(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

halo teman teman siapa yang suka wortel? yaps wortel tumbuhan yang sering kita jumpai di manapun, wortel adalah tumbuhan kesukaan hewan kelinci tetapi bukan hanya kelinci saja wortel juga bisa dimakan untuk kita untuk kesehatan mata kita agar tetep jernih dan terawat.

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tersebut tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga yang berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yaang bisa dikonsumsi dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

 

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Wortel

Cara Menyimpan Wortel Agar Awet

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk  kesehatan penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C,magnesium, kalsium, zat besi, fosfor,sodium dan kalium.

1. Meningkatkan Metabolisme

Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

2. Menyembuhkan Luka

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

4. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Bisa Melawan Efek Buruk Radikal Bebas

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

5. Turunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu –seperti wortel– dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Menurut sejumlah peneliti, sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat wortel untuk kesehatan selain itu adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

9. Antiradang

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir sama apabila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofentara, naproxen, dan celecoxib.

10. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mulut

Selain untuk kesehatan mata, manfaat wortel juga dapat berguna untuk kesehatan mulut. Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

11. Mengatasi Kulit Berminyak

Kamu dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin wajah anda di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit berminyak biasanya terdapat ada masalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam. Wortel juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit wajah sehingga dapat mengurangi timbulnya jerawat.

12. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan yang terdapat pada wortel dapat membuat kulit lebih glowing. Disarankan untuk mengonsumsi wortel dengan rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. lakukan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya bagaimana kulit terlihat lebih glowing dari hari ke hari.

13. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Manfaat wortel untuk wajah juga dapat mengatasi kulit terbakar yang di akibatkan oleh paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin memakai masker wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat. Wortel juga bekerja sebagai pengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

17. Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk wajah yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuh Anda.

18. Manfaat Wortel Untuk Mencegah Penuaan Dini

Kandungan beta karoten dalam tubuh yang berguna sebagai sumber antioksidan membantu memperlambat penuaan sel sehingga kulit menjadi tidak mudah mengalami keriput. Paparan sinar matahari yang terlalu sering merupakan salah satu penyebab keriput di usia muda. Dengan rajin meminum jus wortel atau menggunakannya sebagai masker wajah, wortel menjadi salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.

19. Menstimulasi Produksi Kolagen

Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang berfungsi untuk kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit. Berkat kandungan tersebut, manfaat wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen.

20. Meregenerasi Sel-sel Kulit Mati

Manfaat wortel untuk wajah yang satu ini juga dikarenakan oleh kandungan Vitamin A yang cukup tinggi di dalam wortel. Vitamin A dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati. Proses regenerasi sel kulit ini tak hanya membuat kulit anda lebih sehat, tapi juga lebih kenyal dan halus. Untuk mempergunakan wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel kulit mati, kamu hanya perlu menghaluskan wortel dan melumuri wajah dengan wortel ini setiap 2 kali dalam seminggu.

Budidaya Wortel

Cara Menyimpan Wortel Agar Awet

Budidaya wortel biasanya dilakukan di dataran tinggi yang ketinggiannya lebih dari 1000 meter dpl. Meskipun begitu, budidaya wortel masih dapat dilaksanakan pada lahan di atas 500 meter dpl. Tanaman wortel menyukai tanah yang mengandung banyak humus dan gembur dengan tingkat keasaman antara pH 5,5-6,5.

A. Persiapan Lahan Budidaya Wortel

Lahan untuk budidaya wortel harus dibajak atau dicangkul sedalam kurang lebih 40 cm. Kedalaman ini sangat penting untuk tanaman wortel yang akan dipanen umbinya. Tanah yang gembur memberikan keleluasaan pada umbi untuk tumbuh dengan sempurna.
Budidaya wortel pada struktur tanah yang keras bisa menyebabkan penghambatan pada pertumbuhan umbi. Menyebabkan umbi menjadi pendek dan tumbuh cabang pada badan umbi.

Setelah tanah digemburkan lalu buat bedengan dengan lebar satu meter dan panjang disesuaikan dengan bentuk lahan. Ketinggian bedengan sekitar 20-30 cm. Saat membentuk bedengan, campurkan pupuk kompos atau pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Dosis pemberian pupuk sebanyak 15-20 ton per hektar. Jumlah tepatnya sesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah.

Buat larikan di permukaan bedengan untuk menaburkan benih. Jarak antar larikan sekitar 20 cm dengan kedalaman sekitar 5 cm.

B. Penanaman Benih Wortel

Penanaman benih dalam budidaya wortel dapat dilakukan secara langsung, tanpa tahap penyemaian terlebih dahulu. Kebutuhan benih untuk budidaya wortel kurang lebih sekitar 3-5 kg per hektar.

Benih wortel berasal dari biji, yang berbentuk kecil-kecil dan cenderung menempel karena mempunyai serabut seperti bulu di permukaannya. Jadi, sebelum ditaburkan benih benih sebaiknya digosokkan terlebih dahulu dengan telapak tangan supaya benih tidak saling menempel. Atau, campurkan abu pada benih tersebut.

Taburkan benih diatas larikan kemudian tutup dengan tanah. Apabila tanahnya kering siram sedikit untuk menjaga kelembabannya. Tanaman wortel akan tumbuh setelah 10 hari.

C. Pemeliharaan Tanaman Wortel

Pemupukan susulan diberikan setelah tanaman berumur satu bulan. Untuk budidaya wortel secara organik, gunakan kompos atau pupuk kandang. Bisa juga dengan mengimplementasikan pupuk cair organik atau pupuk hayati. Pupuk kompos ditaburkan dipermukaan bedengan sekitar tanaman. Dosisnya 10-15 kg per hektar.

Untuk budidaya wortel non organik, pakailah campuran pupuk urea dan KCl dengan perbandingan 2:1 sebanyak 300 kg per hektar. Pemberian pupuk ditaburkan dalam bentuk alur yang berjarak 5 cm dari pangkal tanaman.

Selain pemupukan lakukan juga kegiatan penyiangan gulma dan penjarangan tanaman. Agar pertumbuhan umbinya dapat sempurna, aturlah penjarangan tanaman sehingga jarak antara satu tanaman dengan tanaman lainnya berkisar 5-10 cm.

D. Hama dan Penyakit

Hama yang paling sering dijumpai dalam budidaya wortel adalah ulat tanah dan kutu daun. cara memberantas ulas tanah adalah dengan cara mencari sarangnya, kemudian diambil manual dan dibasmi. Lakukan pada pagi hari.

Untuk mencegah serangan ulat, terus menjaga kebersihan lahan dan rutin siangi gulma secara teratur. Bila serangan mengganas, bisa menggunakan pestisida jenis furadan.

Kutu daun menyerang pucuk daun dengan cara menghisap cairan dan merusak bentuk daun dan menyebabkan daun menjadi keriting. Untuk mengendalikan kutu daun lakukan rotasi tanaman supaya siklus hidupnya terputus. Penyemprotan bisa menggunakan insektisida.

Sedangkan penyakit yang sering menyerang budidaya wortel adalah bercak daun dan bintil akar. Bercak daun disebabkan oleh sejenis cendawan Cercospora. Penyakit ini menyerang daun tua, efeknya berupa bercak-bercak coklat dengan pinggiran hitam.

Penyakit bercak daun bisa dikendalikan dengan memilih benih yang sehat atau benih diberi larutan fungisida terlebih dahulu. Untuk menurunkan resiko serangan penyakit bercak daun, jaga selalu kebersihan kebun.

Penyakit bintil akar disebabkan oleh nematoda. Gejalanya bentuk umbi benjol-benjol tak karuan. Pencegahan bisa dilakukan dengan rotasi tanaman. Gilir tanaman dengan jenis lain yang berbeda keluarga. Penyemprotan  kimia yang diaplikasikan adalah nematisida.

E. Cara Panen Budidaya Wortel

Usaha tani budidaya wortel sudah dapat diambil hasilnya sekitar 3bulan hitung sejak benih ditanam. Waktu pemanenan harus benar-benar diperhatikan. jika umur tanaman terlalu tua maka tekstur umbi menjadi keras dan rasanya tidak enak.

Cara memanen dilakukan dengan dicabut. setelah itu cuci atau bersihkan kotoran tanah yang menempel pada umbi dengan air bersih. Batang dipangkal umbi bisa dipotong atau dibiarkan. Tergantung dari keinginan pasar yang dituju.

Budidaya wortel yang dilakukan dengan baik dapat menghasilkan 20-30 ton per hektar. Tergantung di jenis dan varietas wortel yang ditanam.

Cara Menyimpan Wortel Agar Awet

Memilih Wortel

Wortel yang enak pasti terasa manis, tapi di Indonesia sendiri ada dua jenis wortel, lho. Ada wortel impor dan wortel lokal. Wortel impor lebih besar, tebal, dan berwarna jingga mencolok. Soal harga, wortel impor lebih murah daripada wortel lokal. Kalau anda pilih wortel impor, carilah yang besar dan lurus. Perhatikan juga ujung tangkainya jika ada lingkaran kecil. Artinya, wortel impor tersebut masih muda.

Sama halnya dengan wortel yang impor, carilah wortel lokal yang masih muda dan segar. Pilih wortel yang berwarna jingga terang dan merata, berkulit halus, ramping, dan lingkar batangnya dan tak terlalu besar. Selain itu, cek apakah batang wortelnya masih padat dan keras karena artinya wortel yang masih padat dan keras masih segar. Perhatikan bagian pangkal daun. Apabila bagian tersebut berwarna kehijauan, artinya wortel sudah cukup tua. Jangan pilih wortel yang bertunas atau retak karena kualitasnya sudah rusak.

Kalau anda beli wortel yang berdaun, ceklah bagian daunnya. Pastikan daunnya tidak layu dan berwarna hijau segar. Oh ya selain wortel biasa, terdapat juga wortel kecil (baby carrot) di pasaran.tapi ternyata, wortel kecil ini adalah wortel biasa yang dikupas dan dipotong-potong menjadi kecil,.

Menyimpan Wortel

Cara menyimpan wortel tidaklah sulit. Untuk disimpan dalam kulkas, wortel tak perlu dicuci. Proses cuci hanya dilakukan jika wortel akan dimasak. Potong bagian daun

lalu masukkan batang wortel ke container atau plastik berisi air dingin. Daun wortel dapat menyerap kelembaban batang, jadi di anjurkan unruk memiisahkan untuk dibuat sup atau kaldu sayur. Tutup wadah penyimpanan dan pastikan kedap udara,setelah itu masukkan ke kulkas. Wortel bisa tahan dalam kulkas selama 2 minggu., jangan lupa mengganti air rendaman wortel jika terlihat keruh

oke sudah cukup ulasan ulasan yang kami beritahu tentang wortel dan cara mengyimpan wortel aga awet, semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda anda atau yang lagi ngekos ingin menyimpan wortel yang awet dan tahan lama.