(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Capcay Goreng

Cara Membuat Capcay Goreng – Capcay adalah salah satu menu masakan yang berasal dari budaya masyarakat Tionghoa.

Kata capcay sendiri berarti adalah sepuluh sayur, namun tidak berarti kita harus menggunakan sepuluh jenis sayuran dalam membuat capcay.

Lebih tepatnya, capcay mungkin diartikan sebagai masakan yang menggunakan banyak sayuran sebagai bahan utamanya.

Baca juga : cara membuat nugget ayam yang lezat

Manfaat Capcay

cara membuat capcay goreng

1. Melawan Sel Kanker

Khasiat capcay yang pertama dapat membantu melawan sel kanker dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada dalam makanan ini berguna untuk menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu, makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Mencegah Gangguan Pada Mata

Jika anda mengalami gangguan mata maka dapat dicegah dengan mengkonsumsi capcay ini.

Kandungan yang ada dalam makanan ini bermanfaat untuk mencegah gangguan mata dan juga kebutaan. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan mata anda.

3. Mencegah Peradangan

Peradangan merupakan reaksi tubuh untuk perlindungan diri. Reaksi ini bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya seperti sel yang rusak atau adanya iritasi.

Untuk mencegah peradangan anda bisa banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam capcay berguna sebagai anti-inflamasi yang melindungi tubuh.

4. Menunda Penuaan Dini

Jika anda selalu ingin terlihat awet muda maka anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini.

Kandungan antioksidan yang tinggi mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk menunda penuaan.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas atau kekebalan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah bakteri atau penyakit agar tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi capcay ini.

Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya akan berguna untuk mencegah penyakit dan juga serangan jantung. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

7. Melindungi Otak

Kandungan yang ada di dalamnya membantu dalam melindungi sistem saraf pusat sehingga mampu menjaga fungsi dan kinerja otak. Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

8. Mencegah Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap organ tubuh. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan banyak mengkonsumsi capcay ini.

Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah penyakit degenaratif yang sering disebabkan dengan bertambahnya usia. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsinya.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika anda sering menguluh karena masalah rambut maka makanan ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Dengan rutin mengkonsumsi capcay akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

10. Melindungi Sistem Saraf

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut capcay juga sangat bermanfaat untuk melindungi sistem saraf.

Organ ini berfungsi untuk mengatur seluruh aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk melindungi sistem saraf agar bekerja dengan baik.

11. Bergizi Tinggi Namun Rendah Lemak

Sayur mayur dan buah-buahan sama saja, keduanya rendah lemak namun memiliki jumlah mineral dan vitamin yang tinggi.

Semua jenis sayuran, seperti sayur mayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber sayuran yang kaya kalium, kalsium, magnesium, zat besi, beta– karoten, vitamin B– kompleks, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

12. Sayur Sebagai Sumber Antioksidan

Sama halnya dengan buah-buahan, sayur mayur juga memiliki banyak kandungan zat antioksidan.

Ia adalah zat yang sangat berperan penting , terutama membantu melindungi tubuh manusia dari melindungi tubuh manusia dari penyakit, menyingkirkan oksidan dan meminimalisir resiko kanker.

Zat oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, yaitu molekul yang beracun dan merusak bio molekul dalam sel.

Karena bersifat merusak (mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini dapat menyebabkan penyakit berat seperti jantung dan kanker.

Oksidan atau radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, disebabkan faktor lingkungan dengan tingkat polutan yang tinggi.

Oleh karena itu, maka tubuh kita memerlukan zat yang bisa bersifat antioksidan, yaitu sebagai lawan untuk mencegah zat pemusnah yang disebut oksidan.

Jadi pentingnya sayuran dan buah ini karena keduanya merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan zat antioksidan yang akan membuat kita terhindar dari serangan penyakit.

13. Sumber Serat Tinggi

Sayur-sayuran banyak mengandung serat larut dan serat yang tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini berguna untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu pengeluaran feses dari tubuh.

14. Menghindari Kegemukan

Mayoritas jenis sayuran yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayuran yang memiliki kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, bayam, labu, sawi, terong, dll.

Hasil eksperimen menyatakan bahwa makan-makanan yang memiliki kalori rendah namun kaya nutrisi bisa membantu tubuh tetap sehat dan bebas penyakit.

Jadi lebih banyak mengonsumsi sayur mayur bisa membuat Anda tetap fit, sekaligus menghindari dari obesitas.

15. Membuat Sehat, Cantik dan Terlihat Awet Muda

Diet tinggi sayuran tidak hanya bisa membuat Anda merasa lebih baik, juga akan membuat Anda lebih sehat. Suplemen yang ada di pasaran tidak akan melampaui manfaat vitamin dari sumber alami.

Baca juga : cara membuat pizza yang enak dan mudah

Peluang Usaha Capcay

Lokasi

Lokasi yang sangat cocok untuk menjajakan makanan ini adalam tempat- tempat yang ramai yang biasanya banyak orang lalu lalang. Tempat ini seperti pasar, kompleks perumahan, pinggir jalan, pusat kota dan kawasan pekerja.

Namun jika rumah anda berdekatan dengan tempat ramai tak ada salahnya untuk membuka sendiri di rumah. Dengan begitu akan menghemat biaya sewa tempat.

Peralatan Usaha

Dalam membuka usaha capcay ada beberapa peralatan yang perlu anda sediakan yakni gerobak atau etalase untuk menjajakan jualan.

Peralatan memasak seperti wajan, kompor gas dan spatula juga harus ada. Untuk makan pelanggan juga harus tersedia seperti piring, sendok, garpu dan gelas.

Karyawan

Dalam menjalankan usaha capcay , anda bisa memperkerjakan satu karyawan saja. Namun anda juga harus cermat dalam memilihnya.

Pilih karyawan yang jujur, rajin dan bertanggung jawab. Atau jika anda punya saudara bisa anda pekerjakan.

Strategi Pemasaran

Promosi jiga harus Anda gencarkan dengan cara menyebarkan brosur ke berbagai tempat yang ramai. Anda juga bisa menggunakan cara pembelian gratis 1 porsi jika beli minimal 7 porsi.

Harga

Mengenai harga capcay anda bisa mematoknya dengan harga berkisar Rp6.000-Rp 14.000.

Hal ini tergantung dari lokasi mana yang anda pakai saat berjualan. Contohnya di tempat wisata, anda bisa mematok dengan harga yang lebih tinggi.

Kendala

Salah satu yang menjadi faktor kendala dalam usaha capcay ini adalah bahan baku. Biasanya penjual harus mengira-ngira sendiri berapa jumlah bahan yang akan dibeli dari pasar dan ayang akan dimasak.

Pelanggan capcay memang kadang tak menentu kadang sedikit kadang juga bisa membludak.

Saran

Agar capcay anda banyak disukai dan dikenal masyarakat luas. Anda bisa membuat rasa capcay anda lebih enak dan unik atau berbeda dengan capcay yang lainnya.

 

Capcay yang akan kita buat kali ini adalah jenis capcay goreng. Sebenarnya resep capcay goreng sederhana tidak jauh berbeda dengan capcay jenis lainnya.

Karena sama-sama menggunakan banyak sayuran, dan yang membedakannya adalah cara pembuatan.

Sesuai namanya, cara membuat capcay goreng sederhana adalah dengan cara memasak sayuran dengan kuah yang minim atau secara kasarnya ditumis tanpa menggunakan banyak air.

Dalam membuat capcay, lagi-lagi tidak ada resep yang pasti dan tidak harus menggunakan sepuluh macam sayuran.

Seperti biasanya, bahan-bahan capcay goreng diantaranya adalah buncis, kembang kol, sawi, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain sebagainya.

Resep capcay goreng sederhana maupun capcay kuah tidak mematok jumlah atau jenis sayuran, semua tergantung selera dan ketersediaan bahan.

cara membuat capcay goreng

Baca juga : cara membuat udang asam manis yang lezat

Resep dan Cara Membuat  Capcay Goreng

Dalam membuat capcay goreng, yang perlu kita perhatikan adalah tekstur sayuran agar tidak terlalu layu. Jika terlalu layu, maka nilai gizi yang terkandung didalamnya akan berkurang dan tampilan capcay juga menjadi kurang cantik.

Tumislah beberapa saat namun jangan sampai terlalu lama dan terlalu matang. Dan sebelum memasak, pastikan sayuran telah dicuci bersih untuk menjaga kebersihannya.

Bahan Dalam Cara Membuat Capcay Goreng :

  • 4 buah jagung muda, potong serong
  • 5 buah kembang kol, belah dua
  • 4 buah brokoli, belah dua
  • 3 btg buncis, iris serong
  • 1 btg wortel, iris tipis
  • 6 buah jamur kancing, belah dua
  • 8 btr bakso sapi, iris
  • 7 ekor udang kupas
  • 10 buah kapri muda, iris serong
  • 1 buah caisim, potong sedang
  • 1 buah sawi, potong sedang

Bumbu-Bumbu dalam Cara Membuat Capcay Goreng :

  • 4 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • bawang bombay secukupnya, potong dadu
  • 1 btg daun bawang, potong pendek
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 50 ml kaldu ayam cair

Cara Membuat Capcay Goreng :

  1. Siapkan semua bahan dan pastikan sudah dicuci bersih sebelumnya, siapkan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan tomat, jahe dan daun bawang, tumis sebentar hingga daun bawang agak layu.
  4. Masukkan semua bahan, tumis sebentar.
  5. Bubuhkan garam, gula pasir, merica bubuk, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata.
  6. Terakhir, masukkan larutan tepung maizena dan kaldu ayam cair, masak hingga air menyusut dan kaldu mengental.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

Resep capcay goreng sederhana maupun capcay kuah memang sangat fleksibel.

Kita bisa memasukkan beragam sayuran kedalamnya sehingga kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Cara membuat capcay goreng  juga sangat mudah, maka dari itu masakan yang satu ini sering kali menjadi andalan para ibu-ibu saat dirumah.