(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

hallo guys apakah kalian tahu cemilah? ya cemilan makanan yang tak asing lagi bagi kita semua ketika lagi ngumpul sama teman teman supaya menambah suasananya, disini saya akan memberi tahu anda cara membuat cemilan sehat dan pas untuk anda ngumpul.

cemilan merupakan mekanan yang bukan menu utama, cemilan merupakan makanan yang hanya menghilangkan rasa lapar untuk sementara,  memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.cemilan biasanya cocok untuk yang ladi nonkrong bareng sama teman unruk penambah suasana jadi seru.

Manfaat Cemilan Untuk Tubuh Sehat

  • Cemilan sehat untuk pengendalian berat badan

Menghindari kelaparan dapat meningkatkan kemungkinan seseorang dengan memakan cemilan sehat namun, hal tersebut labih baik dari memakan sekotak donat sambil bekerja atau makan berlebihan saat siang hari. makan makanan kecil setiap tiga sampai lima jam akan membuat  seseorang menahan keinginan untuk makan berlebihan. solusi lainnya adalah dengan tetap menjaga jenis makanan ringan yang sehat seperti pada manfaat buah apel.

  • Mempertahankan energi

Setelah makan makanan, kadar gula darah akan meningkat dan kemudian menurun, kamudian mulai merasa lelah jika kadar gula darah terlalu rendah. Makanan ringan dapat mencegah kadar gula darah yang nencegah terlalu banyak penurunana gula darah di antara waktu makan.

Sementara makanan ringan bergula dapat menyebabkan gula tinggi, namun manfaat camilan sehat mempromosikan kadar gula darah yang lebih berkelanjutan. Cemilan sehat yang tinggi akan serat, mengandung protein seperti wortel dengan saus kacang, akan lambat dicerna sehingga kadar gula darah tidak berfluktuasi tinggi.

Manfaat Cemilan Sehat Bagi Anak-anak

Sebuah penelitian, mengatakan bahwa makanan ringan memounyai manfaat bagi anak-anak untuk memberikan perbaikan gizi, mendorong kebiasaan sehat seumur hidup dan mencegah penyakit yang melemahkan atau mematikan. Makanan ringan terutama penting bagi anak karena masih dalam masa pertumbuhan. Cemilan sehat di sekolah dapat memberikan  nutrisi yang lebih baik selama sekolah dasar dan peningkatan energi dan kemampuan kefokusan.

Contoh Usaha Cemilan/ Makanan Ringan

Ada ada berbagai jenis makanan ringan yang bisa Anda jadikan bisnis. Mulai dari oalahan tradisional, kue – kue basah hingga camilan sejenis kerupuk. Semua itu bisa dijadikan bisnis

1. Kek Brownies

kek brownies yang berbentu menarik dengan berbagai warna dan hiasan. Dari segi rasa juga sangat khas. Hal inilah yang menyebabkan cemilan ini sangat digemari oleh banyak orang.

Anda dapat melaksanakan bisnis ini dengan skala percobaan terlebih dahulu. Silahkan bikin lalu jual menggunakan media sosial atau dititipkan ke warung, toko kue dll.

Apa yang paling penting, Anda harus mampu berinovasi agar kue Anda mendapat pesanan melimpah.

2. Aneka Roti Bakar

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar memang sering kita jumpai pada penjual gerobak sorong, akan tetapi, ada juga yang mampu membuka gerai sendiri sambil membuka warung kopi. Anda dapat membuka usaha ini terutama bagi Anda yang berada di lokasi keramaian.

Roti bakar juga diolah dengan berbagai bentuk resep seperti, dicampur dengan taburan cokelat, daging hingga sayuran. Anda dapat mencoba buat aneka resep sendiri agar lebih diminati masyarakat. Dengan catatan produk Anda harus sehat dan berkualitas tinggi.

3. Bakpau Buah

Bakpau buah memang terdengar unik, selain itu menurut penulis, orang yang menjual bakpau buah terbilang langka. Dengan keunikan nama dan bentuk membuat makanan ini sedang popular di masyarakat.

Bakpau buah merupakan makanan bakpau yang dibuat menyerupai bentuk buah – buahan. Tak heran respon masyarakat menjadi tinggi dengan adanya makanan ini.

Inovasi seperti ini layak untuk ditiru, hanya dari bentuk dan nama, ternyata sudah mampu memberikan dampak yang sangat luar biasa.

Dari segi bisnis, usaha bakpau buah sangat menjanjikan. Karena sebelumnya makanan ini sudah popular terlebih dahulu melalui bakpau biasa.

4. Aneka Gorengan

Masyarakat Indonesia memang terkenal kreatif. Buktinya sekarang ini variasi aneka gorengan sudah sangat banyak sekali yang membuatnya. Hal ini membuat makanan gorengan menjadi kesukaan oleh masyarakat banyak.

Target market gorengan sangat luas sekali, mulai dari yang tua sampai muda, semuanya menyukai gorengan.

Berikut ini beberapa contoh jenis – jenis gorengan.

  • Salad Goreng, Oreo Goreng, Sadwich Goreng, Biskuit Goreng, Eskrim Goreng
  • Tahu goreng, tempe goreng, tahu brintik, tahu isi.
  • Dan masih banyak lagi.

5. Roti Cane

roti cane atau roti maryam merupakan makanan khas timur tengah sekarang ini sudah mulai popular dan banyak yang menggemari di Indonesia. Rasa makanan ini memang begitu enak di lidah. Roti cane juga memiliki beberapa varian rasa.

6. Pempek

Pempek juga makanan yang paling diminati oleh masyarakat. Kita bisa menemui banyak sekali gerai pempek ini. Dengan cita rasa yang unik, makanan ini sangat enak jika disantap saat siang hari atau malam hari.

Ada  berbagai langkah yang bisa anda lakukan, yaitu dengan membuka gerai atau dengan cara menerima pesanan online

7. Aneka Kue Basah

 

Bisnis kuliner memang bisnis sepanjang masa. Banyak cerita sukses yang kita dengar dari pengusaha bidang kuliner.

Kue basah merupakan bentuk makanan camilan  yang digemari oleh banyak orang. Kunci kesuksesan bisnis terdapat pada inovasi yang Anda lakukan. Untuk itu, cobalah cari ide yang dapat meningkatkan permintaan konsumen.

  • Dadar Gulung, Kelpon, Kue karamel, Donat
  • Bolu Kukus, Gethuk, Kue Lapis, Cup Cake
  • Klepon, Onde – onde, Bakso goreng
  • Lupis Ketan, Kue Putu, Ongol – Ongol
  • Kue pastel
  • Dan masih banyak lagi.

8. Kue Bingke

Kue bingke juga bisa dijadikan sebagai bisnis selain berbagai aneka kue basah diatas. Kue bingke terbuat dari tepung beras, gula, telur dan santan. Proses memasak kue ini melalui 2 proses, yaitu pertama diatas api kompor dan kedua menggunakan oven.

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner satu ini. Anda bisa belajar dari para ahli pembuat kue bingke. Langkah selanjutnya lakukan uji coba market Anda.

9. Mi Lidi

Mi lidi sekarang ini jarang ditemukan, padahal masih banyak konsumen yang mencari produk ini. Anda dapat mencari tahu dengan cara melakukan survey ke warung – warung terlebih dahulu. Mi lidi sudah eksis sejak lama, bisa dikatakan mi lidi merupakan produk legendaris.

Sebagai contoh pelaku usaha mi lidi Famela, ia berhasil sukses dengan omset puluhan juta rupiah setiap bulan.

Agar bisnis mi lidi Anda sukses, buatlah produk yang berkualitas, baik dari segi rasa, pengolahan dan kemasan.

10. Siomai Kering

Usaha siomay biasanya sangat ramai pembeli jika dijual pada lokasi keramaian seperti didaerah pasar dan sekolah. maka dari itu, jika Anda berada di lokasi keramaian tersebut, Anda dapat membuka usaha ini.

Siomay biasanya dijadikan makanan camilan. Terutama bagi orang dewasa dan anak – anak. Agar lebih menarik minat konsumen, buatlah siomay dengan rasa  yang enak dan di tempat yang sejuk unruk menambah selera pembeli.

11. Stik Talas

Jajanan stik talas termasuk jajanan yang sebenarnya sudah lama ada sejak dulu. Memang saat ini sangat sulit ditemukan. Walaupun demikian jika kita dapat mengolah makanan ini dengan berbagai macam inovasi, kemungkinan peluang untuk sukses masih terbuka lebar.

Stik talas berasal dari umbi talas, bentuknya menyerupai stik kentang dan berwarna kuning. stik talas sebenernya tidak jauh berbeda dengan keripik talas, hanya saja stik talas dibuat dengan bentuk berbeda yaitu bulat memanjang.

12. Brownies Stik

Ada berbagai variasi inovasi dari usaha kek brownies. Ada yang membuatnya menjadi berbagai varian rasa seperti brownies beku dan brownies stik. Inovasi seperti inilah biasanya membuat pengusaha menjadi sukses.

Selain inovasi, dari segi rasa juga harus dperhatikan. Karena rasa termasuk faktor yang paling menentukan kesuksesan sebuah bisnis kuliner. Semakin enak produk yang Anda jual, maka semakin menambah permintaan konsumen.

13. Stik Keju

Ide usaha kuliner cemilan/makanan ringan selanjutnya ialah stik keju. Stik ini terbuat dari keju dan merupakan makanan yang memiliki rasa enak dilidah. Sehingga menjadikan makanan ini sangat disukai oleh banyak orang.

 

14. Pisang Sale

Pisang sale adalah makanan tradisional yang beraal dari dari bahan pisang. Cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan cara memotong pisang tipis – tipis kemudian di jemur.

Rasa sale pisang yang gurih sehingga dapat disukai oleh sebagian besar masyarakat. Usaha sale pisang ini sangat menguntungkan, buktinya banyak kisah pengusaha yang sukses dengan bisnis sale pisang yang mampu meraih profit besar.

Yang terpenting adalah, Anda berkenan untuk selalu berinovasi dari segi bentuk, rasa ataupun nama dari sale pisang itu sendiri. Tujuannya agar menarik minat para konsumen.

Macam macam Dan Cara Membuat Cemilan Sehat

1. Kue Brownies

cara membuat cemilan sehat

Bahan-Bahan Membuat Kue Brownies:

  • 3 butir telur saja
  • Gula pasir kira-kira 120 gram
  • Setengah sendok teh SP
  • Tepung terigu sekiranya 90 gram
  • sachet susu Dancow
  • Garam setengah sendok teh
  • 100 gram margarin yang dilelehkan
  • sachet skm atau susu kental manis
  • 1 sendok makan pasta pandan

Cara Membuat Kue Brownies :

  1. Pertama-tama, campurkan telur, gula, dan SP. Aduk hingga adonan kue brownies itu mengembang dan ada tanda-tanda mengental. Resep selanjutnya, ayak tepung, susu Dancow, dan garam. Bikin mereka membaur.
  2. Campurkan hasil ayakan dan campuran pertama. langkah selanjutnya adalah tuangkan margarin, skm, dan pasta pandan agar membuat tekstur kue brownies nantinya lebih lembut dan wangi. Aduk sampai merata sepenuhnya.
  3. Adonan kue itu langsung saja tuang ke loyang. Terserah mau bentuknya bagaimana. asal jangan lupa olesi dahulu permukaannya dengan margarin.
  4. Langkah selanjutnya untuk bikin brownies adalah dengan cara dikukus setalah itu tunggu selama 20 menit. Pastikan apinya tidak terlalu kebesaran untuk menjaga daya pengembangan kue nantinya supaya teratur. Biar tidak gosong ataupun bantat.
  5. Angkat dan diamkan sebentar. Yeah! Akhirnya Anda bisa juga mmembuat resep bikin brownies tanpa bantuan siapa pun. Potong kue itu kecil-kecil. Langsung makan juga boleh. Tapi sebaiknya kabar-kabar ke keluarga, ya.

Roti Bakar

cara membuat cemilan sehat

Bahan Membuat Roti Bakar:

  • 4 lembar roti tawar
  • Margarin secukupnya untuk memanggang
  • 15 buah stroberi, diiris tipis-tipis
  • Selai Nutella secukupnya
  • Messes atau keju untuk taburan

Cara Membuat Roti Bakar:

  1. Oleskan 4 lembar atau seperlunya roti tawar dengan Nutella pada salah satu sisi dari setiap roti tersebut.
  2. setelah itu letakan irisan stroberi di atas selai Nutella yang di oleskan pada roti tawar.
  3. Tutup  dengan lembaran lainnya.
  4. Panaskan teflon lalu olesi dengan margarin. Letakkan roti yang telah di tempel kedalam teflon.
  5. Setelah matang, potong roti bakar sesuai selera. Kemudian sajikan dengan taburan cokelat meises.

Bakpao Buah

cara membuat cemilan sehat

Bahan bahan Membuat Bakpao Buah

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sachet santan bubuk dilarutkan dgn 150ml air
  • 1 sdm varmipan
  • Sejumput garam
  • 1 sachet vanili bubuk
  • 2 sdm minyak sayur/mentega yang dicairkan
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Isian
  • Strawberry toping/selai strawberry
  • sesuai selera Pakai cokelatpun bisa
  • Toping meses (opsional)

Langkah-langkah Membuat Bakpao Buah

  1.  Uleni semua bahan hingga kalis,banting beberapa kali.kalau sudah kalis tdk lengket dan permukaanya mulus/tdk tampak bulir2 gula.
  2. Diamkan 1jam/sampai mengembang.tutup wadah adonan dengan kain basah rapatkan.
  3. Setelah mengembang siapkan panci pengukus hingga panas sambil menunggu kempiskan adonan bagi adonan menjadi 15bagian/sesuai selera
  4. Bulat2kan adonan isi dengan selai strawberry tutup rapat agar selai td meluber. Alasi dengan kertas roti dan kukus kirang lebih 10menit.
  5. Setelah matang angkat kue selagi masih panas taburi meses atasnya(optional)

Bakso Bakar

cara membuat cemilan sehat

Bahan Bahan Membuat Bakso Bakar

  •  pentol bakso seperlunya
  • 3 sdm saus Barbeque
  • 1 sdm sambel pedas botol
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm olive oil atau minyak goreng
  •  paprika, tomat, buncis, daun bawang

Langkah Membuat Bakso Bakar

  1.    Siapkan bahan. Ngabisin simpanan bakso di freezer. Mix saus : saus Barbeque,saus Tomat botol, Sambel botol.
  2. Tusuk bakso diselingi sayuran. Campur semua bahan saus, tambahkan extra virgin olive oil (atau minyak goreng lainnya) aduk rata. Koreksi rasanya.
  3. .Tata bakso tusuk di teflon yang telah dioles dengan minyak. Olesi bakso tusuk dengan saus. Panggang hingga kecoklatan sambil dibolak balik dan olesi kembali dengan saus. Sisa sayuran juga diolesi saus lalu dibakar di teflon.
  4. Sajikan. Langsung santap. Atau masukkan ke dalam wadah, buat bekal. Terimakasih dear friends sudah berkunjung.

Kue Cane

cara membuat cemilan sehat

Bahan Membuat Kue Cane:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram margarin cair
  • 200 ml susu cair hangat
  • 6 sdm minyak goreng (untuk rendaman)
  • garam sedikit saja
  • margarin untuk olesan

Langkah Membuat Kue Cane:

  1. Campur susu hangat dengan margarin cair, dan telur yang sudah dikocok,setelah itu aduk hingga rata.
  2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.
  3. Ambil adonan kira-kira 30 gram bulatkan lalu letakan dalam wadah yang sudah diberi minyak goreng.
  4. Diamkan dan tunggu kurang lebih 1 jam tutup dengan kain basah.
  5. Pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang.
  6. Gulung roti hingga membentuk huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan.
  7. Masak di atas teflon sambil diolesi margarin.
  8. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang.
  9. Angkat dan sajikan.

Stik Keju

cara membuat cemilan sehat

Bahan Membuat Stik Keju

  • 125 Gram Keju Chedar Parut
  • 100 Gram Maizena
  • 1 Batang Seledri (Cincang Halus)
  • 1/4 Sdt Garam
  • 1/2 Sdt Merica Bubuk
  • Secukupnya Minyak Untuk Menggoreng
  • Secukupnya Mayones
  • Secukupnya Saus Sambal
  • 125 Gram Keju Chedar Parut
  • 100 Gram Maizena
  • 1 Batang Seledri (Cincang Halus)
  • 1/4 Sdt Garam
  • 1/2 Sdt Merica Bubuk
  • Minyak Untuk Menggoreng secukupnya
  • Mayones seperlunya
  • Saus Sambal secukupnya

Langkah Membuat Stik Keju

1.  Hancurkan Kentang yang telah dikukus atau direbus hingga halus.

 2.  Masukan Keju Parut,Seledri,Garam dan Merica Bubuk.Aduk Merata
 3.  Masukan Tepung Maizena,kemudian uleni hingga dapat dibentuk.
 4.  Giling adonan dengan menggunakan rolling pin,atur ketebalan sesuai yang diinginkan
 5. Kemudian potong-potong adonan menggunakan pisau atau alat apapun sesuai panjang yang diinginkan.Hati-hati karena adonan ini akan mudah patah.
 6. Kemudian goreng pada minyak panas dengan api sedang saja.Goreng hingga garing.Angkat tiriskan.Sajikan dengan mayones dan saus sambal.

Pisang Sale

cara membuat cemilan basah

Bahan Membuat Pisang Sale

  • 1 sisir pisang kepok atau pisang raja matang
  • 8 sdm tepung beras
  • 5 sdm tepung terigu
  • secukupnya Gula dan garam
  • secukupnya Air
  • Minyak goreng

Langkah Membuat Pisang Sale

  1.  Kupas pisang, iris tipis sesuai selera..tata dalam tampan, jemur sampai kering selama 6 hari sambil sesekali di bolak balik
  2.  Buat adonan tepung beras ketang, tepung terigu, gula dan garam. beri air secukupnya. Adonan tidak encer dan tidak kental
  3. Celupkan pisang, goreng sampai matang..angkat dan tiriskan
oke sekian dari saya artikel tentang macam macam cemilan dan cara membuat secimal sehat yang pas buat kita nongkrong saa temen temen biar nongkrongnya makin seru, semoga bermanfaan bagi anda ynag ingin tau cara membuat cemilan sehat…