(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

apakah kalian suka makan buah? jika kalian suka makan buah berarti kalian tergolong orang orang yang sehat, karena buah dapat membantu anda menjadi lebih sehat, tapi bagaimana kah cara menyimpanya agar awet dan tahan lama, mari kita simak bersama saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan buah di kulkas.

Pengertian Buah

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan generasi lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka macam rupa dan bentuk buah tak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan.

Pengertian buah dalam dunia pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas dari pada pengertian buah di atas dan seringkali disebut sebagai buah-buahan. Buah pada pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian petani biasa disebut buah sejati.

Tipe-tipe buah

Buah-buah itu sedemikian beragam, sehingga sukarlah rasanya untuk menyusun suatu skema pengelompokan yang dapat mencakup semua macam buah yang telah dikenal orang. Belum lagi adanya kekeliruan-kekeliruan pada pengertian biji dan buah (misal: ‘biji’ jagung, yang sesungguhnya adalah buah secara botani).

Baik buah sejati (yang merupakan perkembangan dari bakal buah) ataupun buah semu, bisa dibedakan atas tiga tipe dasar buah, yaitu

  • buah tunggal,adalah buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.
  • buah ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki beberapa bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh membentuk buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang tampak seperti satu buah. Contohnya adalah sirsak (Annona).
  • buah majemuk, yaitu jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini tercipta dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah nanas(Ananas), bunga matahari (Helianthus).

Macam Macam Buah Dan Manfaatnya

cara menyimpan buah di kulkas

1. Apel

Manfaat buah apel dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa di usus besar. Agar mendapatkan manfaat apel dengan maksimal, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Manfaat buah ini juga berguna untuk Anda yang berkeinginan menurunkan berat badan.

2. Jeruk

Manfaat buah jeruk yang berguna untuk kesehatan karena mengandung vitamin C.

Karena jeruk menjadi sumber serat yang sangat baik, jeruk juga dipercaya dapat mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, jeruk juga merangsang produksi cairan dan memperbaiki pencernaan. Bagi Anda yang menderita gangguan pada lambung, pilihlah jeruk yang tidak terlalu asam.

3. Pisang

Manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah peradangan pada lambung. Kandungan nutrisi terdapat pada pisang dapat melindungi dinding-dinding lambung yang pada akhirnya membentuk lapisan antiradang.

Selain itu, karena kandungan antioksidan di dalam pisang, khasiat buah yang bisa Anda dapatkan adalah menangkal efek kerusakan jaringan dan sel tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalan program diet, Anda harus mendapatkan manfaat buah pisang karena buah ini membuat kenyang lebih lama.

4. Alpukat

Mengonsumsi alpukat disertai dengan pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Manfaat buah ini pada akhirnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Blewah

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, konsumsi buah blewah secara rutin dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada blewah dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan otot. Manfaat buah ini yang juga bisa Anda dapatkan adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena blewah mengandung 90 persen air.

6. Kurma

Manfaat buah kurma dapat memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat buah yang bisa didapatkan adalah mencegah datangnya sembelit. Selain itu, buah kurma juga dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemik yang rendah dan berfungsi sebagai antioksidan.

7. Pir

Buah pir kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

8. Tomat

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen.  likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, manfaat buah tomat lainnya adalah merangsang antioksidan dan kolagen yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh polusi dan sinar matahari.

9. Kelengkeng

Manfaat buah kelengkeng yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh dan menangkal serangan radikal bebas.

10. Belimbing

Berbagai macam nutrisi yang terdapat pada belimbing menunjukkan efek penurun kolesterol, karena bisa meningkatkan pembuangan kolesterol jahat, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Selain itu, manfaat buah ini juga bisa membantu membersihkan racun dari tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari risiko terkena kanker.

11. Semangka

Semangka memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan likopen yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, vitamin C dan likopen juga mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis.

12. Nanas

Kandungan mangan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terhadap sinar UV. Selain itu, mangan juga meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara kesemua bagian sehingga mencegah osteoporosis.

13. Kelapa

Pada dasarnya, nutrisi yang terkandung di dalam buah kelapa bisa didapat dari semua bagiannya, seperti daging buah dan air kelapa, bahkan setelah diolah menjadi santan dan minyak kelapa.

Air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung. Dagingnya bisa mengurangi luka pada permukaan lambung dan melawan bakteri dan virus. Sementara minyak kelapa memiliki efek antijamur dan bisa melembapkan kulit kering.

14. Strawberry

Buah yang rasanya asam dan segar ini, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg dalam satu porsinya atau 147 g. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, jika makan dua porsi strawberry dalam seminggu dapat mencegah gangguan saraf otak.

15. Kiwi

Warna hijau dan dihiasi biji hitam yang berukuran kecil pada daging buah. Dalam 100 g kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C. Tidak hanya itu, buah kiwi juga mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3.

Macam Macam Dan Cara Menyimpan Buah Dikulkas

1. Apel Dan Pir

Sebenarnya, menyimpan apel atau pir sangat mudah, cukup di dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas.

Buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan.

Maka dari itu, jangan simpan buah tersebut saling berdekatan, karena bisa memicu buah lainnya cepat membusuk. Lebih baik kamu menggunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dulu sebelum disimpan di kulkas.

2. Mangga

Mangga juga bisa matang dengan sendirinya. Makanya banyak orang yang suka menjualnya saat masih mentah. Kamu yang suka makan mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas.

Jika kamu menyimpannya dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat, kira-kira sekitar 3 hari. Mangga matang bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas.

3. Jeruk

Jeruk termasuk yang paling mudah dibandingkan buah lainnya. Kamu hanya tinggal menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga rasa dan kualitasnya.

Tidak ada syarat dan ketentuan khusus lainnya, jeruk tidak menyebabkan sayuran atau buah di dekatnya menjadi cepat busuk. Hanya saja, usahakan menyimpan jeruk tidak secara bertumpuk. Hal tersebut bisa berdampak rusaknya buah di bawahnya.

4. Melon

Sama halnya dengan semangka, melon juga menjadi buah favorit di kala cuaca sedang panas terik. Simpanlah melon potong di dalam kulkas agar teksturnya terjaga, buah tidak lembek dan berair.

Sedangkan, melon utuh cukup disimpan pada suhu ruangan saja. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), kandungan antioksidan dalam melon yaitu likopen dan betakaroten akan berkurang bila disimpan di dalam kulkas.

5.Anggur

Untuk menjaga rasa manis dan kesegarannya, lebih baik menyimpan anggur dalam kulkas. Sebelum disimpan, anggur dicuci dan dikeringkan dahulu.

6. Semangka

Semangka utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan di dalam kulkas bisa hingga dua pekan.

Tindakan tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga

Selain memberi tahu tentang bagaimana cara menyimpan buah di kulkas, saya juga akan memberitahu bagaimana macam macam maknan yang dari buahh dan cara membuatnya

Macam Macam Makanan Yang Dari Buah Serta Cara Membuatnya

1. Jus buah

just buah

Yups, olahan buah yang paling umum adalah jus buah. Segarnya tidak diragukan lagi. Jus buah biasanya ditambah es batu dan susu, membuat rasanya semakin mantap. Hampir semua jenis buah-buahan bisa kamu jadikan jus.

Bahan-bahan membuat jus buah :

  • 1 buah yang ingin di buat jus
  • Air jeruk nipis
  • es batu serutsecukupnya

Cara membuat jus Buah :

  1. Potong daging buah
  2. Pertama, blender buah bersama jeruk nipis atau jeruk lemon yang sudah diperas, lalu tuang ke dalam gelas
  3. Tambahan es serut.

2. Sop Buah

Sop buah adalah olahan yang terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Buah yang sering digunakan adalah apel, strawberi, buah naga, anggur, melon, dan papaya, kemudian dicampur dengan sirup, susu, serta es batu. Kamu juga dapat menambahkan kelapa muda dan buah lainnya sesuka kamu. Sup buah dijamin bisa menghilangkan dahagamu.

Bahan Membuat Sop Buah

  1. Semangka merah atau kuning 100 g, potong dadu
  2. Nanas 100 g, potong dadu
  3. Melon 100 g, potong dadu atau dibentuk kelereng
  4. Pepaya 100 g, potong dadu
  5. Anggur 100 g, belah jadi dua
  6. Es batu yang sudah diserut 500 g
  7. Air mineral 1 L
  8. susu kental manis vanila 100 ml
  9. Sirup vanili 5 sdm

Cara membuat Sop Buah :

  1. Siapkan mangkuk.
  2. Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk. Pastikan setiap jenis buah yang Anda pakai ada.
  3. Dalam wadah yang berbeda,tuangkan air kemudian campur dengan susu kental manis. Aduk hingga merata. Pastikan rasanya sudah manis dan pas dengan selera Anda.
  4. Kemudian masukan air susu ke dalam mangkuk yang berisi buah-buahan.
  5. Masukkan es serut.
  6. Lalu tuangkan sirup vanili di atas es serut.
  7. Es buah siap Anda nikmati.
  8. Selain kesegaran dari es buah, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah dengan cara lain yaitu dengan cara membuat es krim buah. Tidak sulit kok, cara membuat es krim buah mudah saja.

3. Pie buah

cara menyimpan buah pada kulkas

Pie buah sebenarnya sama dengan kue pie biasanya. Hanya saja pie ini menambahkan buah untuk topping atau tambahan di atasnya. Berbeda dengan pie susu yang hanya menggunakan susu kental manis sebagai topping. Manfaat buah masih bisa kamu peroleh dari pie buah.

Bahan-bahan Membuat Pie Buah

Bahan Kulit Pie:
  • 250 gr Tepung Terigu serbaguna (saya pake Kunci)
  • 125 gr Mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm Air Es
    Bahan Vla :
  • 500 ml Susu Cair plain
  • 100 gr Gula Halus
  • 5 Kuning Telur (saya pakai 4)
  • 30 gr Tepung Maizena, larutkan air sedikit
  • 1 sdm Mentega
  • 1 sdt vanili bubuk
    Bahan siraman agar-agar (didihkan jadi 1) :
  • 1 sdt Agar-agar putih
  • 100 ml Air
  • 1 sdt Gula pasir
    Bahan Topping :
  • Secukupnya buah Kiwi, Strawberry dan Jeruk.

Langkah Membuat Pie Buah

1. Membuat Kulit Pie

 1.Campur semua bahan kulit jadi satu. Uleni hingga kalis.

2.Lalu cetak pada cetakan pie yang sudah dioles mentega. Satu resep ini bisa jadi 10 cetakan. 1 cetakan pie yang diameter 16 cm, 9 cetakan pie kecil. Ada sisa sedikit adonan, tidak sampai untuk 1 cetakan lagi. Ratakan adonan, dan tusuk bagian bawah pie dengan garpu. Lalu panggang 180 derajat selama 20 menit. Untuk pie ukuran besar, panggang sampai 30 menit ya..

3.Sambil menunggu kulit pie matang, potong-potong buah. Untuk jeruk, keluarkan biji jeruknya. Buat adonan vla nya setelah semua kulit pie nya matang ya.Karena vla harus dimasukkan segera setelah vla matang, kalo nggak, vla mengeras n nggak bisa dituang (kaku).

2. Membuat Bahan Vla

1.Masukkan kuning telur cairan tepung maizena, aduk rata.

2.Rebus susu+gula hingga mendidih, dengan api kecil saja.

3.Lalu masukkan campuran telur+cairan maizena kedalam susu, aduk cepat yaa.

4.Biarkan hingga meletup2.

5.Matikan api.

6.Tambahkan mentega dan vanili bubuk. Aduk rata.

7.Vla bisa langsung dituang keatas kulit pie, tata potongan buah dan siram dengan bahan siraman. Setelah agak dingin, masukkan kulkas.

8.PIe buah siap  di sajikan

5. Salad buah

cara menyimpan buah di kulkas

Salad adalah jenis olahan buah yang sangat mudah dibuat. Olahan ini dijamin sehat dan segar.

Bahan Membuat Salad Buah :

  1. Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong
  2. Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
  3. 1 buah Semangka , kupas kulitnya lalu potong dadu
  4.  200 g Mangga segar, kupas kulitnya lalu potong dadu
  5. Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  6. 200 g Anggur segar , belah jadi dua dan buang bijinya
  7. Strawberry segar 20 g, belah jadi empat
  8. Mayonaise 150 ml
  9. Keju parut
  10. Susu kental manis vanila 1 kaleng
  11. jeruk nipis (optional)

Cara Membuat Salad Buah :

  1. Jika semua buah sudah terpotong,letakan dalam kulkas agar menjadi lebih segar dan dingin.
  2. Setelah itu campurkan buah-buahan dalam satu wadah.
  3. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga (optional)
  4. Keluarkan buah-buahan dari kulkas. Tuang saus salad buah pada buah.
  5. Taburkan parutan keju sesuai dengan selera Anda.
  6. Pada salad buah yang Anda buat sendiri, Anda bisa mengkreasikan isinya sesuai dengan selera Anda. Bisa juga Anda tambahkan jelly dan nata de coco dalam salad Anda

6. Es krim buah

cara menyimpan buah di kulkas

Kalau buahnya dijadikan es krim, kamu pasti gak bisa nolak. Manis dan creamy-nya yang lembut bisa membuat kamu menjadi rileks, ditambah lagi dengan rasa segar buahnya.

  1. Bahan Membuat Es Krim Buah:
    • 250 ml greek yogurt
    • 1 sdt ekstrak vanili
    • 2 buah mangga matang yang sudah dikupas dan dibekukan

    Cara membuat Es Krim Buah:

    • Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender dengan kecepatan tinggi sampai agak kental dan creamy.
    • Tuangkan dalam wadah.
    • Masukkan ke dalam freezer hingga mengeras.
    • Sebelum disajikan, taburkan topping buah atau cokelat sesuai dengan selera Anda.
    • Es krim mangga siap disajikan.

Oke sekian penjelasan dari saya mengenai tentang buah dan bagai mana cara menyimpan buah di kulkas dengan benar supaya awet tidak cepat busuk, semoga artikel ini bermanfaan bagi kalian semua baaaaay