0822-2330-3737

Manisan memang banyak jenisnya, tergantung juga pada buah apa yang dijadikan bahan dasarnya. Ada manisan salak, manisan mangga dan lain sebagainya. Namun, olahan buah yang satu ini emang ga ada lawan, apalagi buat kalian pecinta manisan. Mimin yang gabut ini bakal ngasih kalian para pecinta buah pepaya maupun penggila manisan buah ini yaitu ilmu cara membuat manisan pepaya kering yang bikin kalian gatel tuk bereksperimen hahaha. Cara yang bakal mimin bagiin kali ini simple banget dan ngga cuma satu resep doang tentunya.

Tapi sebelum mulai ke cara membuat manisan pepaya kering, mimin bakal sedikit membahan fakta-fakta menarik dari buah pepaya dan manisan itu sendiri, seperti apa kirakira? ikutin mimin terus yaaa hihihi.

 

Sejarah Manisan

Memang masih menjadi hal yang kabur dan simpang siur perihal darimana sebenarnya manisan ini berasal. Saling klaim pun tak terelakan antara kaum A, kaum B, dan kaum yang lainnya. Saling menunjukkan bukti masing-masing bahwa manisan tersebut berasal dari nenek moyangnya.

Di Indonesia sendiri, manisan ini dimulai dari daerah Cianjur pada tahun 1950 dari suatu etnis yang lumayan besar di Indonesia. Dengan resep dan racikan yang sangat mudah didapatkan serta cara membuatnya yang dapat dipelajari dengan mudah, tidak menutup kemungkinan dan memang akhirnya makanan atau camilan ini terus bertahan sampai di jaman sekarang ini.

Berbeda dengan manisan yang ada di tanah arab dan timur tengah sana. Selain perbedaan nama, juga cara dalam pembuatannya yang mana kalo di timur tengah, manisan ini diberi nama candied fruit yang berasah dari bahasa Arab yang bermakna “dibuat dari gula”.

Manisan di sana dibuat dengan cara berbeda, jika di Indonesia sendiri buah pada manisan sengaja direndam di dalam racikan air manisan itu sendiri, sementara di timur tengah sendiri manisannya diangkat dari air rendaman gula atau racikannya dan dibiarkan mengering hingga mengkristal agar bumbu di racikannya meresap ke dalam buah.

Seperti itulah sedikit kurang lebih sejarah perjalanan manisan sampai sekarang ini, meskipun berbeda semuanya memiliki daya tariknya masing-masing tanpa harus saling menjatuhkan hehehe. Kali ini kita bakal membahas tentang manfaat dan khasiat yang tergantung pada buah yang satu ini so lets gooo.

 

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

cara membuat manisan pepaya kering

Namanya juga buah udah pasti mengandung manfaat dan khasiat yang sangat dibutuhkan oelh tubuh kita ya ngga? selain menjaga keseimbangan kesehatan dan imun tubuh, ada berbagai macam juga manfaat khasian lainnya yang bakal mimin share di bawah ini jadi pantengi terus yaaa.

1. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Sebagai buah dengan inisiasi vitamin C terbanyak, dengan kita mengonsumsinya secara cukup maka pepaya akan membantu sistem imunitas denganvitamin C kandungannya. Dengan meningkatkan sistem imunitas ini kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Apalagi dalam masa pandemi seperti ini di mana kita perlu asupan vitamin c yang cukup untuk selalu menjaga kestabilan tubuh kita agar terhindar dari virus covid.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung

Belum banyak yang tau kalo pepaya ini mengandung likopen. Apa itu likopen? likopen adalah senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang berwarna merang dan kuning, terlebih kuning tua. Zat ini yang sebenarnya membuat buah-buahan menjadi berwarna seperti itu.

Likopen ini dapat menurunkan kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan LDL(Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan bibit kelesterol baik(High Density Lipoprotein)dalam saluran darah dengan minimal mengkonsumsi setidaknya 40 sampai 50mg per hari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

5. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

7. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

 

Banyak sekali bukan manfaat dari buah yang satu ini? Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang kalo mimin sebutin satu-satu nanti ngga sampe-sampe di resepnya hahaha. Okelah kalo begitu sekarang kita meluncur ke resepnya.

 

 

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

cara membuat manisan pepaya kering

Membuat manisan pepaya kering ini ngga susah suah banget kok, apalagi perlu keahlian khusus. Cukup kalian nyimak aja step by step yang bakal mimin bagiin and cekidottt!!

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

Manisan ini dapat bertahan cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 bulan tanpa perlu bahan pengawet tambahan.

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih

Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

4. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

5. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili

1 sendok makan kapur siri

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples

 

 

Itulah kirakira beberapa cara membuat manisan pepaya kering dan cara mengolahnya secara baik dan benar. Bisa banget kalian coba dengan bahan bahan yang mudah didapatkan dan murah tentunya. Tapi pernahkah kalian berpikir tentang membuka ladang bisnis dari manisan pepaya kering ini? Mari kita ulas bersama hihihi.

Peluang Usaha Manisan Pepaya Kering

Melirik pangsa pasar di sektor manisan kali ini memang rasanya udah banyak sekali yang memulai usaha ini dari yang kaki lima, empat, tiga, hingga restoran bintang lima. Dengan segala menu variatif dan olahan yang mungkin terlihat lebih menarik. Saling berlomba dalam membuat brandingnya masing-masing bukanlah hal baru.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, tidak memungkiri banyak yang banting stir menjadi pengusaha kecil-kecilan untuk menambah pundi-pundi rupiahnya atau sekedar karena iseng iseng berhadiah. Inilah celah kalian untuk memulai, dengan resep dan cara pengolahan yang berbeda serta dengan packing yang menarik dengan menggunakan vacuum sealer.

Kalian bisa berinovasi dengan resep yang udah mimin bagiin ke kalian, dengan tambahan embel-embel yang menarik untuk menggaet pelanggan kalian ntah dengan kekuatan media sosial atau bantuan teman-teman kalian dalam membantu mengiklankan.

Keawetan Manisan Pepayan Kering

Saalah satu faktor yang membuat usaha ini resikonya dan keuntungannya besar adalah dari segi ketahanannya yang bisa mencapai sebulan lebih. Ngga seperti makanan atau minuman yang bersifat basah dan mudah kadaluarsa, manisan yang terdapat pada resep di atas memiliki ketahanan yang lumayan membantu kalian untuk menjaga stok. Tanpa perlu menggunakan pengawet tambahan yang berbahan kimia.

Target Pasar Manisan Pepaya Kering

Jelas ini target yang bervariasi alias multi target. Manisan pepaya ini dapat dinikmati semua kalangan dari yang muda sampai tua, juga kalangan ekonomi manapun. Inilah salah satu keuntungan dan senjata kita dalam membuka usaha manisan pepaya kering.

Bahan-Bahan Yang Mudah Didapat

Tak bisa dipungkiri memang bahan-bahan dalam pembuatan manisan ini dapat kita temui hampir di semua tempat dan bukan merupakan bahan yang langka, mulai dari buah pepayanya sendiri serta bahan dan alat yang digunakan untuk mengolahnya menjadi manisan tersebut.

 

Jadi sekarang kalian tertarik untuk membuat usaha manisan? kalo iya selamat jiwa enterpreneur kalian emang ngga bisa diragukan lagi wkwkwk. Atau kalian mau nyoba dulu bereksperimen dengan resep di atas? boleh banget gais terserah kalian aja hahaha yang penting tetap jaga kondisi kalian ya jangan lupa pake masker kalo mau keluar beli bahan-bahannya tadi, goodluck fellas!! xoxo

× Whatsapp Kami!