(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Rujak Cireng

Cara Membuat Rujak Cireng – Rujak cireng merupakan menu makanan santai yang cukup terkenal. Membuat makanan ini cukup mudah karena bahan-bahannya tersedia di sekitar kita.

Buat Anda yang hobi membuat cemilan tak ada salahnya sesekali mencoba resep rujak cireng yang lezat.

cara membuat rujak cireng

Pengertian Rujak

Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah.

Rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura dan di sana disebut “rojak”.

Manfaat Rujak

Tahukah Anda, dari banyaknya kandungan gizi, vitamin dan juga serat dalam rujak buah ini, ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah :

1. Mencegah Penyakit Degeneratif

Manfaat rujak yang pertama dapat mencegah penyakit degeneratif. Kandungan selenium yang ada di dalamnya dapat mencegah kerusakan terhadap jaringan atau organ tubuh akibat degeneratif. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini.

2. Membantu Pertumbuhan Sel-Sel Dalam Tubuh

Kandungan protein dan kalsium yang ada dalam makanan ini juga berperan penting untuk membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi rujak cingur maka akan membantu anda untuk memperbaiki pertumbuhan sel-sel yang ada dalam tubuh.

3. Menghitamkan Rambut

Selain bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel dalam tubuh, rujak cingur juga dapat menghitamkan rambut.

Senyawa yang ada dalam makanan ini sangat efektif menghitamkan rambut sehingga akan menjadikan rambut tidak mudah beruban.

4. Mempertahankan Elatisitas Kulit

Mengkonsumsi makanan yang mengandung collagen di dalamnya akan membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi rujak ini. Dalam makanan ini mengandung collagen yang bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

5. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang tumbuh pada jaringan payudara. Untuk mencegahnya bisa dengan cara mengkonsumsi rujak ini.

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat mencegah kanker payudara sehingga anda bisa mengkonsumsi makanan ini.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Wanita yang sudah berusia 55 tahun paling berisiko terserang penyakit kardiovaskular. Untuk mencegahnya bisa dengan mengkonsumsi makanan ini.

Kandungan asam folat dan protein yang ada di dalamnya mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah akibat kardiovaskular. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi makanan ini.

7. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh merupakan sistem yang berfungsi untuk melawan kuman, penyakit, atau racun, yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh bisa dengan mengkonsumsi rujak cingur.

Kandungan saponin yang ada di dalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

8. Mencegah Hipertensi

Rujak cingur juga dapat mencegah hipertensi. Hal ini di karenakan dalam makanan ini mengandung zat antibakteri yang berguna untuk mencegah terjadinya hipertensi sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Manfaat lainnya dari rujak cingur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan fitosterol yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal inilah yang membuat makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

10. Mencegah Osteoporosis

Kandungan estrogen yang ada dalam makanan ini dapat mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanaan ini agar bisa terbebas dari resiko osteoporosis atau kerapuhan tulang

11. Menyehatkan Jantung

Cabai yang ada di bumbu rujak bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat. Dan tentunya sangat baik bagi tubuh kita. Rujak ini juga baik untuk menyehatkan jantung.

12. Mencegah Sariawan

Rujak juga mengandung Vitamin C yang ada di rujak juga dapat membantu untuk pencegahan sariawan dan panas dalam yang tentunya sangat baik bagi tubuh kita.

13. Mempelancar Pencernaan

Serat dan juga vitamin yang terkandung dalam buah baik untuk memperlancar pencernaan tubuh.

14. Menurunkan berat badan

Senyawa utama dalam cabai yang disebut capsaicin mempunyai efek termogenik dan membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori setelah makanan dimakan.

15. Memperbaiki Mood

Makanan manis, pedas, dan asam bisa meningkatkan produksi hormon yang membuat perasaan menjadi bahagia.

Itulah tadi beberapa manfaat rujak bagi tubuh kita, semoga menambah pengetahuan anda.

Baca juga : cara membuat capcay goreng yang lezat

Pengertian Cireng

Cireng   adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka.

Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa.

Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki.

Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara.

Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online cireng.

Manfaat Cireng

1. Mengendalikan Sirkulasi dan Tekanan Darah

Khasiat cireng yang pertama bisa membantu anda di dalam mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah.

Selain memilki senyawa protein dan karbohidrat cireng ini juga banyak mengandnug kalium.

Sedangkan kalium sendiri merupakan salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah.

Selain itu, kandungan kalium pada makanan ini juga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Mengembangakan Otot

Jika anda biragawan, sangat disarankan untuk mengonsumsi cireng ini hal ini di sebabkan karena kandungnan senyawa protein yang ada di dalam makanan ini sangat tinggi.

Sehingga bisa menjadikanya makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta perkemabangan otot anda. Sangat baik sekali jika makanan ini di konsumsi oleh biragawan.

3. Menaikkan Berat Badan

Kandungan yang ada di dalam cireng ini memilki senyawa karbohidart yang mampu untuk menambah berat badan anda.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menambah berat badan konsumsilah makanan ini untuk cemilan sehari-sehari, kemudian karbohidart di dalam makanan ini menyehatakan tubuh.

4. Menguatkan Tulang

Cireng ini di ketahu banyak mengandung senyawa kalsium, vitaamin k, zar besi, serta serat di dalamnya, maka dari makanan ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Selain dapat menguatakan tulang makanan ini memiliki beberapa manfaat lain salah satunya meningkatkan energi tubuh.

Karbohidart yang ada di dalam makanan ini juga bisa meningktakan energi tubuh anda. Bisa dijadikan sebagai menu makanan tambahan untuk meningkatkan energi tubuh.

6. Menyehatakan Sistem Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, perut kembung serta yang lainya. Dengan mengonsumsi cireng sangatlah baik anda lakukan.

Hal ini di sebabkan karena makanan ini tidak akan memberatkan sisitem pencenaan anda sehingga perut akan aman dari berbagai macam gangguan sistem pencernaan.

7. Mencegah Pengeroposan Tulang

Selain mengonsumsi susu, bagi anda yang ingin mencegah pengeroposan tulang bisa dengan mengonsumsi cireng, karena makanan ini mengandung zat besi dan juga tinggi kalsium.

Hal ini terjadi karena makanan ini telah di percaya bahwa memilki peranan untuk mencegah pengeroposan pada tulang

8. Mengobati Sakit Maag

Untuk mengatasi sakit maag banyak metode dan obat yang ditawarkan di pasaran akan tetapi salah satu alternatif terbaik yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan cireng, makanan ini bisa dengan mudah di peroleh dan juga harganya sangat murah.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika cairan tubuh terlalu banyak akan berakibat buruk untuk kesehatan jantung anda.

Jumlah cairan yang terdapat di sekitar dinding jantung akan menyebabkan ketegangan pada jantung, dan berpotensi dapat membahayakan anda. Salah satu tanda terlalu banyak cairan pembengkakan kaki dan lengan.

Gejala lainya merupakan kesulitan bernapas, karena terlalu banyak air dapat menekan paru-paru. Maka dari itu. untuk mencegah hal tersebut. Anda sangat di saranakan untuk mengonsumsi makanan ini.

hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memilki peranan untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga : cara membuat siomay ikan yang enak dan lembut

Resep dan Cara Membuat Rujak Cireng

Nah, jika selama ini Anda belum tau bagaimana cara membuat rujak cireng, berikut ini resep bagaimana cara membuat rujak cireng tersebut, bisa langsung Anda praktekkan sebagai menu santai Anda di rumah bersama keluarga tercinta.

Atau, Anda juga bisa menjual rujak cireng ini jika di sekitar Anda belum ada yang menjualnya. Langsung saja yuk, kita lihat cara membuat rujak cireng yang enak dan lezat berikut ini :

Bahan-bahan dalam cara membuat cireng:

  • tepung tapioca 150 gr,
  • tepung terigu 200 gram,
  • bawang putih dihaluskan sebanyak ½ sdt,
  • daun bawang segar diiris tipis,
  • daun seledri yang diiris tipis,
  • air panas,
  • garam secukupnya,
  • merica bubuk,
  • kaldu ayam,
  • ebi.

Kuah:

  • gula merah ,
  • air asam jawa 1 sdm,
  • garam secukupnya,
  • kacang tanah digoreng.
  • cabe rawit merah
  • air matang hangat.

Cara membuat rujak cireng :

  1. Campurkan semua bahan cireng ke dalam baskom, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan air sedikit demi sedikit. Buat adonan hingga rata dan menjadi adonan yang kalis.
  2. Setelah menjadi adonan kalis, bentuk-bentuk menjadi bulat dan sedikit dipipihkan.
  3. Goreng bulatan pipih ini hingga kuning kecoklatan warnanya. Jangan gunakan api yang terlalu besar. Api sedang akan membuat masaknya merata.
  4. Masukkan semua bahan ke dalam cobek lalu ulek hingga halus.
  5. setelah halus masukkan air hangat ke dalam bumbu tersebut dan campur hingga rata.
  6. Tuang bumbu rujak diatas cireng goreng yang telah Anda buat dan campur dengan sedikit cuka.
  7. Sajikanlah rujak cireng tersebut dengan kreasi Anda.

Tips Cara Membuat Rujak Cireng

  1. Pastikan adonan sudah tercampur rata.
  2. Bentuk menjadi bulat dan pipihkan, jangan terlalu tebal.
  3. Menggoreng cireng jangan menggunakan api yang terlalu besar
  4. Angkat jika sudah berwana kuning kecoklatan.

Demikian tadi cara membuat rujak cireng yang sederhana dan tentunya enak, Anda dapat mencobanya dirumah.

Baca juga : cara membuat kerupuk ikan yang renyah dan gurihh

Terima kasih, semoga bermanfaat.