah yang mimin kasih bisa bermanfaat buat kalian ya.

Oh iya, kalo kalian ada resep-resep unik lainnya bisa banget buat ngasi tau mimin, mana tau nanti dibikin part 2 nya hehehe thank youu fellas xoxo.

The post Bosan di Tengah Pandemi? Coba Eksperimenkan Resep Salad Buah Satu Ini! appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas https://vacuumsealer.id/cara-mengawetkan-nugget-tanpa-kulkas/ Tue, 16 Apr 2019 14:00:43 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=789 Ga asing lagi di daerah kita makanan satu ini. Makanan ini telah banyak di jumpai di toko toko makanan terdekat di sekitar rumah kita, makanan ini cocok untuk kita semua ketika sedang berkumpul bersama teman,keluarga,teman bisnis, tetapi apakah bisa nugget di awetkan tanpa kulkas? mari simak bersama saya akan menjelaskan cara mengawetkan nugget tanpa kulkas […]

The post Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas appeared first on Vacuum Sealer.

]]>

Ga asing lagi di daerah kita makanan satu ini. Makanan ini telah banyak di jumpai di toko toko makanan terdekat di sekitar rumah kita, makanan ini cocok untuk kita semua ketika sedang berkumpul bersama teman,keluarga,teman bisnis, tetapi apakah bisa nugget di awetkan tanpa kulkas? mari simak bersama saya akan menjelaskan cara mengawetkan nugget tanpa kulkas

Pengertian Nugget

Nugget adalah salah satu makaan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini nugget ayam telah menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat.

Penemu makanan ini adalah Robert C. Baker, seorang profesor dari Universitas Cornell. Baker merupakan ahli dalam ilmu pangan dan berhasil menciptakan olahan chicken stick. Dilansir dari Grunge, pada awal mulanya, nugget dibuat dari daging ayam yang sudah tua.

Manfaat Mengonsumsi Nugget

cara mengawetkan nugget tanpa kulkas

Namun saat ini, makanan ini sudah sangat populer hingga tidak hanya anak-anak saja yang mengkonsumsinya melainkan orang dewasa juga menggemari makanan ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini sangat banyak sehingga membuat makanan ini disebut sebagai makanan yang menyehatkan.

Makanan ini memiliki kandungan asam amino, lemak, karbohidrat, beberapa jenis vitamin dan mineral yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui beberapa manfaat dan khasiat nugget ini, berikut inilah manfaatnya.

1.Sumber Energi Tubuh

Nugget mempunyai khasiat yang dapat membantu sebagai sumber energi tubuh. Energi sangatlah dibutuhkan untuk kekuatan tubuh. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalori yang terdapat di dalamnya akan bermanfaat sebagai sember energi bagi tubuh.

2.  Menunjang Aktifitas Tubuh

Nugget juga mampu menunjang aktifitas tubuh. Bagi anda yang biasa melakukan aktifitas berat maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pelengkap sarapan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu menunjang aktifitas tubuh anda sehingga membuat anda tidak mudah lelah.

3. Mengontrol Berat Badan

Jika anda mengalami masalah pada berat badan maka anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan kalori yang rendah bisa membantu anda untuk mengontrol berat badan. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsinya.

4. Menunjang Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

nugget juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Untuk usia anak-anak mengkonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mendukung sistem perkembangan tubuh, sehingga proses pertumbuhan tubuh bisa berjalan dengan efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan yang terdapat pada nugget terbukti bisa meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko pada kebutaan. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

6. Membantu Perkembangan Otak

Otak berfungsi untuk mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Untuk menjaga perkembangan otak agar bisa berfungsi dengan baik maka anda bisa rajin mengkonsumsi nugget. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu perkembangan otak.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit untuk tetap terjaga kamu bisa melakukan dengan cara yang mudah dan alami. Dengan rutin mengkonsumsi nugget akan bermanfaat bagi kesehatan kulit anda. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit anda secara alami.

8.    Membentuk Otot

Selain itu nugget juga sangat berkhasiat untuk membentuk otot pada tubuh. Kandungan nutrisi terdapat pada makanan ini bermanfaat untuk membentuk otot supaya kuat. Oleh karena itu anda bisa mengkonsumsinya untuk pembentukan otot pada tubuh anda.

9.    Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis biasanya terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan oleh tulang yang sudah mulai rapuh dan tidak berfungsi dengan baik. Untuk mencegahnya anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Beberapa kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya bisa bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

10. Baik untuk Masa Pertumbuhan

Supaya prose pertumbuhan dengan cepat dapat mengkonsumsi makanan yang baik dan juga menyehatkan. Salah satunya dengan mengkonsumsi nugget karena terdapat kandungan vitamin B yang ada di dalamnya sangat baik dan mendukung masa pertumbuhan.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Nugget

 1.Hidrogenasi Minyak

Meskipun biasanya chicken nugget dibuat dengan tambahan minyak kedelai, namun tetap saja mengandung lemak trans. Hal ini dapat membuat orang yang mengonsumsinya mengalami
obesitas.minyak yang sudah terhidrogenasi dapat menyebabkan penyakit jantung bersama dengan peradangan dalam tubuh Anda.

2. Tinggi Gula

Orang yang menderita diabetes harus menghindari konsumsi chicken nugget. Karena gula yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan hiperflikemia yang berisiko fatal bagi tubuh penderita.

3. Tinggi Lemak

Terlalu banya memakan chicken nugget berisiko menyimpan lemak dalam tubuh Anda. Lemak memang menjadi bahan bakar tubuh Anda, tapi jika terlalu berlebihan akan menyebabkan penyakit.

4. Tinggi Natrium

Jumlah natrium dalam chicken nugget sangat tinggi. 10 chicken nugget mengandung sekitar 1000 mg natrium, sedangkan seseorang hanya perlu 2000-3000 mg per hari.

Karena tidak ada kalium dalam nugget yang bisa menyeimbangkan natrium, tekanan darah Anda dapat meningkat sampai level berbahaya. (Ism). Anda bisa tahu cara membuat sosis ayam yng mudah dan enak.

Beberapa Macam Nugget dan Resep

1.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Nugget Ayam (Chicken Nugget)

cara mengawetkan nugget tanpa kulkas

Bahan-bahan:

  • Daging ayam (fillet paha) 300 g, giling halus
  • Telur ayam 3 butir
  • Tepung roti 100g
  • Terigu 100g
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Merica 1 sdt

Cara Membuat Nugget Ayam (Chicken Nugget) :

  1.  Aediakan 2 butir telur lalu kocok, kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.
  2. setelah sudah merata lalu, tuangkan tepung terigu ke wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan sesuai yang Anda inginkan. Bisa memanjang atau bulat. Tidak perlu mencetak adonan terlalu besar supaya nanti ketika digoreng dapat matang dengan sempurna.
  5. Kukus selama 15 menit.
  6. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong.
  7. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.
  8. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit.
  9. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti, kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. lumuri satu per satu nugget dalam telur lalu masukan ke tepung roti.
  10. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.
  11. Setelah usai, panaskan minyak goreng.
  12. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

2.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Nugget Ayam Sayur (nugget sayur)

Bahan-bahan:

  • Daging ayam (fillet paha) 300 g, giling halus
  • Telur ayam 3 butir
  • Wortel 1 buah, parut kasar
  • Daun bawang 2 batang, iris halus
  • Tepung roti 100g
  • Terigu 100g
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Merica 1 sdt

Cara Membuat Nugget Sayur:

  1. Kocok 2 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.
  2. Tuangkan tepung terigu ke wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus, wortel yang telah diparut kasar, dan daun bawang yang sudah diiris halus. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan sesuai yang Anda inginkan. Bisa memanjang atau bulat. Tidak usah mencetak adonan terlalu besar supaya nanti ketika digoreng dapat matang dengan sempurna.
  5. Kukus selama 15 menit.
  6. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong.
  7. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.
  8. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit.
  9. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti, kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. lumuri satu per satu nugget dalam telur lalu masukan ke tepung roti.
  10. Lalu masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.
  11. Setelah usai, panaskan minyak goreng.
  12. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

3.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Nugget Ikan Tenggiri

Bahan-bahan:

  • Daging ikan tenggiri (yang sudah tidak ada duri) 200 gram, giling halus
  • Telur ayam 2 butir
  • Tepung roti 100g
  • Terigu 50g
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Merica 1 sdt

Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas: Langkah Membuat Nugget Ikan Tenggiri:

  1. Pertama tama Kocok 1 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.
  2. Tuangkan tepung terigu pada wadah (mangkuk), kemudian campur dengan kocokan telur pertama.
  3. Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus. Aduk rata.
  4. Lalu masukkan adonan dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak.
  5. Kukus selama 15 menit.
  6. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong.
  7. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.
  8. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit.
  9. Kemudian potong nugget ikan tenggiri sesuai yang diinginkan.
  10. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. lumuri satu per satu nugget dalam telur lalu masukan tepung roti.
  11. Kemudian masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.
  12. Setelah usai, panaskan minyak goreng.
  13. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

4.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Nugget Ikan Patin

Bahan-bahan:

  • Daging ikan patin (duri sudah di hilankan) 500 g, giling halus
  • Telur ayam 2 butir
  • Tepung roti 100g
  • Terigu 50g
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Gorengan bawang 3 sdm
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Merica 1 sdt

Cara Membuat Nugget Ikan Patin:

  1. Kocok 1 butir telur, kemudian masukkan ke bawang putih yang sudah dihaluskan, bawang goreng, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.
  2. Tuangkan tepung terigu ke wadah (mangkuk), kemudian campur dengan kocokan telur pertama.
  3. Masukkan daging ikan patin yang sudah digiling halus. Aduk rata.
  4. Kemudian masukkan adonan kedalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak.
  5. Kukus selama 15 menit.

5.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Pisang Nugget

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang kepok, dilumatkan
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 2 butir telur
  • 3 sdm susu kental manis
  • vanili secukupnya
  • 175 gram keju parut
  • 1/4 sdt garam
  • 100 cc air

Bahan Pelapis:

  1. Tepung maizena, dilarutkan dengan air secukupnya
  2. Terigu secukupnya
  3. Roti secukupnya

Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas :Langkah Membuat Pisang Nugget:

  1. Campur semua bahan adonan
  2. Kukus hingga matang.
  3. Potong-potong adonan sesuai selera.
  4. lumuri dengan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air.
  5. Baluri dengan tepung roti.
  6. Panaskan minyak goreng.
  7. Goreng hingga matang kecokelatan.

6.Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas:Nugget Tempe

Bahan-bahan :

  • Tempe 1 lembar, sekitar sama dengan 500 gr tempe (kukus)
  • Telur ayam 2 butir
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • Secukupnya garam
  • Bawang polong 1 batang (dicincang halus)
  • Putih 3 siung (dihaluskan)
  • Merah 3 butir
  • Seledri 1 batang (dicincang halus)
  • Secukupnya tepung roti

Cara Membuat Nugget Tempe :

  1. Tempe dikukus lebih dulu
  2. Haluskan tempe kukus tersebut
  3. Campurkan tempe ke bumbu yang sudah halus, telur dan tepung roti
  4. Tambahkan merica bubuk, garam, bawang polong dan seledri
  5. Semua bahan diaduk menggunakan tangan sampai tercampur rata
  6. Siapkan loyang kotak yang telah dioles dengan sedikit minyak, kemudan masukkan adonan ke dalamnya.
  7. Kukus nugget hingga matang (kira-kira selama 35 menit)

Berikut ini cara mengawetkan nugget tanpa kulkas simaklah artikel berikut ini;

Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas

Kulkas dikenal sebagai tempat penyimpan makanan agar tidak mudah busuk.

Tapi, tahukah kamu kalau tidak hanya kulkas yang dapat mengawetkan makanan terutama nugget?

Tak hanya kulkas, ternyata ada salah satu benda yang bisa mengawetkan makanan terutama nugget supaya tahan lama dan tidak sepat busuk, salah satunya ialah

Vacuum Sealer

Vacuum Sealer adalah mesin yang digunakan untuk menghampakan udara, dimana udara yang dihampakan akan menyebabkan proses dioksidasi, perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa sehingga bakteri akan berkembang biak lebih lama dibandingkan dengan proses oksidasi alami. itu sebabnya Vacuum Sealer termasuk benda yang dapat mengawetkan makanan.

Demikian ulasan ulasan dari kami tentang bagaimana cara mengawetkan nugget tanpa kulkas, jika ada kesalahan atau kata kata yang kurang sopan mohof maaf.

The post Cara Mengawetkan Nugget Tanpa Kulkas appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Kue Goreng Dari Tepung Terigu https://vacuumsealer.id/kue-goreng-dari-tepung-terigu/ Sat, 06 Apr 2019 09:13:44 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=885 Hallo teman teman, apakah kalian tau kue goreng? kue goreng yang sering kita jumpai di toko toko roti ada juga kue goreng dalam kemasan makanan ringan yang di jual di warung warung.disini saya akan menjelaskan tentang kue goreng dari tepung terigu Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga […]

The post Kue Goreng Dari Tepung Terigu appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Hallo teman teman, apakah kalian tau kue goreng? kue goreng yang sering kita jumpai di toko toko roti ada juga kue goreng dalam kemasan makanan ringan yang di jual di warung warung.disini saya akan menjelaskan tentang kue goreng dari tepung terigu

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Tetapi adanya kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Makanan pokok di banyak negara Barat. Roti ialah bahan dasar dari pizza dan lapisan luar roti lapis. Umumnya roti dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi segar yang dikemas rapi dalam plastik.

Manfaat Kue Goreng

kue goreng dari tepung terigu

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Membantu anda di dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang ada di dalam makanan ini bisa menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

2. Menghasilkan Tenaga

Roti goreng dapat menjadi zat yang baik untuk tubuh terutama untuk mendorong  pembentukan tenaga. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang di perlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, semua proses ini tidak bisa dilakukan tanpa senyawa yang ada di dalam makanan ini. Senyawa tersebut bisa membantu tubuh anda di dalam mengolah energi dari kalori.

3. Pembentukan Otot

Di dalam roti goreng memiliki kandugan protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkemabangan otot. Jadi, tidak heran jika hingga makanan ini banyak digemari para biragawan sebagai makanan ringan.

4. Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan yang ada di dalam roti goreng memiliki senyawa vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat di dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang jika dipadu dengan makanan sumber sumber kalsium.

5. Dapat Mengurangi Rasa Pegal

Ternyata roti goreng memiliki kegunaan untuk kesehatan juga yang dapat menjadi salah satu obat ringan untuk menghilangkan rasa pegal. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya bahwa memiliki peranan untuk mengurangi rasa pegal pada tubuh.

6. Menjaga Tekanan Darah dan Menghindari Tekanan Darah Tinggi

Jika anda mengalami gangguan pada tekanan darah dan sering mengalami tekanan darah tinggi, ternyata roti goreng juga mampu untuk menjaga tekanan darah anda. Dengan mengonsumsi makanan ini anda bisa menghindari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Jika pikiran anda sedang kacau serta tidak bisa konsentrasi mengerjakan sesuatu yang anda kerjakan. Sebaiknya anda mengonsumsi roti goreng. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk meningkatkan fungsi otak. Sehingga anda akan bisa berpikir dengan maksimal.

8. Menyembuhkan Depresi

Selain bisa meningkatkan fungsi otak roti goreng juga memilki berbagai manfaat lain salah satunya, menyembuhkan depresi. Bagi anda yang sering mengalami depresi sangat di saranakan untuk mengonsumsi makanan ini, karena zat yang ada di dalam makanan ini dapat membuat anda merasa tenang.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit sehat serta bercahaya tentunya menjadi impian semua orang. Ternyata roti goreng ini memiliki manfaat bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa lemak yang ada di dalam makanan ini dapat mencegah jerawat serta bintik-bintik pada kulit.

10. Obat Untuk Osteoporosis dan Arthritis

Roti goreng mempunyai nutrisi yang kompleks. Tidak hanya mineral vitamin namun, juga ada nutrisi lain yang membantu memperkuat struktur tulang anda seperti senyawa kalsium. Dengan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah cukup dapat mencegah rasa nyeri sendi serta dapat membantu penguatan tulang dan otot.

Macam Macam Kue Goreng Dari Tepung Terigu

A. Cara Membuat Kue Goreng Dari Tepung Terigu

Bahan-bahan Membuat Kue Goreng

  • 450 gr terigu cakra
  • 50 gr terigu segitiga
  • 40 gr tepung sagu
  • 80 gr gula pasir
  • 50 gr susu bubuk
  • 50 gr butter
  • 40 gr margarin
  • 2 sdt ragi
  • 1 butir kuning telur
  • 225 susu cair dingin
  • Sejumput garam
  • Bahan pelengkap :
  • 1 putih telur untuk membalut roti
  • Tepung panir

Langkah Membuat Kue Goreng

  1. Campur semua bahan jadi satu dalam mixer kecuali garam, masuk terakhir segelah semua bahan tercampur rata. Saya manual, gak pakai mixer. Uleni hingga kalis elastis. Noted : susu cair diberikan dgn bertahap sedikit-sedikit. Lalu bulatkan adonan dan istirahatkan selama 30-45 menit.
  2. Timbang @50gr. Bentuk bulat. Diamkan lagi selama 10menit.
  3. Setelah 10 menit ambil adonan roti dan isi dengan isian suka2. Saya diisi dgn sayuran kentang wortel sosis yang sudah di tumis. Bentuk lonjong dan diamkan roti sampai mengembang. Balur roti dengan putih telur dan guli gkan pada tepung panir. Goreng dengan api kecil hingga keemasan. Cukup satukali balik agat tidak terlalu berminyak.
  4. Ini dia penampakkan matangnya, dan saat di powel beeuuhh lembuuttnyaaa, dan uweennak bangeett.

B. Kue Goreng Dari Tepung Terigu Isi Daging Cincang

Bahan-bahan Membuat Kue Goreng Isi Daging Cincang

Bahan untuk roti

  • 450 gram tepung cakra
  • 50 gram tepung segitiga biru
  • 40 gram tepung sagu tani
  • 80 gram gula
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdt ragi (pengembang roti)lupa saya apa namax 😂
  • 2 butir telur utuh
  • 1 butir kutel
  • 100 gram butter (boleh di mix margarin)
  • 200-250 ml susu cair dingin
  • Garam
    Bahan pelapis
  • 1 butit putrel
  • Tepung panir
    Bahan untuk isian roti
  • 300 gram daging cincang
  • iris Bawang merah
  • Bawang bombay di iris cincang
  • iris Daun bawang
  • Saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • Merica putih
  • 1 sdt lada hitam
  • Garam
  • Gula
  • Kecap manis
  • Penyedap
  • Air
  • 1 sdm tepung terigu yang di campurkan dengan sedikit air

Langkah Membuat Kue Goreng Isi Daging Cincang

Cara membuat isian

  1.  Tumis bawang bombai dan bawang merah sampai harum
  2. Masukkan daging sampai berubah warna masukkan smw bahannya dan tambahkan air NOTE :daun bawang dan larutan tepung terigu terakhiran di masukkan setelah air mulai berkurang SELASAI

Cara membuat rotinya

  1. Semua bahan di campur kecuali garam masuk terakhir kalau sudah kalis di istirahatkn 60-90 menit (di tutup ya)
  2. Kalau sudah mengembang 2x lipat di timbang 30 gram dan istirahatkn 10 menit(tanpa di tutup) masukkan isian dagingx oleskn putel dan gulingkan di tepung panir trusssss goreng

C. Kue Goreng Dari Tepung Terigu Isi Coklat

Bahan-bahan Membuat Kue Goreng Isi Coklat

  • 13 sdm terigu protein tinggi (cakra kembar)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 btr telur
  • 1,5 sdt fermipan
  • 2 sdm susu dancow
  • 4 sdm air
  • 1,5 sdm mentega
  • secukupnya ceres
  • Minyak goreng

Langkah Membuat Kue Goreng Isi Coklat

  1. Campur rata terigu,gula,fermipan,dancow,telur,air. Lalu uleni hingga rata
  2. Tambahkan mentega,uleni kembali. Diamkan selama kurang lebih 30-45 menit tutup dengan kain bersih,tunggu hingga mengembang.
  3. Jika sudah mengembang,pipihkan adonan lalu beri isian ceres sesuai selera, bentuk bulat.
  4. Goreng di api kecil agar tidak mudah gosong dan ceres dapat meleleh dengan baik, hingga berwarna kecoklatan.
  5. Siap disajikan.

D. Kue Goreng Dari Tepung Terigu Kornet Sayur

Bahan-bahan Membuat Kue Goreng Kornet Sayur

  • 1 bungkus roti tawar kupas
  • Tepung panir
  • 3 telur ayam (jika kurang bisa tambah)
  • Buncis (saya pakai 5 helai cukup)
  • Mentega
  • Kornet sapi
  • 2 wortel
  • Mayonaise

Langkah Membuat Kue Goreng Kornet Sayur

  1. Rebus buncis yg telah dipotong- potong dan wortel yg telah diparut kasar. Sisihkan
  2. Potong roti tawar sesuai selera
  3. Taruh dalam roti tawar kornet, buncis, dan wortel. Berikan mayonaise sesuai selera.tutup roti
  4. Celupkan ke dalam telur sampai rata
  5. Kemudian celupkan lagi ke tepung panir.
  6. Goreng dalam wajan yg telah ada minyak dan menteganya
  7. Sajikan dengan cabai rawit.

Kue Goreng Dari Tepung Terigu Cheetos

Bahan-bahan Membuat Kue goreng Cheetos

  • 3-4 orang
  • Roti tawar 1 bungkus
  • 1 butir telur
  • 200 gr terigu
  • Cheetos (rasa apa saja)
  • Bahan isi roti
  • Kornet
  • Keju quickmelt secukupnya (bila suka)

Langkah Membuat Kue Goreng Cheetos

  1. Kempeskan/giling roti tawar dan potong pinggirannya hingga membentuk segi empat sama sisi (bisa langsung di giling bila menggunakan roti tawar kupas)
  2. Hancurkan cheetos dengan penggiling
  3. Masukkan isian roti (kornet dan keju sesuai selera) lipat roti sehingga membentuk segitiga, rapatkan ujung-ujung roti dengan menggunakan garpu
  4. Siapkan terigu, telur yg telah dikocok, dan cheetos yg telah dihancurkan
  5. Baluri roti dengan urutan terigu, telur kemudian cheetos
  6. Panaskan minyak
  7. Goreng roti hingga coklat keemasan

Peluang Usaha Kue Goreng Dari Tepung Terigu

kue goreng dari tepung terigu

Info Usaha Kue Goreng

Usaha roti goreng juga termasuk jenis usaha yang memiliki potensi yang sangat bagus sehingga sangat sesuai dijadikan sebagai usaha jangka kedepan. Jajanan roti goreng kini menjadi sebuah jajanan yang sangat familiar di kalangan masyarakat. Cita rasa roti goreng yang nikmat juga bisa menggait minat dari banyaknya pelanggan sehingga membuat usaha roti goreng semakin diuntungkan.

Usaha roti goreng memang sangat cocok sekali dijalankan, karena usaha ini bukan termasuk usaha musiman yangmana usaha  roti goreng bisa dijalankan kapanpun waktunya. Dalam mengolah roti goreng sendiri juga tidak membutuhkan ketrampilan khusus sehingga usaha roti goreng bisa dijalankan semua orang.

Peluang usaha roti goreng yang cukup menggiurkan juga sangat sesuai menjadi pilihan bisnis yang cukup cemerlang. Roti goreng juga termasuk jenis panganan yang banyak dicari semua orang sehingga membuat usaha roti goreng cukup laris dipasaran.

Persiapan Usaha Kue Goreng

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis roti goreng juga perlu menyiapkan berbagai kebutuhan peralatan dan bahan baku utama yang dibutuhkan. Beberapa keperluan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha roti goreng juga harus dipersiapkan lebih dahulu supaya nanti dapat memulai bisnis roti goreng dengan lancar.

Persiapan awal usaha roti goreng bisa dilakukan dengan menyiapkan modal usaha. Modal memang cukup penting diperhatikan karena usaha tidak bisa berjalan tanpa adanya modal. Untuk modal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan usaha roti goreng juga tidak terlalu besar.

Selain itu, persiapan mengenai peralatan usaha dan bahan baku dalam membuat roti goreng. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha roti goreng diantara gerobak/etalase, wadah, panci, baskom, kompor dan tabung gas, wajan, peralatan penggoreng dan beberapa peralatan pelengkap yang lain.

Sedangkan untuk bahan baku yang dibutuhkan diantaranya tepung terigu,ragi instan, telur, minyak goreng, meses coklat, susu bubuk, margarine maupun tepung roti. Untuk mendapatkan bahan baku tersebut kini bisa didapatkan melalui toko, swalayan maupun pasar tradisional.

Penentuan Lokasi Usaha Kue Goreng

Lokasi untuk memasarkan jajanan roti goreng memang cukup penting sekali diperhatikan. Karena hal ini nantinya juga dapat menyangkut lancarnya usaha roti goreng yang Anda jalankan. Untuk lokasi yang dapat dipakai untuk menawarkan olahan roti goreng sendiri memang sangat mudah sekali didapatkan.

Karena banyak sekali tempat yang sesuai dipakai untuk berjualan roti goreng. Anda bisa membuka stand untuk menjual produk roti goreng yang berada di kawasan yang memiliki tingkat keramaian yang cukup tinggi.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mengenai keberadaan lokasi tersebut dan pastikan bahwa di tempat yang Anda pilih belum ada pesaing dari bisnis yang sama sehinga bisa membuat usaha roti gorengbisa berjalan lebih maksimal.

Beberapa tempat yang cocok dipakai untuk menjalankan usaha roti goreng mulai dari di pinggir jalan, pusat perbelanjaan, pusat kota dan di dekat alon-alon.

Penentuan harga jual Kue goreng

Roti goreng merupakan jenis panganan yang sering ditemukan di toko kue maupun pasar tradisional. Roti goreng juga termasuk jajanan yang memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga membuat banyak orang yang suka. Anda juga bisa tau cara membuat kue kering.

Menjalankan usaha roti goreng juga perlu menentukan harga jual dari roti goreng itu sendiri. Penentuan harga jual roti goreng yang tidak terlalu tinggi juga mampu membuat usaha roti goreng laris manis diserbu konsumen. Usaha roti goreng biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp. 1.500 hingga 2.000 per biji.

Pemasaran Usaha Kue Goreng

Agar bisnis roti goreng yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar tentunya diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran memang bisa dilakukan dengan cara membuat cita rasa roti goreng yang nikmat, selain itu tekstur roti gorengyang empuk juga bisa menjadi strategi pemasaran dari usaha ini.

Anda juga bisa memasarkan roti goreng dengan cara menjualnya secara langsung pada konsumen. Selain itu Anda juga dapat mempromosikan usaha roti goreng melalui jejaring sosial.

Beberapa contoh media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan promosi diantaranya twitter, instagram, whats app, bbm, line, facebook dan lain-lain. Dengan memanfaatkan media sosial juga bisa lebih memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui keberadaan bisnis roti goreng yang Anda jalankan. Anda juga bisa memaikai mesin vacum sealer untuk memulai usaha anda.

Analisa Usaha Kue Goreng

Asumsi

  • Masa penggunaan pada etalase/gerobak dalam jangka 4.5 tahun
  • Pada wadah dalam jangka 3.5 tahun
  • Panci dalam jangka 3.5 tahun
  • Baskom dalam jangka 3.5 tahun
  • Wajan dalam jangka 4 tahun
  • Peralatan penggoreng dalam jangka 4 tahun
  • Kompor dan tabung gas dalam jangka 4 tahun
  • Piring dalam jangka 3.5 tahun
  • Sendok dalam jangka 3.5 tahun
  • Garpu dalam jangka 3.5 tahun
  • Pencubit roti dalam jangka 3 tahun
  • Meja dalam jangka 4 tahun
  • Kursi dalam jangka 4 tahun
  • Loyang dalam jangka 3 tahun
  • Nampan dalam jangka 3 tahun
  • Serbet dalam jangka 3 tahun
  • Peralatan tambahan lain dalam jangka 3 tahun

Investasi

Peralatan
   Harga 
 Etalase/gerobak  Rp. 1,220,000
 Wadah  Rp. 76,500
 Panci  Rp. 99,000
 Baskom  Rp. 87,000
 Wajan  Rp. 120,000
 Peralatan penggoreng  Rp. 85,500
 Kompor dan tabung gas  Rp. 232,500
 Piring  Rp.                112,000
 Sendok  Rp. 89,000
 Garpu  Rp. 73,500
 Pancubit roti  Rp. 69,000
 Meja  Rp. 102,500
 Kursi  Rp. 89,500
 Loyang  Rp. 71,000
 Nampan  Rp. 55,500
 Serbet  Rp. 32,500
 Peralatan tambahan lain  Rp. 68,000
 Jumlah Investasi
 Rp. 2,683,000
Biaya Operasional per Bulan
   
 Biaya Tetap
   Nilai
 Penyusutan etalase/gerobak 1/54 x Rp. 1,220,000  Rp. 22,593
 wadah 1/48 x Rp. 76,500  Rp. 1,594
 Panci 1/42 x Rp. 99,000  Rp. 2,357
 Baskom 1/42 x Rp. 87,000  Rp. 2,071
 Penyusutan wajan 1/48 x Rp. 120,000  Rp. 2,500
 Peralatan penggoreng 1/48 x Rp. 85,500  Rp. 1,781
 Kompor dan tabung gas 1/48 x Rp. 232,500  Rp. 4,844
 Piring 1/42 x Rp. 112,000  Rp. 2,667
Sendok 1/42 x Rp. 89,000  Rp. 2,119
 Garpu 1/42 x Rp. 73,500  Rp. 1,750
 Pencubit roti 1/36 x Rp. 69000  Rp. 1,917
 Meja 1/48 x Rp. 102,500  Rp. 2,135
 Kursi 1/48 x Rp. 89,500  Rp. 1,865
 Loyang 1/36 x Rp. 71,000  Rp. 1,972
Nampan 1/36 x Rp. 55,500  Rp. 1,542
Serbet 1/36 x Rp. 32,500  Rp. 903
 Peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 68,000  Rp. 1,889
 Gaji karyawan  Rp. 800,000
 Total Biaya Tetap
 Rp. 856,498
Biaya Variabel
             
 Tepung terigu  Rp. 32,000  x 30  =  Rp. 960,000
 Telur ayam  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Ragi instan  Rp. 6,000  x 30  =  Rp. 180,000
 Gula pasir  Rp. 16,000  x 30  =  Rp. 480,000
 Margarine  Rp. 9,000  x 30  =  Rp. 270,000
 Susu bubuk  Rp. 12,000  x 30  =  Rp. 360,000
 Garam  Rp. 1,500  x 30  =  Rp. 45,000
 Air mineral  Rp. 6,000  x 30  =  Rp. 180,000
 Minyak goreng  Rp. 15,000  x 30  =  Rp. 450,000
 Tepung roti  Rp. 8,500  x 30  =  Rp. 255,000
 Coklat meses  Rp. 7,500  x 30  =  Rp. 225,000
 Biaya sewa tempat  Rp. 14,000  x 30  =  Rp. 420,000
 Biaya air dan listrik  Rp. 12,500  x 30  =  Rp. 375,000
 Total Biaya Variabel
           Rp. 4,500,000
Total Biaya Operasional
   
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 5,300,000
Pendapatan per Bulan
       
160  Buah  x  Rp. 1,500  =  Rp. 240,000
  240,000  x 30  hr  =  Rp. 7,200,000
Keuntungan per Bulan
         
 Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
   Rp.  7,200,000  –   5,300,000  =  Rp. 1,900,000

Oke sekian dari saya penjelasan  tentang kue goreng dari tepung terigu semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuat atau membuka usaha kue goreng, oke sekian dari saya. terima kasih

Bila anda membuat makanan didalam ruangan pastikan rungan yang anda gunakan bersih dan nyaman jangan sampai ada udara yang terkontaminasi bakteri kuman dan partikel-partikel bahaya lainya masuk kedalam ruangan, segera lakukan penyervisan AC anda dan coba gunakan vacuum sealer pres plastik. Bisa menyerviskan AC disejasajogja.

 

The post Kue Goreng Dari Tepung Terigu appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Cara Membuat Cilok Goreng Dengan Mudah https://vacuumsealer.id/cara-membuat-cilok-goreng/ Thu, 04 Apr 2019 12:51:54 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=983 Hallo kawan-kawan kalian mesti tau kan cilok, makanan ringan yang sering kita jumpai di manapun biasa banyak di sekolahan sekolahan, kalian bisa buat sendiri kok di rumah saya akan menjelaskan tentang cilok dan bagaimana cara membuat cilok goreng simak terus yaa Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan […]

The post Cara Membuat Cilok Goreng Dengan Mudah appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Hallo kawan-kawan kalian mesti tau kan cilok, makanan ringan yang sering kita jumpai di manapun biasa banyak di sekolahan sekolahan, kalian bisa buat sendiri kok di rumah saya akan menjelaskan tentang cilok dan bagaimana cara membuat cilok goreng simak terus yaa

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Cara Membuat Cilok Goreng

1. Resep Membuat Cilok Goreng

Bahan Cilok:

  • 100 gr tepung terigu
  • 2 batang bawang daun, iris halus
  • 100 gr tepung tapioka
  • 2 sdm ebi kering
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1 sdt gula
  •  ½ sdt lada putih
  • 200 ml air hangat

Bahan Saus Kacang:

  • 100 gr kacang tanah, sangrai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cabai merah
  • 4 cabai rawit
  • 1 sdt garam
  • 30 gram gula jawa
  • 250 ml air
  • 1 sdm kecap manis

Cara Pembuatan :

  1. Tuangkan kacang tanah, bawang putih, cabai dan air ke dalam blender.
  2. Haluskan.
  3. Kemudian tuang ke dalam wajan atau panci.
  4. Masukkan sisa bahan saus kacang lainnya.
  5. Masak dengan api kecil hingga mengental dan berminyak.
  6. Campurkan semua bahan untuk cilok kecuali air hangat.
  7. Tuangkan air hangat sediki demi sedikit.
  8. Uleni sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Ambil adonan cilok sebanyak 1 sdm, kemudian bulat bulat.
  10. Kemudian rebus cilok hingga mengapung.
    Tiriskan
  11. Susun cilok menggunakan tusuk sate.
    Goreng cilok hingga kering dan berwarna kecoklatan
  12. Sajikan dengan saus kacang
  • Tips: Tidak boleh menggunakan air panas, gunakanlah air hangat (hangat kuku) ketika mencampur adonan cilok.
  • Untuk memasak saus kacang, masak hingga kacang mengeluarkan minyaknya sehingga sausa kacang akan lebih terasa gurih.

Manfaat Cilok Untuk Kesehatan

cara membuat cilok goreng

Cilok adalah jenis jajanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pinggir jalan. Jajanan yang murah meriah ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga memiliki cukup banyak penggemar.

Tak disangka, cilok, cimol, cilor, dan berbagai jajanan lainnya yang terbuat dari tepung tapioka atau yang dikenal sebagai tepung kanji dan aci ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat tersebut?

  • Baik Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tepung tapioka ternyata kaya akan kandungan selenium, tembaga, mangan, besi, kalsium, asam folat, asam pantotenat, serat, hingga vitamin B6. Kandungan serat pada tepung tapioka inilah yang disebut-sebut bisa mencegah konstipasi, kanker usus besar, sekaligus melancarkan pencernaan.

  • Baik Bagi Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, zat besi, serta vitamin K dalam tepung tapioka membuat jajanan yang terbuat dari bahan ini bermanfaat bagi kesehatan tulang. Tidak hanya mencegah datanya masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis atau osteoarthritis, memakan jajanan seperti cilok juga akan membuat kita memenuhi kebutuhan protein harian lainya.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tepung tapioka ternyata tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh sehingga cukup aman untuk dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Mengkonsumsi jajanan seperti cilok yang terbuat dari tepung ini tentu akan membuat berat badan kita tetap ideal.

  • Menjaga Tekanan Darah

Kandungan kalium di dalam tepung tapioka ternyata bisa menurunkan stress pada pembuluh darah dan juga arteri. Tak hanya itu, kalium ternyata mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita.

  • Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalam tepung tapioka ternyata bisa membuat kita mencegah anemia sekaligus menjaga kelancaran sirkulasi darah.

cara membuat cilok goreng

Sudah pernah mencoba makanan yang satu ini yaitu cilok ayam? Makanan yang lezat ini mudah kita temui diberbagai lokasi.

Cilok paling enak dimakan kapan saja dan dimana saja, dengan tambahan saus sambal atau saus kacang. Peluang usaha cilok ayam ini sangat menguntungkan sekali untuk dijalankan sebab mudah dan simple dalam membuatnya. Apabila ingin menjalankan usaha cilok ayam ini maka ketahui dahulu info cilok ayam ini sebagai berikut :

Info Bisnis Cilok

Membuka usaha cilok ini membutuhkan banyak persiapan agar bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar dan baik. Jika ingin bisnis cilok menjadi lancar maka anda lakukan semua usaha cilok dengan baik. Perhatikan berbagai aspek yang ada agar semua kendala yang ada pada bisnis cilok ayam dapat berjalan dengan baik.

Hal yang perlu diketahui saat membuka usaha cilok ayam ini ialah bahan baku untuk membuat cilok ayam, peralatan usaha, proses pengolahan cilok ayam yang baik, target pasar, lokasi usaha, menentukan harga produk, strategi usaha dan sebagainya. Terdapat banyak persiapan yang harus diketahu terlebih dahulu.

Bahan Baku Bisnis Cilok

Bahan untuk membuat cilok ayam ini sederhana dan bisa dibeli dengan mudah dipasaran dengan harga terjangkau. Bahan – bahan yang digunakan sesuai takaran agar menghasilkan cilok ayam mendapatkan rasa yang pas. Bahan cilok ayam ini yaitu daging ayam, tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, merica garam, bumbu kacang dan sebagainya.

Peralatan Usaha Cilok

Supaya pembuatan cilok bisa dijalankan dengan lebih mudah dan simpel. Sediakan peralatan usaha misalnya kompor dan gas untuk memasak, baskom untuk tempat adonan cilok ayam, panci untuk memasak cilok ayam dan memasak saus, wajan, pengaduk, penghalus bumbu dan peralatan memasak lainnya.

Sedangkan peralatan pendukung yang perlu disediakan yaitu peralatan makan, tempat duduk serta meja, serta peralatan promosi. Sediakan peralatan berkualitas tinggi supaya proses produksi cilok ayam bisa berjalan maksimal.

Cara Mengolah Cilok

Membuat cilok ini sangat mudah, bahan – bahan yang telah disediakan ini dihaluskan dan dicampur menjadi satu. Kemudian bahan ini dibentuk bulat lalu direbus sampai matang. Sajikan cilok ayam dengan saus sambal supaya lebih nikmat.

Tempat Usaha Cilok Ayam

Bisnis cilok ayam bisa dijalankan dengan cara menetap ditempat atau dijual secara berkeliling. Apabila menjalankan usaha cilok ayam ini dengan cara menetap maka carilah lokasi strategis seperti dekat sekolahan, dekat kampus, dekat kantor, pinggiran jalan dan sebagainya.

Apabila dijalankan secara berkeliling maka jual pada tempat – tempat ramai seperti sekolahan, alun – alun kota dan sebagainya. Anda juga bisa tahu cara membuat orak-otak.

Strategi Usaha Cilok Ayam

Supaya produk cilok ayam disukai maka gunakan bahan – bahan berkualitas sehingga rasa cilok enak. Cita rasa cilok ayam yang enak mampu membuat siapa saja menyukainya sehingga pertahankan rasa cilok ayam yang dibuat. Pasarkan cilok ayam secara meluas agar produk cilok diketahui banyak orang.

Manfaatkan proses promosi dengan menggunakan menggunakan media social dan sejenisnya. Media social menjadi cara terbaik promosi yang gratis dan mampu mencepai target pemasaran dengan baik. untuk memulai usaha anda bisa menggunakan mesin vacuum sealer.

Contoh Analisa Usaha Cilok Ayam

Bila berminat untuk menjalankan usaha cilok ayam maka kesempatannya masih sangat besar. Jadi, simak dahulu contoh analisa usaha pada peluang bisnis cilok ayamdibawah ini :

Asumsi :

  • Mesin giling daging selama waktu 4 tahun
  • Panci selama waktu 3 tahun
  • Kompor dan gas selama waktu 4 tahun
  • Wadah selama waktu 3 tahun
  • Penghalus bumbu selama waktu 2 tahun
  • Penyaring cilok selama waktu 3 tahun
  • Piring selama waktu 3 tahun
  • Peralatan tambahan selama waktu 2 tahun

Peralatan

Harga

 Mesin giling daging  Rp. 2,000,000
 Panci  Rp. 180,000
 Kompor dan gas  Rp. 400,000
 Wadah  Rp. 100,000
 Penghalus bumbu  Rp. 500,000
 Penyaring cilok  Rp.  50,000
 Piring  Rp. 450,000
 Peralatan tambahan  Rp. 95,000
 Jumlah Investasi  Rp. 4,625,000

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap

Nilai

 mesin giling  daging 1/48 x Rp. 2.000.000  Rp. 41,666.67
 panci  1/36 x Rp. 180.000  Rp. 5,000
 kompor dan gas 1/48 x Rp. 400.000  Rp. 8,333
wadah  1/36 x Rp. 100.000  Rp. 2,778
 penghalus bumbu  1/24 x Rp. 500.000  Rp. 20,833
 penyaring cilok  1/36 x Rp. 50.000  Rp. 1,389
 piring 1/36 x Rp. 450.000  Rp. 12,500
 peralatan tambahan 1/24 x Rp. 95.000  Rp. 3,958
 Total Biaya Tetap  Rp. 96,458

Biaya Variabel

 Daging ayam  Rp. 200,000  x 30  =  Rp. 6,000,000
 Tepung  Rp. 120,000  x 30  =  Rp. 3,600,000
 Bahan sambal  Rp. 80,000  x 30  =  Rp. 2,400,000
 Bumbu cilok  Rp. 50,000  x 30  =  Rp. 1,500,000
 Gas Lpg  Rp. 22,000  x 4  =  Rp. 88,000
 Biaya listrik  Rp. 120,000  x 1  =  Rp. 120,000
 Harga biaya air  Rp. 80,000  x 1  =  Rp. 80,000
 Biaya tambahan lain  Rp. 100,000  x 30  =  Rp. 3,000,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 9,188,000

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 9,284,458

Pendapatan per Bulan

 Penjualan rata – rata =
 70  porsi  x  Rp. 5,000  =  Rp. 350,000
Rp. 350,000  x 30  hr  =  Rp. 10,500,000

Keuntungan per Bulan

 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      10,500,000  – 9,284,458  =  Rp. 1,215,542

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 4,625,000  : 1,215,542  = 4  bln

Usaha cilok ayam ini mampu menghasilkan keuntungan yang cepat dengan lama balik modal sekitar 4 bulan lamanya sesuai dengan penjualan setiap bulannya.

Selain itu, dengan melihat keuntungan yang lumayan besar maka kita harus memilki sebuah brankas yang akan digunakan untuk menyimpan semua hasil yang telah kita dapatkan tanpa takut kehilangan ataupun kecurian.

Macam Macam Cilok Serta Resepnya

1. Resep Membuat Cilok Kuah

Bahan-bahan

  • 4 sdm tepung kanji
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 bks ladaku
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 bawang putih di haluskan
  • air untuk merebus
  • 1 sdm minyak goreng
  • garam
  • 1 bks royco
  • 6 cabe rawit
  • 1 butir telur

Langkah-langkah :

  1. Panaskan air untuk rebusan cilok,
  2. Masukan tepung kanji,terigu,garam,Royco,lada,daun bawang,bawang putih halus, aduk rata tambahkan air panas sedikit demi sedikit sampe Kalis & bisa d bentuk
  3. Bulat2 cilok sampe habis lalu rebus sampe mengambang & matang,angkat & tiriskan
  4. Panaskan minyak, masukkan telur lalu orak-arik,tambahkan bawang putih & cabe rawit (di haluskan) aduk rata sampe matang & harum
  5. Tambahkan juga air matang 250 ml biarkan mendidih, lalu tuangkan cilok,garam,Royco,ladaku aduk dan cicipi rasanya.
  6. Wah sudah siap di hidangkan nih, cocok tambah kerupuk

2. Resep Membuat Cilok Isi

Bahan-bahan

Bahan Adonan Cilok :
  • 150 gram Tepung tapioka
  • 75 gram Tepung terigu
  • 2 siung Bawang putih (haluskan)
  • 1 batang Daun bawang (iris tipis)
  • Garam
  • Kaldu ayam bubuk
  • 120 ml Air panas
  • 1/2 sdt Merica
Bahan Isian :
  • 150 gram Daging ayam (cincang halus)
  • 2 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  •  Garam
  •  Kaldu ayam bubuk
  • 2 sdm Minyak Goreng
  • 75 ml Air.

Langkah-langkah :

Membuat Isian :
  1. Tumis bawang putih hingga wangi, masukan juga ayam cincang, garam, merica, kaldu ayam bubuk, setelah itu aduk kemudian beri air. Aduk dan biarkan sampai ayam matang dan air mengurang. Angkat dan sisihkan.
  2. Siapkan tempat lalu campur semua bahan cilok kecuali air panas tuangkan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. Jika adonan sudah bisa dibentuk maka jangan diberi air lagi.
  3. Pipihkan adonan, masukan isian ayam, lalu bulatkan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  4. Panaskan air, setelah itu masukan cilok, biarkan sampai semua cilok mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Cilok siap disajikan dengan cocolan sambal botol.

3. Resep Membuat Cilok Crispy

Bahan-bahan Cilok Crispy :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Ladaku 1 bungkus
  • Tepung kanji (sagu) 250 gram
  • Bawang putih 6 siung (haluskan)
  • Royco 1 bungkus
  • Tepung panir 150 gram

Bahan Isi Cilok :

  • Sosis secukupnya (potong bulat-bulat)

Cara Membuat Cilok Goreng Crispy Panir :

  1. Langkah pertama campur tepung terigu serta tepung kanji terlebih dahulu lalu ayak sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu masukkan royco, ladaku dan bawang putih. Aduk-aduk sampai merata.
  3. Selanjutnya kasih air panas sedikit demi sedikit lalu uleni adonan sampai kalis. Ambil adonan, pipihkan lalu beri potongan sosis dan silahkan bentuk bulat-bulat kecil seperti olahan bakso.
  4. Rebus adonan yang sudah di bulat-bulatkan tadi di air mendidih. Kalau cilok sudah mengapung itu tandanya cilok sudah matang dan cepat cepatlah di angkat.
  5. Langkah selanjutnya ambil beberapa sendok tepung terigu dan beri air secukupnya. Aduk merata (buat adonan ini agak kental ya).
  6. Masukkan cilok yang sudah di rebus tadi ke dalam adonan terigu. Kemudian gulingkan cilok ke tepung panir kering.
  7. Tunggu beberapa menit agar tepung panir menempel dengan baik serta cilok pun siap untuk di goreng.
  8. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cocolan saus atau mayones. Nyam, endessss!!

Adonan cilok goreng tepung panir yang saya bikin masih menggunakan adonan cilok yang dulu dengan rasa original. Jadinya krispi di luar dan masih ada tekstur empuk di dalamnya.

4. Resep Membuat Cilok Ayam

Bahan Bumbu Cilok :

  • Daging ayam giling halus 250 gram (jika menggiling sendiri di rumah, giling dengan sebagian air, sampai benar-benar halus sempurna)
  • Tapioka 350 gram
  • Tepung terigu 50 gram atau 5 sendok makan
  • Telur 2 butir
  • Air secukupnya kira-kira 150 mili liter (tuang sedikit demi sedikit saja waktu mengadon)
  • Bawang putih bubuk 2 sendok teh
  • Garam 2 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Seledri 3 batang, cincang halus

Langkah Membuat Cilok Daging Ayam :

  1. Langkah pertama masukkan daging dalam baskom, masukkan bumbu, lalu aduk-aduk sehingga daging ayam terasa lembut dan liat/kalis (jika sudah memakai air waktu menghaluskan daging, cukup aduk sampai benar-benar rata), masukkan telur kocok aduk rata, lalu beri sebagian air (jika sebagian sudah dibuat blender skip langkah ini).
  2. Selanjutnya jika adonan sudah terlihat lembut, masukkan tepung tapioka dan terigu, aduk sampai adonan seperti adonan bakso ayam. Jika masih kering tambahi sisa air, sedikit demi sedikit sampai adonan liat.
  3. Cetak adonan menjadi bulat dengan cara genggam adonan dan keluarkan melalui sela-sela jempol di atas air mendidih, rebus dengan api sedang, jika sudah mengapung biarkan beberapa saat, baru angkat dan pindahkan ke dandang yang sudah di isi air.
  4. Jika semua pentol sudah direbus dan diletakkan di dandang, kukus kurang lebih selama 20-30 menit. Angkat, cilok daging ayam siap untuk disajikan dengan sambal kacang atau saus pedas kesukaan.

5.Cara Membuat Bumbu Kacang

Bahan Bumbu Kacang :

  • Cabai rawit 10 buah
  • Bawang merah 2 butir
  • Cabai merah 5 buah
  • Kacang tahan 2 genggang (saya sangrai)
  • Bawang putih 2 siung
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Kecam manis 2 sendok makan
  • Saus cabai 2 sendok makan

Cara Membuat Bumbu Kacang Pedas Manis :

  1. Haluskan semua bahan dengan blender atau di uleg, jangan terlalu halus ya. Biar ada tekstur kacangnya.
  2. Selanjutnya panaskan minyak dan tumis bumbu kacang sampai matang.
  3. Beri garam, kecap manis dan saus cabai. Koreksi rasa, tambahkan air jika perlu, dan tambahkan bumbu sesuai selera jika di rasa ada yang kurang.
  4. Angkat, hidangkan bersama cilok yang telah matang tadi.

Jika suka, pentol ayam ini juga enak jika di sajikan dengan kuah bakso yang sedap.

6. Resep Membuat Cilok Isi Telur Puyuh

Telur puyuh di dalam cilok? Wah, ini kombinasi yang sangat menarik. Anda bisa membuatnya dengan mempraktekkan Resep Cilok Isi Telur Puyuh ini.

Bahan-bahan :

  • 200 gr tepung kanji
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 250 ml air panas

Bumbu Halus:

1. sendok teh merica
2. siung bawang putih
3. Garam secukupnya

Isi:

25 buah telur puyuh rebus, kupas

Sambal Kacang:

  • 150 gr kacang tanah, goreng2 sendok makan larutan air asam jawa
  • 8 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah
  • 100 ml air 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Cilok Isi Telur Puyuh :

1. Aduk tepung kanji, tepung terigu, bumbu halus, serta air panas. Aduk dan uleni sampai rata.
2. Ambil sedikit adonan, isi dengan telur puyuh rebus, bulatkan.
3. Panaskan air, tuangkan adonan, masak sampai matang dan terapung. Angkat serta tiriskan.
4. Haluskan kacang tanah dengan bahan dan bumbu lainnya, tumis dengan sedikit minyak, tuang air, lalu tambahkan garam secukupnya. Masak sampai matang.
5. Hidangkan cilok dengan sambal kacang atau saus sambal.

Baca juga resep siomay ikan untuk kalian yang ingin membuat siomay di situ ada banyak hal tentang siomay dan resep resepnya

Oke sekian dari kamu tentang mengenai bagaimana cara membuat cilok goreng semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuat nya atau yang ingin menjalankan usaha cilok sekian dari saya

Ketika anda membuat makanan atau minuman didalam ruangan, pastikan ruanga yang anda gunakan bersih dan nyaman, jangan sampai ada udara yang terkontaminasi kuman bakteri dan partikel-partikel yang bahaya lainya, maka lakkukan penyervisan AC anda. BIsa juga enyerviskan AC anda disejasajogja

The post Cara Membuat Cilok Goreng Dengan Mudah appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Cara Menyimpan Buah Di Kulkas Yang Benar Dan baik https://vacuumsealer.id/cara-menyimpan-buah-di-kulkas/ Tue, 02 Apr 2019 13:49:51 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=970 apakah kalian suka makan buah? jika kalian suka makan buah berarti kalian tergolong orang orang yang sehat, karena buah dapat membantu anda menjadi lebih sehat, tapi bagaimana kah cara menyimpanya agar awet dan tahan lama, mari kita simak bersama saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan buah di kulkas. Pengertian Buah Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan generasi lanjutan […]

The post Cara Menyimpan Buah Di Kulkas Yang Benar Dan baik appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
apakah kalian suka makan buah? jika kalian suka makan buah berarti kalian tergolong orang orang yang sehat, karena buah dapat membantu anda menjadi lebih sehat, tapi bagaimana kah cara menyimpanya agar awet dan tahan lama, mari kita simak bersama saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan buah di kulkas.

Pengertian Buah

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan generasi lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka macam rupa dan bentuk buah tak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan.

Pengertian buah dalam dunia pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas dari pada pengertian buah di atas dan seringkali disebut sebagai buah-buahan. Buah pada pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian petani biasa disebut buah sejati.

Tipe-tipe buah

Buah-buah itu sedemikian beragam, sehingga sukarlah rasanya untuk menyusun suatu skema pengelompokan yang dapat mencakup semua macam buah yang telah dikenal orang. Belum lagi adanya kekeliruan-kekeliruan pada pengertian biji dan buah (misal: ‘biji’ jagung, yang sesungguhnya adalah buah secara botani).

Baik buah sejati (yang merupakan perkembangan dari bakal buah) ataupun buah semu, bisa dibedakan atas tiga tipe dasar buah, yaitu

  • buah tunggal,adalah buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.
  • buah ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki beberapa bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh membentuk buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang tampak seperti satu buah. Contohnya adalah sirsak (Annona).
  • buah majemuk, yaitu jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini tercipta dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah nanas(Ananas), bunga matahari (Helianthus).

Macam Macam Buah Dan Manfaatnya

cara menyimpan buah di kulkas

1. Apel

Manfaat buah apel dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa di usus besar. Agar mendapatkan manfaat apel dengan maksimal, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Manfaat buah ini juga berguna untuk Anda yang berkeinginan menurunkan berat badan.

2. Jeruk

Manfaat buah jeruk yang berguna untuk kesehatan karena mengandung vitamin C.

Karena jeruk menjadi sumber serat yang sangat baik, jeruk juga dipercaya dapat mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, jeruk juga merangsang produksi cairan dan memperbaiki pencernaan. Bagi Anda yang menderita gangguan pada lambung, pilihlah jeruk yang tidak terlalu asam.

3. Pisang

Manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah peradangan pada lambung. Kandungan nutrisi terdapat pada pisang dapat melindungi dinding-dinding lambung yang pada akhirnya membentuk lapisan antiradang.

Selain itu, karena kandungan antioksidan di dalam pisang, khasiat buah yang bisa Anda dapatkan adalah menangkal efek kerusakan jaringan dan sel tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalan program diet, Anda harus mendapatkan manfaat buah pisang karena buah ini membuat kenyang lebih lama.

4. Alpukat

Mengonsumsi alpukat disertai dengan pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Manfaat buah ini pada akhirnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Blewah

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, konsumsi buah blewah secara rutin dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada blewah dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan otot. Manfaat buah ini yang juga bisa Anda dapatkan adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena blewah mengandung 90 persen air.

6. Kurma

Manfaat buah kurma dapat memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat buah yang bisa didapatkan adalah mencegah datangnya sembelit. Selain itu, buah kurma juga dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemik yang rendah dan berfungsi sebagai antioksidan.

7. Pir

Buah pir kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

8. Tomat

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen.  likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, manfaat buah tomat lainnya adalah merangsang antioksidan dan kolagen yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh polusi dan sinar matahari.

9. Kelengkeng

Manfaat buah kelengkeng yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh dan menangkal serangan radikal bebas.

10. Belimbing

Berbagai macam nutrisi yang terdapat pada belimbing menunjukkan efek penurun kolesterol, karena bisa meningkatkan pembuangan kolesterol jahat, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Selain itu, manfaat buah ini juga bisa membantu membersihkan racun dari tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari risiko terkena kanker.

11. Semangka

Semangka memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan likopen yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, vitamin C dan likopen juga mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis.

12. Nanas

Kandungan mangan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terhadap sinar UV. Selain itu, mangan juga meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara kesemua bagian sehingga mencegah osteoporosis.

13. Kelapa

Pada dasarnya, nutrisi yang terkandung di dalam buah kelapa bisa didapat dari semua bagiannya, seperti daging buah dan air kelapa, bahkan setelah diolah menjadi santan dan minyak kelapa.

Air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung. Dagingnya bisa mengurangi luka pada permukaan lambung dan melawan bakteri dan virus. Sementara minyak kelapa memiliki efek antijamur dan bisa melembapkan kulit kering.

14. Strawberry

Buah yang rasanya asam dan segar ini, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg dalam satu porsinya atau 147 g. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, jika makan dua porsi strawberry dalam seminggu dapat mencegah gangguan saraf otak.

15. Kiwi

Warna hijau dan dihiasi biji hitam yang berukuran kecil pada daging buah. Dalam 100 g kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C. Tidak hanya itu, buah kiwi juga mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3.

Macam Macam Dan Cara Menyimpan Buah Dikulkas

1. Apel Dan Pir

Sebenarnya, menyimpan apel atau pir sangat mudah, cukup di dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas.

Buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan.

Maka dari itu, jangan simpan buah tersebut saling berdekatan, karena bisa memicu buah lainnya cepat membusuk. Lebih baik kamu menggunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dulu sebelum disimpan di kulkas.

2. Mangga

Mangga juga bisa matang dengan sendirinya. Makanya banyak orang yang suka menjualnya saat masih mentah. Kamu yang suka makan mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas.

Jika kamu menyimpannya dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat, kira-kira sekitar 3 hari. Mangga matang bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas.

3. Jeruk

Jeruk termasuk yang paling mudah dibandingkan buah lainnya. Kamu hanya tinggal menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga rasa dan kualitasnya.

Tidak ada syarat dan ketentuan khusus lainnya, jeruk tidak menyebabkan sayuran atau buah di dekatnya menjadi cepat busuk. Hanya saja, usahakan menyimpan jeruk tidak secara bertumpuk. Hal tersebut bisa berdampak rusaknya buah di bawahnya.

4. Melon

Sama halnya dengan semangka, melon juga menjadi buah favorit di kala cuaca sedang panas terik. Simpanlah melon potong di dalam kulkas agar teksturnya terjaga, buah tidak lembek dan berair.

Sedangkan, melon utuh cukup disimpan pada suhu ruangan saja. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), kandungan antioksidan dalam melon yaitu likopen dan betakaroten akan berkurang bila disimpan di dalam kulkas.

5.Anggur

Untuk menjaga rasa manis dan kesegarannya, lebih baik menyimpan anggur dalam kulkas. Sebelum disimpan, anggur dicuci dan dikeringkan dahulu.

6. Semangka

Semangka utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan di dalam kulkas bisa hingga dua pekan.

Tindakan tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga

Selain memberi tahu tentang bagaimana cara menyimpan buah di kulkas, saya juga akan memberitahu bagaimana macam macam maknan yang dari buahh dan cara membuatnya

Macam Macam Makanan Yang Dari Buah Serta Cara Membuatnya

1. Jus buah

just buah

Yups, olahan buah yang paling umum adalah jus buah. Segarnya tidak diragukan lagi. Jus buah biasanya ditambah es batu dan susu, membuat rasanya semakin mantap. Hampir semua jenis buah-buahan bisa kamu jadikan jus.

Bahan-bahan membuat jus buah :

  • 1 buah yang ingin di buat jus
  • Air jeruk nipis
  • es batu serutsecukupnya

Cara membuat jus Buah :

  1. Potong daging buah
  2. Pertama, blender buah bersama jeruk nipis atau jeruk lemon yang sudah diperas, lalu tuang ke dalam gelas
  3. Tambahan es serut.

2. Sop Buah

Sop buah adalah olahan yang terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Buah yang sering digunakan adalah apel, strawberi, buah naga, anggur, melon, dan papaya, kemudian dicampur dengan sirup, susu, serta es batu. Kamu juga dapat menambahkan kelapa muda dan buah lainnya sesuka kamu. Sup buah dijamin bisa menghilangkan dahagamu.

Bahan Membuat Sop Buah

  1. Semangka merah atau kuning 100 g, potong dadu
  2. Nanas 100 g, potong dadu
  3. Melon 100 g, potong dadu atau dibentuk kelereng
  4. Pepaya 100 g, potong dadu
  5. Anggur 100 g, belah jadi dua
  6. Es batu yang sudah diserut 500 g
  7. Air mineral 1 L
  8. susu kental manis vanila 100 ml
  9. Sirup vanili 5 sdm

Cara membuat Sop Buah :

  1. Siapkan mangkuk.
  2. Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk. Pastikan setiap jenis buah yang Anda pakai ada.
  3. Dalam wadah yang berbeda,tuangkan air kemudian campur dengan susu kental manis. Aduk hingga merata. Pastikan rasanya sudah manis dan pas dengan selera Anda.
  4. Kemudian masukan air susu ke dalam mangkuk yang berisi buah-buahan.
  5. Masukkan es serut.
  6. Lalu tuangkan sirup vanili di atas es serut.
  7. Es buah siap Anda nikmati.
  8. Selain kesegaran dari es buah, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah dengan cara lain yaitu dengan cara membuat es krim buah. Tidak sulit kok, cara membuat es krim buah mudah saja.

3. Pie buah

cara menyimpan buah pada kulkas

Pie buah sebenarnya sama dengan kue pie biasanya. Hanya saja pie ini menambahkan buah untuk topping atau tambahan di atasnya. Berbeda dengan pie susu yang hanya menggunakan susu kental manis sebagai topping. Manfaat buah masih bisa kamu peroleh dari pie buah.

Bahan-bahan Membuat Pie Buah

Bahan Kulit Pie:
  • 250 gr Tepung Terigu serbaguna (saya pake Kunci)
  • 125 gr Mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm Air Es
    Bahan Vla :
  • 500 ml Susu Cair plain
  • 100 gr Gula Halus
  • 5 Kuning Telur (saya pakai 4)
  • 30 gr Tepung Maizena, larutkan air sedikit
  • 1 sdm Mentega
  • 1 sdt vanili bubuk
    Bahan siraman agar-agar (didihkan jadi 1) :
  • 1 sdt Agar-agar putih
  • 100 ml Air
  • 1 sdt Gula pasir
    Bahan Topping :
  • Secukupnya buah Kiwi, Strawberry dan Jeruk.

Langkah Membuat Pie Buah

1. Membuat Kulit Pie

 1.Campur semua bahan kulit jadi satu. Uleni hingga kalis.

2.Lalu cetak pada cetakan pie yang sudah dioles mentega. Satu resep ini bisa jadi 10 cetakan. 1 cetakan pie yang diameter 16 cm, 9 cetakan pie kecil. Ada sisa sedikit adonan, tidak sampai untuk 1 cetakan lagi. Ratakan adonan, dan tusuk bagian bawah pie dengan garpu. Lalu panggang 180 derajat selama 20 menit. Untuk pie ukuran besar, panggang sampai 30 menit ya..

3.Sambil menunggu kulit pie matang, potong-potong buah. Untuk jeruk, keluarkan biji jeruknya. Buat adonan vla nya setelah semua kulit pie nya matang ya.Karena vla harus dimasukkan segera setelah vla matang, kalo nggak, vla mengeras n nggak bisa dituang (kaku). Untuk usaha anda bisa menggunakan mesin vacuum sealer.

2. Membuat Bahan Vla

1.Masukkan kuning telur cairan tepung maizena, aduk rata.

2.Rebus susu+gula hingga mendidih, dengan api kecil saja.

3.Lalu masukkan campuran telur+cairan maizena kedalam susu, aduk cepat yaa.

4.Biarkan hingga meletup2.

5.Matikan api.

6.Tambahkan mentega dan vanili bubuk. Aduk rata.

7.Vla bisa langsung dituang keatas kulit pie, tata potongan buah dan siram dengan bahan siraman. Setelah agak dingin, masukkan kulkas.

8.PIe buah siap  di sajikan

5. Salad buah

cara menyimpan buah di kulkas

Salad adalah jenis olahan buah yang sangat mudah dibuat. Olahan ini dijamin sehat dan segar.

Bahan Membuat Salad Buah :

  1. Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong
  2. Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
  3. 1 buah Semangka , kupas kulitnya lalu potong dadu
  4.  200 g Mangga segar, kupas kulitnya lalu potong dadu
  5. Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  6. 200 g Anggur segar , belah jadi dua dan buang bijinya
  7. Strawberry segar 20 g, belah jadi empat
  8. Mayonaise 150 ml
  9. Keju parut
  10. Susu kental manis vanila 1 kaleng
  11. jeruk nipis (optional)

Cara Membuat Salad Buah :

  1. Jika semua buah sudah terpotong,letakan dalam kulkas agar menjadi lebih segar dan dingin.
  2. Setelah itu campurkan buah-buahan dalam satu wadah.
  3. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga (optional)
  4. Keluarkan buah-buahan dari kulkas. Tuang saus salad buah pada buah.
  5. Taburkan parutan keju sesuai dengan selera Anda.
  6. Pada salad buah yang Anda buat sendiri, Anda bisa mengkreasikan isinya sesuai dengan selera Anda. Bisa juga Anda tambahkan jelly dan nata de coco dalam salad Anda

6. Es krim buah

cara menyimpan buah di kulkas

Kalau buahnya dijadikan es krim, kamu pasti gak bisa nolak. Manis dan creamy-nya yang lembut bisa membuat kamu menjadi rileks, ditambah lagi dengan rasa segar buahnya.

  1. Bahan Membuat Es Krim Buah:
    • 250 ml greek yogurt
    • 1 sdt ekstrak vanili
    • 2 buah mangga matang yang sudah dikupas dan dibekukan

    Cara membuat Es Krim Buah:

    • Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender dengan kecepatan tinggi sampai agak kental dan creamy.
    • Tuangkan dalam wadah.
    • Masukkan ke dalam freezer hingga mengeras.
    • Sebelum disajikan, taburkan topping buah atau cokelat sesuai dengan selera Anda.
    • Es krim mangga siap disajikan.

Oke sekian penjelasan dari saya mengenai tentang buah dan bagai mana cara menyimpan buah di kulkas dengan benar supaya awet tidak cepat busuk, semoga artikel ini bermanfaan bagi kalian semua baaaaay

The post Cara Menyimpan Buah Di Kulkas Yang Benar Dan baik appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Resep Membuat Batagor Yang Lezat Dan Gurih https://vacuumsealer.id/resep-membuat-batagor/ Fri, 29 Mar 2019 10:28:17 +0000 https://vacuumsealer.id/?p=960 Hallo kawan kawan apa kalian tau batagor? ya pasti tau lah yaa dengan makanan satu ini yang kerap kita jumpai di pinggir pinggir jalan, dan di sekolahan, oke disini saya akan memberitahu anda anda  tentang batagor dan resep membuat batagor yang lezat simak terusss Dibentuk mirip bola dan lalu digoreng didalam minyak panas sampai matang. […]

The post Resep Membuat Batagor Yang Lezat Dan Gurih appeared first on Vacuum Sealer.

]]>
Hallo kawan kawan apa kalian tau batagor? ya pasti tau lah yaa dengan makanan satu ini yang kerap kita jumpai di pinggir pinggir jalan, dan di sekolahan, oke disini saya akan memberitahu anda anda  tentang batagor dan resep membuat batagor yang lezat simak terusss

Dibentuk mirip bola dan lalu digoreng didalam minyak panas sampai matang. Tetapi sekarang tidak hanya tenggiri, adonan bisa dibuat dengan ikan tuna, ikan kembung, serta udang untuk variasi rasa yang lainnya.

untuk orang orang yang memang mempunyai alergi seafood tidak perlu risau, batagor juga bisa dibuat tanpa memakai seafood dan tentu saja rasanya tidak kalah enak dengan yang menggunakan seafood.

Sama seperti siomay, batagor tidak hanya disajikan batagor saja, ada isian pelengkap lainnya seperti kubis kuku, kentang, dan tahu. Untuk pelengkap cara penyajiannya, batagor dihidangkan dengan siraman saus kacang, kecap, sambal, dan perasan air jeruk nipis.

Batagor yang jelas berbeda dari siomay, karena digoreng inilah batagor memiliki tekstur yang krispi dan garing. Karena kemiripan dari dua makanan ini, yaitu batagor dan siomay, kebanyakan penjual menjual keduanya.

Batagor sudah dikenal olah masyarakat luas. Jajanan Bandung yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini menjadi ciri khas dari kota Bandung.

Dengan bertambah majunya daya pikir masyarakat, batagor Bandung tak luput dari sasaran untuk berinovasi. Dengan beredarnya batagor kekinian di berbagai tempat, membuat batagor Bandung semakin diminati oleh masyarakat.

Manfaat Batagor

resep membuat batagor

  1. Kandungan protein yang terdapat pada batagor Bandung sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung.
  2. Tubuh sangat membutuhkan tenaga untuk melakukan segala jenis aktivitas. Dengan rutin mengkonsumsi batagor Bandung akan bermanfaat untuk membantu pembentukan tenaga sehingga tubuh akan memiliki banyak energi.
  3. Selain untuk meningkatkan kesehatan jantung, batagor Bandung juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh akan terlindungi dari berbagai kuman dan penyakit dengan mengkonsumsi batagor Bandung ini.
  4. Kandungan yang ada di dalam batagor Bandung akan mendukung proses metabolisme dalam tubuh yang akan membuat Anda semakin sehat.
  5. Protein yang terkandung dalam batagor Bandung akan berguna untuk memproduksi dan menggantikan sel tubuh yang sudah mati.
  6. Untuk Anda yang sedang hamil, mengkonsumsi batagor Bandung akan mendukung pembentukan janin yang sehat. Nutrisi yang terkandung dalam batagor Bandung akan membantu pertumbuhan dan pembentukan janin yang akan menghindarkan Anda dari resiko bayi terlahir cacat.
  7. Protein yang terkandung dalam batagor Bandung memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan energi dalam tubuh yang akan membantu Anda menjalankan aktivitas dengan lancar.
  8. Kandungan nutrisi dalam batagor Bandung akan berguna untuk mencegah depresi. Jadi, jika Anda merasa sangat stres dan depresi, maka Anda bisa mengkonsumsi batagor Bandung sebagai obatnya.
  9. Dengan mengkonsumsi batagor Bandung, kulit Anda akan terjaga dan tidak mudah iritasi oleh bakteri atau kuman.
  10. Mengkonsumsi batagor Bandung yang mengandung tinggi protein sangat berperan penting untuk membantu mengembangkan memori dan daya ingat Anda.

Macam Macam dan resep Membuat Batagor

resep membuat batagor

Penjual batagor memang mudah dan banyak kita lihat di mana saja. Bisa dijual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan, pedagang kaki lima keliling, cafe, hingga restauran. Kita juga dapat dengan mudahnya membeli batagor di mana pun.

Tapi tidak ada salahnya bukan , jika Anda ingin mencoba membuat sendiri makanan batagor di rumah Anda. Lihat saja cara membuat batagor yang enak dan mudah dibuat di bawah ini.

1. Resep Membuat Batagor

Bahan-bahan Membuat Batagor :

  1. Tahu putih 2 buah, potong menjadi 8 bagian
  2. kulit pangsit 8 lembar
  3. Ikan tenggiri fillet 200 g, haluskan
  4. Daun bawang 3 batang, cincang halus
  5. Garam 1 sdt
  6. Merica sdt
  7. Gula pasir 1 sdt
  8. Putih telur 2 butir
  9. Telur 2 butir
  10. Tepung sagu 100 g
  11. Air dingin 150 ml
  12. Tepung terigu 20 g

Cara Membuat Batagor :

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Campurkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, daun bawang, garam, dan gula pasir. Lalu campur juga dengan menggunakan tangan atau spatula sampai tercampur rata.
  3. Masukkan putih telur kemudian aduk.
  4. Tuang sedikit demi sedikit air dingin dan juga terus menguleni adonan dengan bersaman.
  5. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit dan juga terus diaduk, lalu tuangkan tepung sagu. Aduk adonan sampai rata.
  6. Kukus tahu terlebih dahulu.
  7. Iris bagian tengah tahu atau kosongkan bagian tengah tahu agar bisa diisi dengan adonan.
  8. Tuangkan adonan ke dalam tahu lalu juga taruh adonan di tengah kulit pangsit. Tutup kulit pangsit. Sisihkan.
  9. Kocok 2 butir telur dan beri sedikit garam.
  10. Tahu dan kulit pangsit yang sudah diberi adonan kemudian masukkan ke dalam telur.
  11. Siapkan penggorengan. Goreng batagor dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
  12. Goreng batagor hingga berwarna coklat keemasan atau matang.
  13. Sajikan batagor dengan saus kacang, kecap, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

2. Resep Membuat Batagor Tanpa Ikan

Bahan-bahan Membuat Batagor Tanpa Ikan :

  1. Tahu putih 1 buah, potong menjadi 8 bagian
  2. Kulit pangsit 6 lembar
  3. Tepung terigu 100 gu
  4. Daun bawang 3 batang, cincang halus
  5. Air dingin 150 ml
  6. Tepung sagu 100 g
  7. Garam 1 sdt
  8. Merica sdt
  9. Gula pasir 1 sdt
  10. bawang putih 2 siung
  11. Telur 2 butir

Cara Membuat Batagor Tanpa Ikan :

  1. Haluskan bawang putih beserta garam, merica, dan gula.
  2. Siapkan wadah bersih.
  3. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, dan bumbu halus. Campurkan dengan cara diuleni menggunakan tangan atau spatula.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. Jika kekentalan dirasa sudah cukup dan masih ada sisa air maka tidak usah diberi air lagi.
  5. Masukkan daun bawang lalu campur hingga sempurna.
  6. Kukus tahu terlebih dahulu.
  7. Iris bagian tengah tahu atau kosongkan bagian tengah tahu agar bisa diisi dengan adonan.
  8. Tuangkan adonan ke dalam tahu juga taruh adonan di tengah kulit pangsit. Tutup kulit pangsit. Sisihkan.
  9. Kocok 2 butir telur dan beri sedikit garam.
  10. Tahu serta kulit pangsit yang sudah diberi adonan lalu masukkan ke dalam telur.
  11. Siapkan penggorengan. Goreng batagor dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
  12. Goreng batagor sampai berwarna coklat keemasan atau sudah matang.
  13. Hidangkan batagor dengan saus kacang, kecap, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

3. Resep Membuat Batagor Udang

Bahan-bahan Membuat Batagoe Udang :

Tahu putih 2 buah, potong menjadi 8 bagian

  1. Kulit pangsit 8 lembar
  2. Udang 200 g
  3. Air 150 ml
  4. Daun bawang 3 batang, cincang halus
  5. Garam 1 sdt
  6. Merica sdt
  7. Gula pasir 1 sdt
  8. Putih telur 2 butir
  9. Tepung terigu 20 g
  10. Telur 2 butir
  11. Tepung sagu 100 g

Cara Membuat Batagor Udang :

  1. Rebus udang dengan 150 ml. Rebus hingga udang matang. Ambil udang dari air. Biarkan air kaldu udang. Sisihkan.
  2. Cincang halus udang. Sisihkan.
  3. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  4. Campurkan udang yang sudah dicincang, daun bawang, garam, dan gula pasir. Campur dengan menggunakan tangan atau spatula sampai tercampur rata.
  5. Masukkan putih telur kemudian aduk.
  6. Tuang sedikit demi sedikit air kaldu udang sembil terus menguleni adonan.
  7. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sembari terus diaduk, kemudian masukkan tepung sagu. Aduk adonan hingga rata.
  8. Kukus tahu terlebih dahulu.
  9. Iris bagian tengah tahu atau kosongkan bagian tengah tahu agar bisa diisi dengan adonan.
  10. Tuangkan adonan ke dalam tahu juga taruh adonan di tengah kulit pangsit. Tutup kulit pangsit. Sisihkan.
  11. Kocok 2 butir telur dan beri sedikit garam.
  12. Tahu serta kulit pangsit yang sudah diberi adonan lalu masukkan ke dalam telur.
  13. Siapkan penggorengan. Goreng batagor dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
  14. Goreng batagor sampai berwarna coklat keemasan atau sudah matang.
  15. Hidangkan batagor udang dengan saus kacang, kecap, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

4. Resep Membuat Bumbu Kacang Batagor

Bahan-bahan Membuat Bumbu Kacang:

  1. Kacang tanah 500 g, sangrai
  2. Cabai merah besar 10 buah
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Gula pasir 1 sdm
  5. Bawang merah 8 buah
  6. Garam 1 sdm
  7. Kecap manis 1 sdm
  8. Air 150 ml

Cara Membuat Bumbu Kacang Batagor :

  1. Tumbuk sampai halus kacang tanah yang sudah disangrai bersama dengan cabai merah, bawang merah, serta bawang putih.
  2. Lalu tambahkan gula pasir, garam,kecap manis, dan juga air.
  3. Rebus bumbu kacang dengan api kecil. Aduk terus hingga mendidih.

5. Resep Membuat Batagor Kuah

Bahan-bahan Membuat Batagor Kuah:

  1. Tahu putih 2 buah, potong menjadi 8 bagian
  2. Kulit pangsit 8 lembar
  3. Ikan tenggiri fillet 100 g, haluskan
  4. daging ayam fillet 100 g, haluskan
  5. Tepung sagu 100 g
  6. Daun bawang 3 batang, cincang halus
  7. Garam 1 sdt
  8. Tepung terigu 20 g
  9. Merica sdt
  10. Gula pasir 1 sdt
  11. Putih telur 2 butir
  12. Air dingin 150 ml
  13. Telur 2 butir

Bahan Kuah :

  1. Bawang putih 6 siung, cincang halus
  2. Ayam 200 g
  3. Air 700 ml
  4. Daun bawang 3 batang, cincang
  5. Kecap asin 2 sdm
  6. Minyak wijen 1 sdm
  7. Gula pasir 1 sdt

Cara Membuat Batagor Kuah :

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Campurkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, daging ayam yang sudah dihaluskan, daun bawang, garam, dan gula pasir. Campur dengan menggunakan tangan atau spatula sampai tercampur rata.
  3. Masukkan putih telur kemudian aduk.
  4. Tuang sedikit demi sedikit air dingin sembari terus menguleni adonan.
  5. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sembari terus diaduk, kemudian masukkan tepung sagu. Aduk adonan hingga rata.
  6. Kukus tahu terlebih dahulu.
  7. Iris bagian tengah tahu atau kosongkan bagian tengah tahu agar bisa diisi dengan adonan.
  8. Masukkan adonan ke dalam tahu dan juga taruh adonan di tengah kulit pangsit. Tutup kulit pangsit. Sisihkan.
  9. Kocok 2 butir telur dan beri sedikit garam.
  10. Tahu dan kulit pangsit yang telah diberi adonan lalu masukkan ke dalam telur.
  11. Siapkan penggorengan. Goreng batagor dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
  12. Goreng batagor sampai berwarna coklat keemasan atau sudah matang.
  13. Rebus air kuah lalu masukkan ayam. Tunggu hingga mendidih. Kecilkan api.
  14. Tumis bawang putih sampai beraroma harum lalu masukkan ke dalam air kaldu.
  15. Masukkan daun bawang, kecap asin, minyak wijen, serta gula pasir. Lalu aduk sampai rata.
  16. Sajikan batagor dengan kuah selagi hangat.

6. Resep Membuat Batagor Kering

Bahan-bahan Membuat Batagor Kering :

  1. Udang 150 g, kupas dan cincang sampai lembut
  2. Daging ayam 150 g, cincang sampai lembut
  3. Tahu putih 5 buah
  4. Kulit pangsit 5 buah
  5. Tepung kanji 6 sdm
  6. Minyak wijen 3 sdm
  7. Bawang daun 1 batang
  8. Telur 1 butir
  9. Secukupnya garam

Cara Membuat Batagor Kering :

  1. Belah pada bagian tengah tahu dan keruk isinya, lalu sehabis itu akan diisi dengan adonan bakso.
  2. Ambil wadah besar, lalu masukan dan campur kocokan telur, ayam, udang, minyak, tepung kanji, garam, minyak wijen, potongan bawang daun .
  3. Campur dan aduk adonan hingga merata.
  4. Masukkan adonan ke dalam tahu yang sudah dibelah.

7. Resep Membuat Batagor Kulit Pangsit :

  1. Siapkan kulit pangsit, lalu letakkan sedikit adonan pada bagian tengahnya.
  2. Lipat setiap sudut kulit pangsit ke arah bagian tengah, untuk membungkus adonan.
  3. Panaskan minyak goreng.
  4. Goreng tahu dan pangsit sampai warnanya kecoklatan.

Bahan Bumbu Kacang :

  1. Gula pasir 1 sdt
  2. Secukupnya air
  3. Cuka 1 sdt
  4. Secukupnya kecap manis
  5. Kacang tanah 150 g
  6. Cabai merah 4 buah
  7. Secukupnya garam

Cara Membuat Bumbu Kacang Batagor:

  1. Campurkanlah kacang tanah, cabai, gula pasir, cuka dan juga garam.
  2. Aduk dan campur sampai merata dan halus.
  3. Goreng hingga matang dan mengental.

Peluang Bisnis Untuk Kuliner Batagor

Peluang untuk usaha batagor terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha batagor menjadi salasatu pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik melaksanakan usaha tersebut. Peluang untuk usaha batagor masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan bagi siapa saja. Anda berminat menjalankan bisnis batagor ini? melakukan bisnis batagor terbilang mudah dengan modal mulai dari 1 hingga 2 jutaan bisa memulainya langsung.

Anda juga bisa membuat kentang goreng untuk divariasikan di kuliner batagor yang anda buat. Tentunya dengan memvariasikan kentang goreng akan menambah jumlah penghasilan yang akan anda buat.

Prospek dalam menjalankan bisnis kuliner batagor

Prospek dalam usaha batagor dapat dikatakan sangat cemerlang. Dimana melalui usaha batagor dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Usaha yang bergelut dengan jajanan batagor memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depannya. Usaha batagor yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi. Keeksisan usaha batagor memperlihatkan jika bisnis batagor patut dijadikan pilihan bisnis menguntungkan.

Memulai Bisnis Kuliner Batagor

Apabila melakukan usaha batagor memang dapat dimulai dengan langkah mudah. saat menjalankan usaha batagor bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yangmana berkecinampungan usaha batagor bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar. Bisa dimulai dengan menjalankan bisnis batagor skala rumah tangga.

Pelaku Bisnis Kuliner Batagor

Usaha batagor ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan usaha jajanan batagor menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan usaha batagor sangat mudah, proses pembuatan batagor mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen Bisnis Kuliner Batagor

Konsumen batagor memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan batagor dapat memikat banyak orang. Konsumen batagor cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Dimana batagor sangat cocok disantap untuk acara atau ketika sedang berkumpul kapanpun dan dimanapun.

Bahan Baku Bisnis Kuliner Batagor

Dalam menjalankan usaha batagor memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat batagor yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tahu putih, udang, daging ayam, tepung kanji, kulit pangsit, minyak goreng, garam, merica bubuk, minyak wijen, daun bawang, telur, saus, cuka, kacang tanah, tulang ayam, cabe merah, bawang putih, jahe, dan kecap ikan. Untuk mencari bahan baku batagor bisa dijumpai di pasar ataupun toko. Pastikan dalam menjalankan usaha batagor untuk memilih bahan batagor pilihlah bahan yang berkualitas agar rasanya nikmat.

Peralatan Usaha Kuliner Batagor

Dalam usaha batagor  juga membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya gerobak, panci nampan, gelas, sendok, timba, pencapit makanan, mesin mixer spiral, peniris makanan, mesin meat grinder, spatula, kompor gas, baskom,, mesin blender, serbet, dan peralatan pendukung lainnya.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Bisnis Batagor

Dalam berjualan minuman, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Usaha batagor dapat dijalankan dengan membuka warung, stand atau kios di lokasi ramai. Juga memasarkannya di rumah secara online.

oke sudah cukup artikel tentang resep membuat batagor dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuat batagor di rumah sendiri atau yang ingin usaha batagor. Anda juga bisa meminta bantuan menggunakan mesin vacum sealer.

sekian dari saya terima kasih

The post Resep Membuat Batagor Yang Lezat Dan Gurih appeared first on Vacuum Sealer.

]]>