(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

 Cara Membuat Rendang Daging

Cara membuat rendang daging – Rendang merupakan salah satu cara dalam mengolah berbagai macam jenis bahan masakan. Rendang ini termasuk olahan yang sangat khas dari Indonesia.

Rendang memiliki berbagai macam jenis bahan misalnya seperti ayam, daging, telur dan lain sebagainya. Semua bahan masakan yang dimasak dengan cara direndang akan menghasilkan rasa yang sama-sama enak dan lezat.

Untuk jenis rendang yang akan kami buat kali ini adalah rendang daging yang lezat. Rendang daging termasuk salah satu menu yang paling banyak dicari orang baik direstoran ataupun dirumah makan padang. cara membuat rendang daging ini pun tidak terlalu sulit

Memang wajar saja apabila menu ini banyak dicari orang selain karena harganya yang terjangkau menu ini memang mempunyai daya tarik tersendiri dan kelezatan yang dimana apabila kita pintar didalam pengolahannya bisa membuat kita menjadi bersemangat untuk makan.

Baca juga : cara membuat rujak cireng yang nikmat dan lezat

Manfaat Rendang

cara membuat rendang daging

1. Menunjang aktifitas tubuh

Khasiat rendang yang pertama dapat membantu menunjang aktifitas tubuh. Kandungan kalori yang ada di dalamnya akan bermanfaat sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsinya maka anda akan mendapatkan tenaga untuk menunjang aktifitas tubuh sehingga anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mudah merasa lelah.

2. Mengontrol berat badan

Jika anda mempunyai masalah dengan berat badan maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada pada rendang terbukti mampu mengontrol berat badan. Dengan rajin mengkonsumsinya maka akan mengontrol berat badan secara alami sehingga tubuh anda akan tetap terlihat ideal.

3. Sebagai sumber energi tubuh

Dengan mengkonsumsi rendang akan bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Tentu, hal ini sangat dibutuhkan untuk kekuatan tubuh anda. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Membantu proses pencernaan

Manfaat lainnya dari rendang juga berguna untuk membantu proses pencernaan. Proses ini berperan penting untuk tubuh. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk membantu proses pencernaan agar dapat bekerja dengan efektif.

5. Menjaga kesehatan otak

Rendang juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya berfungsi untuk menjaga fungsi otak agar tetap bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk perkembangan dan kesehatan otak.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tulang berfungsi sebagai kerangka tubuh yang melindungi seluruh organ manusia. Untuk menjaga kesehatan tulang maka anda hanya perlu mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam rendang dipercaya mampu menguatkan struktur tulang sehingga tidak mudah rapuh.

7. Baik untuk perkembangan tubuh

Jika saat ini anda dalam masa pertumbuhan maka anda bisa mengkonsumsi rendang sebagai menu pelengkap makanan anda. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya sangat baik untuk perkembangan tubuh.

8. Membangun jaringan tubuh

Kandungan protein dan juga fosfor yang ada pada rendang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan tubuh. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan yang menyehatkan.

9. Memperbaiki sel tubuh

Sel tubuh sangatlah penting untuk membangun sistem organ yang membentuk tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi makanan ini akan berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan menggantikannya dengan sel-sel yang baru.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan yang ada di dalam rendang akan berguna untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga memperlancar pembuangan racun melalui proses buang air kecil.

Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat resep rendang daging dan bumbu apa saja yang dibutuhkan di bawah ini ya.

Baca juga : cara membuat kerupuk ikan yang renyah dan gurih

Cara Membuat Rendang Daging :

cara membuat rendang daging

Bahan-bahan dalam cara membuat rendang daging

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar yang berkualitas bagus sebanyak kurang lebih 1 kg saja. Bisa digunakan bagian mana saja, tetapi supaya lebih ekonomis dan hasilnya enak sebaiknya menggunakan bagian sandung lamur. Rebus sebentar untuk menghilangkan kotorannya lalu potong bentuk kotak (sebaiknya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil potongannya.
  2. Batang serai ambil bagian yang berwarna putihnya saja kurang lebih sebanyak 1 batang. Cuci bersih lalu pukul pukul atau memarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lainnya.
  3. 3 buah kelapa yang sudah diparut lalu peras santannya. Sebaiknya teman teman menggunakan buah kelapa yang sudah tua benar supaya santanya lebih kental dan gurih rasanya.
  4. Daun kunyit  sebanyak 1 lembar saja. Cuci bersih sebelum dimasak (bisa dihilangkan kalau susah mencarinya).
  5. Asam kandis supaya aroma rendangnya lebih terasa kurang lebih sebanyak 1-2 biji saja.
  6. Daun jeruk  yang masih segar dan tidak layu sebanyak 1-2 lembar saja. Cuci bersih daun jeruknya sebelum digunakan.
  7. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  8. Jahe kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Kupas kulitnya lalu memarkan supaya mudah dihaluskan bersama dengan dengan bumbu lainnya (untuk bumbu halus).
  9. Bawang merah sebanyak kurang lebih 10-12 siung (tergantung ukurannya). Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya lebih terasa sedap (untuk bumbu halus).
  10. Laos ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Memarkan atau potong potong terlebih dahulu supaya mudah saat dihaluskan (untuk bumbu halus).
  11. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung saja. Kupas kulitnya lalu haluskan dengan bumbu lain (untuk bumbu halus).
  12. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 6 pcs-8 pcs atau sesuai selera. Jangan memakai cabai rawit karena aromanya nanti berbeda (untuk bumbu halus).
  13. Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs saja (untuk bumbu halus).

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Yang Mudah dan Cepat

cara membuat rendang daging

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, laos dan kemirinya sampai benar benar halus. Bisa memakai blender supaya lebih cepat dan lebih halus.
  2. Siapkan wajan ukuran agak besar supaya tidak tumpah saat memasaknya. Masukkan santan dan bumbu halusnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan api sedang saja.
  3. Masukkan asam kandis, daun jeruk purutnya, batang serai yang sudah digeprek dan daun kunyitnya (kalau ada). Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata sampai agak mendidih (jangan sampai tidak diaduk karena santan bisa pecah).
  4. Masukkan potongan daging rendangnya lalu aduk aduk lagi sampai daging empuk dan santanya menyusut dan kental.
  5. Tambahkan garam kalau dirasa perlu lalu aduk aduk lagi. Jangan lupa dicicipi dulu sebelum api dimatikan dan disajikan.

Peluang usaha rendang daging

cara membuat rendang daging

Baca juga : cara membuat udang asam manis yang lezat

 Cara memulai usaha rendang daging

Memulai usaha rendang daging bisa dilakukan dengan langkah termudah. Karena cara membuat rendang daging pun cukup mudah.

Usaha rendang daging bisa dijalankan dengan mengetahui cara memasak daging rendang dengan tepat.

Setelah itu, persiapkan modal untuk memulai usaha. Dimana modal nanti dipakai untuk membeli peralatan, bahan baku, biaya sewa tempat dan lainnya. Bumbu rendang pun mudah di dapat di sekitar kita.

Usaha Rendang Daging

Untuk mengemas rendang daging dalam jangka lama bisa menggunakan mesin vacuum sealer. Sebenarnya usaha kuliner rendang dagingini bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar dengan memulainya skala rumahan. Usaha rendang daging bisa dijalankan dengan mudah dan bahan baku bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Strategi pemasaran usaha rendang daging

Untuk memasarkan usaha kuliner rendang daging memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa membuat rendang daging dengan menyuguhkan cita rasa yang enak dan dengan tekstur olahan rendang daging yang empuk dan lebih khas sehingga banyak diminati.

Buatlah spanduk menggunakan kata-kata unik dengan gambar yang menarik. Pasang spanduk di depan usaha Anda sehingga setiap orang yang lewat akan mengetahui dan penasaran dengan menu yang dijual.

Jika sudah banyak mendapakan konsumen lalu Anda bisa menyediakan tempat yang nyaman dan memberikan pelayanan yang ramah dan baik.

Harga jual rendang daging

Sajian kuliner rendang daging memang banyak disukai. Rata-rata masakan ini dijual mulai dari Rp. 15.000 per porsi.

Konsumen usaha rendang daging

Rendang daging dengan suguhan kenikmatan yang menggoda memang bisa menarik semua orang. Masakan rendang daging memiliki pangsa pasar yang luas dan tak terbatas mulai anak kecil hingga orang tua.

Bahan baku usaha rendang daging

Dalam menjalankan bisnis rendang daging juga memerlukan bahan baku utama untuk mengolah rendang daging . Beberapa bahan baku yang dibutuhkan misalkan ikan patin, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, garam dan bumbu lainnya.

Penentuan tempat usaha rendang daging

Supaya usaha rendang daging agar bisa berjalan dengan maksimal, maka juga perlu memilih lokasi tempat berjualan yang tepat.

Meski sebenarnya tempat untuk memasarkan olahan rendang ayam dapat dilakukan dimana saja, namun demi mendatangkan konsumen yang lebih besar maka perlu lokasi yang strategis. Misal di dekat pusat perbelanjaan.

Demikian tadi cara membuat rendang dagingyang enak dan lezat, semoga informasi cara membuat rendang daging ini bermanfaat. Selamat mencoba.